3 Strategi Belajar Jitu Supaya Lolos SNMPTN!

0
648

3 Strategi Belajar Jitu Supaya Lolos SNMPTN!

Jakarta, Suarakristen.com

Pendaftaran SNMPTN 2021 sudah dibuka. Para siswa yang saat ini tengah duduk di bangku akhir SMA/SMK tentunya merasa was-was. Betapa tidak? Tingginya persaingan masuk perguruan tinggi ditambah kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir membuat para siswa semakin khawatir.

Pembelajaran jarak jauh tentunya memberikan tantangan baru dalam proses belajar, mau tidak mau, para siswa diajak untuk beradaptasi. Meski demikian, sebagai siswa, kamu harus tetap konsentrasi dan fokus belajar agar lolos seleksi SNMPTN dengan baik, ya.

Menentukan strategi belajar tentu sangat berpengaruh dalam proses belajarmu. Jangan sampai kamu tidak memaksimalkan waktu yang ada. Buat kamu yang sedang bersiap-siap menghadapi seleksi SNMPTN, kamu wajib tahu strategi belajar yang efektif . Nah, buat yang masih bingung, kamu bisa, nih, simak strategi belajar efektif ala Ripa AJP (@ripaajp), salah satu influencer pendidikan di Indonesia, yang disampaikan lewat salah satu acara virtual Brain Academy by Ruangguru.

1. Bagi target dan fokus

Kenali targetmu seperti apa. Bagi siswa kelas 12, saat ini tentunya dihadapkan dengan SNMPTN yang akan dibuka pada bulan Februari ini. Jika targetmu lulus SNMPTN, maka persiapan kamu harus sejak kelas 10. Apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja meningkatkan nilaimu sejak kelas 10 dan menjaga agar tetap stabil sampai kelas 12. Seperti yang kita tahu, seleksi SNMPTN menggunakan nilai rapor sejak kelas 10 hingga kelas 12. Namun, buat kamu yang baru memulai fokus di kelas 12, jangan bersedih! Kamu masih bisa mempersiapkan untuk SBMPTN jika tidak lulus SNMPTN. Persiapkan diri dari jauh-jauh hari. Buatlah target yang ingin kamu capai. Teruslah belajar dan berlatih dengan mengikuti Try Out (TO).

Baca juga  Direktur Utama Jasa Raharja Hadiri Rakor Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni

2. Manajemen waktu dan prioritas

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda, tidak bisa disamakan satu sama lain. Ada yang metode belajarnya mengerjakan soal sambil mendengarkan musik atau sebaliknya. Waktu belajar setiap siswa juga berbeda, ada yang senang belajar di pagi hari atau belajar di malam hari. Semua tergantung pada diri kamu. Satu hal penting yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana supaya kamu konsisten dengan apa yang kamu lakukan. Konsistensi itu penting dalam keberhasilan. Jika kamu tidak konsisten, maka akan berakibat menghambat pembentukan kebiasaan belajarmu. Bagilah prioritas kamu dengan benar. Untuk dapat lolos seleksi perguruan tinggi, kamu harus memprioritaskan waktu belajarmu.

3. Evaluasi hasil pembelajaran

Evaluasi berguna sekali untuk melihat apakah progress kamu sudah sesuai dengan target kamu atau belum. Kamu bisa lakukan evaluasi per minggu atau per bulan. Evaluasi di akhir belajar memudahkan kamu untuk melihat kelebihan dan kekuranganmu dalam belajar. Misalnya, keunggulan kamu adalah menghafal, maka kamu bisa menghafal anatomi hewan dalam pelajaran Biologi. Dari sini, kamu perlu evaluasi apakah pelajaran yang tertinggal bisa teratasi? Selanjutnya, evaluasi juga kelemahan kamu. Apakah dengan metode dan jam belajar yang kamu atur di awal membuat kamu tidak fokus atau melelahkan? Kenali permasalahan yang kamu hadapi dalam proses belajarmu. Jika kamu sudah memahami apa kekuatan dan kelemahan kamu, berikan solusi supaya ke depannya kamu lebih maksimal dalam belajar.

Nah, itu dia strategi belajar yang bisa kamu tiru. Ingat, persiapkan sejak dini dan terus berusaha. Jika kamu memiliki mimpi yang besar, maka usahamu juga harus besar. Optimalkan persiapan dan usaha kamu sejak dini, salah satu alternatifnya dengan belajar di tempat bimbel Brain Academy by Ruangguru. Kamu dapat berinteraksi langsung membahas materi pelajaran dengan para Star Master Teacher Ruangguru. Selain itu, ada tes diagnostik di setiap sesi untuk mengukur kekuatan dan kelemahan kamu. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan pendalaman materi HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang diujikan di UN dan UTBK. Ayo, bergabung sekarang di Brain Academy by Ruangguru.

Baca juga  Inovasi Terbaru dari Wonderlux kembali Mengguncang Industri Perawatan Rambut dengan Peluncuran Produk Terbaru: Break Me Free! Anti Dandruff Shampoo.

***

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here