VRIFEST INFINA 2020 – Festival Virtual Reality Pertama di Indonesia

0
9

VRIFEST INFINA 2020 – Festival Virtual Reality Pertama di Indonesia

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Pembatasan sosial secara besar-besaran hingga bulan ke- 8 sejak pandemik Covid-19 mau tidak mau berpengaruh pada kelangsungan hidup berbagai kalangan, mulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM), sampai para pekerja seni dan influencer yang biasa berseliweran di ranah media sosial. Kreativitas memang benar-benar dibutuhkan di tengah situasi sulit seperti saat ini.

Sejak awal Maret 2020 efek pandemik masih sangat terasa, dan ironisnya belum ada kepastian hingga kini. Semua harus beradaptasi termasuk bidang event offline atau penyelenggaraan acara secara tatap langsung yang tidak bisa diselenggarakan bebas dan masal seperti sedia kala. Beruntunglah ada teknologi yang memungkinkan kita untuk memindahkan sebagian besar event offline ke dalam platform digital atau yang marak disebut virtual event.

INFINA sebuah platform pemasaran digital yang mempertemukan UKM dengan nano influencer, berkolaborasi dengan Akar Digital Indonesia dan Shinta VR, penyedia teknologi virtual reality di Indonesia memberikan memberikan angin segar bagi aktivitas kreatif dengan menggelar VRIFEST, Infina Virtual Reality Festival 2020, karya anak bangsa yang merupakan festival virtual reality pertama di Indonesia. Sebuah konsep festival secara online dengan menggunakan teknologi VR yang menawarkan situasi “real” dengan tampilan 360 derajat untuk bisa dinikmati khalayak dengan pengalaman yang berbeda.

VRIFES INFINA 2020 menawarkan banyak hal, salah satunya adalah pengalaman belanja online yang berbeda, pengunjung akan merasakan bagaimana barang-barang dari sederet UKM yang berpartisipasi dalam festival ini akan ditampilkan secara 3D.

Digelar selama 2 hari yaitu tanggal 28 dan 29 November 2020, acara menarik ini juga akan menampilkan sederet influencer atau bintang tamu kenamaan sebagai pengisi acara yang bisa dinikmati dengan bantuan teknologi VR, di antaranya ada Cinta Laura, Anya Geraldine, Kallula, Gerry dan Bella, Julian Jacob, Dhea Siregar hingga band anak muda yang sedang melejit namanya, HiVi! Serta sekumpulan musisi handal tanah air yang tergabung dalam Comrades Podcast. Menariknya, nama-nama pengisi acara masih ada kemungkinan bertambah untuk bergabung.

Baca juga  Kasus Baru Covid-19 Terus Meningkat, GAMKI dan Kemenpora Serahkan Bantuan ke RS PGI Cikini

Bukan hanya tampil seperti biasa, para pengisi acara yang disebutkan di atas juga akan memberikan “insight” untuk pembeli tiket, mulai dari Cinta Laura yang akan memberikan tips bagaimana tampil bugar dan mengolah tubuh, ada pula Anya Geraldine yang akan menghadirkan aktivitasnya selama 24 jam agar para penonton bisa mengenal Anya lebih dekat. Ada juga Gerry dan Bella akan mempraktekkan ilmu memasak mereka untuk para penggemarnya. Julian Jacob yang akan mengajak para penonton melukis bersama sambil mendengar lantunan suara merdunya. Dan Comrades Podcast yang akan bercerita seputar adaptasi musisi dalam setiap musim hidup.

Selain itu, HiVi! juga akan menampilkan kisah yang tak biasa, tentang perjalanan mereka berkeliling Jakarta pada satu hari dan diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk siapa saja yang mengikuti proses perjalanan mereka.

“Diharapkan ini menjadi sebuah event inovasi yang bukan saja pertama kali diselenggarakan, tapi juga sekaligus memberikan inspirasi bagi insan kreatif untuk terus berkarya di tengah berbagai keterbatasan sebagai efek dari pandemik Covid 19 serta manjadi platform baru bagi para UKM untuk bisa memasarkan produknya dengan pengalaman yang berbeda. Dengan digital karya kita bisa dinikmati dan ditawarkan kepada market yang lebih luas tanpa terbatas oleh tempat”, ungkap Oktora Irahadi, Nahkoda Infina.id dalam sesi kick-off event ini pada 10 November 2020 di Jakarta.

“Dengan menggunakan smartphone berbasis android, para pengunjung dapat menikmati acara ini dengan tampilan visual secara 360 derajat atau biasa disebut 3D interactive, namun pengalaman ini akan semakin maksimal bila pengunjung menggunakan tambahan alat VR Cardboard atau VR Box agar konten yang disajikan lebih imersif dan terlihat nyata. Ada pun mekanisme untuk menikmati program ini adalah dengan mengunduh aplikasi bernama VRIFEST dari smart phone yang terdapat di google playstore lalu mengisi data dan memasukan kode tiket yang telah dibeli di situs Loket.com”, tegas Andes Rizky, Co Founder dari Shinta VR

Baca juga  Catat! Ini yang Perlu Kamu Siapkan untuk UTBK SBMPTN 2021

Menggandeng Loket.com sebagai ekslusif partner untuk penjualan tiket, INFINA VRIFES bisa diakses dengan membeli tiket masuk untuk ikut berpartisipasi dengan biaya sekitar Rp 300.000,- Harga ini adalah harga early bird untuk tiket terusan dengan benefit bisa mengakses konten dari seluruh pengisi acara di VRIFES INFINA sepanjang 2 hari berlangsungnya festival atau tiket terusan namun tanpa VR Boks (bisa dibeli terpisah).

Ada pun bila pengunjung hanya ingin mengakses konten tertentu dari bintang tamu, tarif yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 35.000 saja per sesi.

Festival ini menawarkan sensasi lebih untuk para pengunjung jika membeli tambahan VR Box yang unik dan limited edition melalui Infina.id, Sedangkan tiket setiap sesi atau pun tiket terusan di VRIFES INFINA 2020 sendiri dapat dibeli khalayak di https://loket.com/event/vrifest mulai 10 November 2020 untuk harga penawaran awal atau early bird.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here