Peluncuran Aplikasi Good Doctor Permudah Akses Layanan Kesehatan untuk Keluarga Indonesia

0
54

 

Peluncuran Aplikasi Good Doctor Permudah Akses Layanan Kesehatan untuk Keluarga Indonesia

  • Peluncuran aplikasi Good Doctor dukung akselerasi upaya penyediaan layanan telekonsultasi dan kesehatan lainnya  untuk masyarakat Indonesia.
  • Melalui tema “Good Doctor Good Indonesiapeluncuran ini juga sebagai wujud penghargaan bagi tenaga medis yang menjadi garda depan COVID-19 sehingga membangkitkan semangat di tengah perjuangan melawan pandemi.
  • Mengusung Visi Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia, Good Doctor gandeng Raisa dan Hamish Daud sebagai pasangan inspiratif yang selalu mengutamakan kesehatan keluarga dan menerapkan gaya hidup sehat.

Jakarta, Suarakristen.com

 

Good Doctor Technology Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi,hari ini meluncurkan aplikasi Good Doctor sebagai bagian upaya dan komitmen guna memberikan kemudahan pelayanan kesehatan telemedis bagi keluarga Indonesia.  Hasil survei layanan telemedis oleh Nielsen bulan September 2020 lalu  menyebutkan bahwa dari total populasi pengguna internet di Indonesia, diestimasikan hanya 47% pengguna internet yang menggunakan aplikasi telemedis, sementara ada 53% lainnya belum menggunakan aplikasi telemedis. Selain itu, publikasi yang diterbitkan World Bank pada 25 Januari 2021 menyebutkan bahwa konsultasi kesehatan melalui telepon dan saluran daring masih tergolong jarang di Indonesia. Dari rumah tangga yang memerlukan pelayanan kesehatan, hanya 7% melakukan konsultasi melalui telepon atau saluran daring.Sebesar 40% dari yang tidak menggunakan layanan tersebut, menyatakan bahwa mereka tidak mengetahui ketersediaan layanan atau tidak tahu cara menggunakannya. Sedangkan 17% sisanya memilih konsultasi secara fisik bertemu dengan dokter. Sisanya, tidak bisa mengakses layanan tersebut karena kendala teknologi atau akses internet yang terbatas, permasalahan biaya, serta kepedulian atas keamanan data personal dan kualitas konsultasi daring.

Data-data tersebut di atas, menunjukkan adanya ruang bagi aplikasi telemedis untuk terus bertumbuh di Indonesia agar dapat turut ambil bagian dalam upaya peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Sebagai wujud dari visi Good Doctor yakni ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia, Good Doctor menggandeng Raisa dan Hamish sebagai keluarga Indonesia yang inspiratif agar dapat mengajak masyarakat untuk menggunakan layanan aplikasi kesehatan yang terpercaya. Good Doctor hadir sebagai aplikasi yang dapat menjadi pilihan dan solusi layanan kesehatan lengkap. Layanan yang tersedia mulai dari tanya jawab kesehatan secara daring (online) kapanpun dalam 24 jam, 7 hari bersama dokter-dokter dari 26 spesialisasi; e-commerce(perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan dan kebugaran; janji medis di lebih dari seribu rumah sakit, laboratorium; serta berbagai konten mengenai kesehatan, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter.

Baca juga  KAPOLDA Metro Jaya Resmikan Kampung Tangguh Jaya Yang Berisi Banyak Fasilitas Sosial Umum Dengan Program Vaksinasi.

Sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor melanjutkan komitmennya dalam memberikan memajukan pelayanan kesehatan berbasis aplikasi serta membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. “Peluncuran aplikasi Good Doctor ini menjadi bukti nyata komitmen perusahaan untuk membantu penggunaan teknologi di bidang kesehatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat di tengah tantangan pandemi sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengatasi COVID-19. Selain itu, untuk memberikan semangat kepada tenaga medis yang selalu tanggap menjadi garda depan, kami mengusung tema ‘Good Doctor Good Indonesia’ karena aplikasi Good Doctor ini adalah persembahan untuk seluruh keluarga Indonesia, dan juga untuk menyampaikan apresiasi terhadap tenaga medis yang telah berjuang. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita pun kembali diingatkan untuk tetap bisa melihat melihat hal-hal penting di sekitar kita seperti keluarga kita maupun para pejuang di garda depan” ungkap Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana.

 

Ia menambahkan, “Kami berharap aplikasi kami dapat memperluas akses kesehatan untuk masyarakat Indonesia yang lebih komprehensif. Layanan Good Doctor menghadirkan solusi layanan kesehatan lengkap selama 24 jam melalui fiturKonsultasi Kesehatan, layanan Pembelian Obat & Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengantaran yang bermitra dengan lebih dari 2.000 apotek, kemudianJanji Medis yang telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 rumah sakit, klinik, serta laboratorium terkemuka dan Artikel Kesehatan,konten mengenai kesehatan, tips dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter.”

 

Di kesempatan yang sama dalam acara peluncuran aplikasi, Good Doctor memperkenalkan Raisa dan Hamish Daud sebagai Brand Ambassador Good Doctor Indonesia, “Kami sebagai pasangan yang sedang membangun keluarga dan menyaksikan tumbuh kembang buah hati kami tersentuh melihat visi yang ingin dicapai oleh Good Doctor yaitu ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga Indonesia’. Kami senang dapat menjadi bagian usaha bersama dalam menjadikan kesehatan keluarga Indonesia lebih baik lagi. Kami percaya kesehatan nasional dimulai dari kelompok terdekat dan terkecil yaitu keluarga yang sehat.”

