CARA MEMENANGI PILKADA

0
8

CARA MEMENANGI PILKADA

 

Oleh: Jansen Sinamo (Konsultan)

 

Saya sudah consulting 3 calon bupati dan ketiganya berhasil menang menjadi Bupati Humbahas (2014), Bupati Dairi (2019), dan Bupati Toba (2020). Ketiganya di kitaran Danau Toba.

Berikut adalah cara dan proses pemenangannya:

1. Survei pertama sekitar 12 bulan sebelum hari-h. Ini untuk mengetahui elektabilitas awal si balon relatif thdp balon lain. Biasanya ada sampai belasan balonnya. Kita pakai lembaga survei yang punya nama bagus.

2. Survei juga untuk memahami medan pertandingan, khususnya menimbang para calon rival.

3. Lima bulan berikut: balon bergiat sangat di lapangan, blusukan, khususnya mendengarkan aspirasi masyarakat, sambil memperkenalkan diri kpd kelompok-kelompok masyarakat strategis.

4. Secara bersamaan, konsultan membuat buku profil diri sang balon, maks 100 halaman: latar belakang, rekam jejak, dan relevansi dirinya menjadi bupati.

5. Buku ini lebih sebagai bahan kredibilitas melamar partai-partai yang akan merekom si balon nantinya. Juga untuk para tokoh daerah yang kiranya mendukung si balon menjadi calon.

6. Survei kedua 5 bulan kemudian. Mestinya elektabilitas si balon sudah naik signifikan. Target elektabilitas: masuk 4 besar.

7. Empat bulan berikut: si balon bergiat lagi di lapangan, blusukan lebih ekstensif dan intensif, khususnya mendengar dan menemukan MPU (motif pilih utama) masyarakat atas para calon.

8. Bersamaan dengan keluarnya rekom dari partai-partai pendukung (biasanya 3 bulan menuju hari-h) diadakan survei ketiga.

9. Survei terakhir ini untuk mengetahui MPU final dan variasinya per kecamatan. Target elektabilitas: masuk 2 besar.

10. Usai survei pertama, sudah harus dirumuskan visi-misi-program, serta tagline kebupatian si balon.

11. Usai survei kedua, rumusan final visi-misi-program disempurnakan dan disepakati, untuk didaftarkan ke KPUD, serta untuk ditampilkan pada semua alat peraga kampanye: baliho, spanduk, kalender, kaos, flyer, dan video.

Baca juga  7 Jurus Jitu Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

12. Usai survei kedua sudah harus terbentuk tim sukses untuk mengerjakan detail kampanye sampai ke desa-desa dan dusun-dusun.

13. Wakil bupati sudah harus didapat usai survei kedua, yakni tokoh yang kredibel, punya modal finansial cukup, dan atau modal elektoral tinggi.

14. Khususnya di masa kampanye resmi, kedua calon dan tim sukses harus bisa bekerja sinergis dan harmonis dengan tim partai-partai pendukung untuk beroleh kemenangan optimal.

15. Dengan cara di atas, Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak berhasil meraih 61.2% suara melawan petahana–menang di semua kecamatan–dalam Pilkada Kabupaten Toba 9 Desember barusan.

16. Bila Anda berminat mengikuti Pilkada 2024, silakan tak sungkan menghubungi saya. Konsultasi via WA tidak dipungut biaya.

17. Salam Kemenangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here