Jadi Juara, Karya Mahasiswi DKV UPH Hiasi ‘Hidung’ Pesawat Garuda Indonesia

0
71

Jadi Juara, Karya Mahasiswi DKV UPH Hiasi ‘Hidung’ Pesawat Garuda Indonesia

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Helena Calista, mahasiswi Desain Komunikasi Visual (DKV) 2019 Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil memenangkan kompetisi yang diadakan Garuda Indonesia “Fly Your Design with Garuda Airlines”. Sebagai pemenang, desain masker Helena bergambar batik parang menghiasi livery (desain eksterior sebagai identitas) pesawat Boeing B737-800NG dengan nomor registrasi PK-GFK yang akan digunakan pada rute domestik. Prestasi ini menjadi bukti bahwa kualitas mahasiswa DKV UPH diakui oleh industri penerbangan sekelas Garuda Indonesia.

“Awalnya saya mengetahui kompetisi ini lewat media sosial Garuda Airlines, bahwa Garuda Airlines mengadakan kompetisi untuk menyerukan gerakan ‘Ayo Pakai Masker’. Berawal dari keinginan untuk berkarya sebagai anak bangsa, juga memberanikan diri untuk mencoba hal baru, saya bangga karena berhasil menjadi juara. Selain jadi pemenang, ikut serta di kompetisi ini juga begitu bermakna karena saya bisa ikut serta dalam kampanye “Ayo Pakai Masker”. Melalui desain ini pula, saya bisa berkontribusi positif bagi penerbangan kebanggaan bangsa Indonesia dan bagi masyarakat,” jelas Helena.

Helena menjelaskan keunikan dari desainnya ini adalah dari sisi filosofi pemilihan batik parang dengan temanya yaitu “Terbang Tinggi dan Tetap Terlindungi”.

“Saya memilih batik dengan alasan ingin melestarikan budaya Indonesia. Khususnya Batik Parang ini yang memiliki arti pantang menyerah. Sama seperti Garuda Indonesia yang akan terus terbang tinggi layaknya semangat yang terus berkobar meskipun dalam pandemi. Warna yang dipilih menyesuaikan dengan filosofi warna Garuda Indonesia yaitu warna biru yang memberikan kesan rasa aman dan percaya diri. Typeface (rancangan karakter atau desain huruf) yang digunakan ingin menunjukan sisi yang fun, kekinian, dan playful,” papar Helena.

Baca juga  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Resmi Menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan UPH untuk Meningkatkan Hubungan Kelembagaan

Menurut Helena, tantangan terbesar dari kompetisi ini yaitu ketika ia harus menyelaraskan konsep desainnya dengan tujuan dan komitmen dari Garuda Airlines. Kemudian bagaimana ia harus menyesuaikan desain maskernya di bagian ‘hidung’ pesawat dengan mempertimbangkan sisi estetika. Ditambah lagi, kompetisi yang terbuka untuk umum ini, membuat Helena harus bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia yang memiliki beragam latar belakang dan kreativitas yang sama-sama baik.

Guna mewujudkan desain yang tepat dan sesuai dengan komitmen Garuda Indonesia, Helena menerapkan pengalaman dan ilmu yang sudah ia dapatkan di DKV UPH. Menurutnya selama ini DKV UPH selalu memberinya kesempatan juga dorongan untuk terus belajar, mengembangkan diri, dan bereksplorasi dalam mendesain, yang berguna dalam kompetisi ini. Helena juga menerapkan konsep-konsep dasar desain serta form content dan context yang sudah ia pelajari di DKV UPH.

Meresponi prestasi ini Dr. Lala Palupi Santyaputri, S.Sn., M.Si., Ketua Program Studi DKV UPH menyatakan rasa bangganya. Menurutnya, prestasi ini juga menjadi bukti implementasi semangat dari prodi DKV UPH.

“Saya sangat bangga dengan Helena yang semangat dan kreatif untuk ikut berkompetisi dalam situasi apapun. Kami di DKV UPH selalu menantang mahasiswa untuk produktif dan menggunakan karyanya untuk menyampaikan hal-hal positif. Apalagi untuk prestasi ini, kami bangga karena kualitas mahasiswa kami diakui industri sekelas Garuda. Hal ini bisa jadi bukti buah kerja mahasiswa kami dan dosen-dosen yang memberi semangat, bimbingan, dan pengajaran,” kata Lala.

Pencapaian ini diakui Lala selaras dengan semangat prodi DKV UPH yang ingin menyiapkan mahasiswa sebagai desainer dengan jiwa penatalayan dan karakter kepemimpinan, dengan landasan iman yang benar. DKV UPH berkomitmen untuk siap mendidik para mahasiswa menjadi desainer profesional yang mampu memberikan solusi melalui karyanya. Mari bergabung menjadi calon desainer handal dengan kualitas pendidikan UPH yang tidak diragukan. Bagi siswa/i kelas 12, program “Beasiswa 100 Miliar” dapat kamu manfaatkan untuk mendaftar di UPH. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 08111-632-838 atau daftarkan diri langsung di one.uph.edu

Baca juga  MEMPERSIAPKAN KEMATIAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here