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D. menyampaikan, “Adanya pandemi membuat penurunan angka kunjungan ke rumah sakit, karena masyarakat takut berobat ke rumah sakit dan ke puskesmas. Pada tahun 2020, kunjungan masyarakat ke puskesmas mengalami penurunan sebesar 83,6%. Sekitar 43% puskesmas tidak menyelenggarakan posyandu, cakupan imunisasi oleh puskesmas mencapai sekitar 56,9%. Kehadiran Good Doctor selama masa pandemi ini, merupakan salah satu hal yang positif dan akan direspon oleh masyarakat. Model-model telemedis seperti yang diterapkan oleh Good Doctor ini akan terus berkembang, dan akan membuat pengobatan itu menjadi lebih praktis, lebih modern, dan akan lebih terdigitalisasi secara mudah. Sehingga, akses masyarakat ke dokter juga akan lebih baik.”

Baca juga  Resmi Tayang di Bioskop Online, Fiim You and I Bakal Menguras Air Mata Penonton dengan Kisah Persahabatan Dua Perempuan Mantan Tahanan Politik

“Perkembangan situasi pandemi COVID-19 sekarang ini terus mendorong kanal telemedis dan layanan konsultasi mandiri digital menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk berobat. Badan Pusat Statistik (BPS), sektor informatika dan komunikasi (infokom) serta jasa kesehatan menjadi sektor dengan pertumbuhan tertinggi sepanjang 2020. BPS juga mencatat bahwa sektor infokom pertumbuhan tahunnya (year-on-year) adalah 10,58% sedangkan jasa kesehatan bahkan lebih tinggi lagi yaitu 11,6% year-on-year. Layanan telemedis dan konsultasi digital menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk berobat di tengah situasi pandemi COVID-19 sekarang ini. Oleh karenanya, Kementerian Kominfo berupaya untuk terus memperkuat sinergi dengan penyelenggara telemedis dan pemangku kepentingan terkait lainnya. Adapun terkait dengan upaya penguatan ekosistem telemedis yang lebih luas, Kominfo bekerja sama dengan “Good Doctor” dan “GrabHealth” telah meluncurkan fitur teledokter dan periksa kesehatan mandiri pada aplikasi PeduliLindungi pada akhir 2020. Semoga kolaborasi ini bisa terus kita tingkatkan dan untuk segera mewujudkan Indonesia yang pulih dalam kesehatan dan bangkit perekonomiannya,” ungkapSekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba.

Sebagai platform onlinekesehatan terpadu, Good Doctor memastikan semua orang bisa mendapatkan konsultasi kesehatan, serta informasi yang akurat langsung dari mitra dokter terpercaya. Beragam fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat Good Doctor siap melayani berbagai kebutuhan terkait kesehatan pada segmen:

–       Para Orang Tua: Para orang tua mungkin memiliki kesulitan untuk mengelola kesehatan dan emosi anak mereka sendiri, terutama mengasuh anak yang membutuhkan perawatan kesehatan khusus dapat menjadi tantangan tersendiri. Good Doctor hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kesehatan, dan keterampilan pengasuhan anak di keluarga Indonesia.

–       Ibu Hamil & Menyusui: Bagi keluarga yang sedang menantikan hadirnya anggota baru, mempersiapkan bayi selama masa pandemi mungkin sangat menegangkan, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Pengetahuan yang baik dari Good Doctor tentang makanan, dan perawatan yang tepat akan memberikan landasan bagi kehidupan yang baik.

Baca juga  Buat Konten Video Pendek ‘Auto-Viral’, Likee Bagikan Tipsnya!

–       Skin and Beauty Enthusiast: Industri kecantikan online di Indonesia telah berkembang pesat dan masif selama beberapa tahun terakhir dengan pertumbuhan platform e-commerce. Melalui fitur Pembelian Obat & Produk Kesehatan, Good Doctor berupaya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan terkait kecantikan melaluiplatform health-tech yang kredibel.

–       Anggota masyarakat dengan Penyakit Kronis: Mengunjungi rumah sakit dalam masa pandemi menjadi suatu hal yang harus dipertimbangkan lebih lanjut oleh pasien dengan penyakit kronis yang membutuhkan pemeriksaan rutin. Fitur Good Doctor melayani konsultasi, pembelian obat, serta berbagi pengalaman dengan pasien lain melalui aktivasi pasien Good Doctor.

Seiring dengan peningkatan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat, Good Doctor optimis dapat membawa energi positif untuk dunia kesehatan khususnya telemedis di Indonesia. Kedepannya, Good Doctor akan tetap melanjutkan kemitraannya bersama Grab Indonesiaguna memberikan kualitas layanan kesehatan terbaik dan terpercaya bagi keluarga Indonesia. Kini aplikasi Good Doctor dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Good Doctor Technology Indonesia, silakan kunjungi www.gooddoctor.co.id.

###

Tentang Good Doctor

Good Doctor adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor pertama kali meluncurkan layanan telemedis terpadu melalui kerjasama dengan Grab, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor. Dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia, didukung oleh ribuan dokter siaga di 80 kota dan 2.000 apotek resmi terpercaya, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Menurut survei penggunaan telemedis versi Nielsen 2020, Good Doctor merupakan platform telemedis kedua yang paling sering digunakan. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak tahun2020 lalu.

Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami diwww.gooddoctor.co.id.

***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here