Aplikasi Video Pendek Makin Naik Daun di Kalangan Musisi dan Artis, Ini Alasannya!

0
7

Aplikasi Video Pendek Makin Naik Daun di Kalangan Musisi dan Artis, Ini Alasannya!

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Platform video pendek menjadi ruang yang menghubungkan penggemar dengan para penyanyi favorit, membantu musisi dan artis independen untuk membagikan karya ke lebih banyak orang

7 September, 2020 – Selama beberapa dekade terakhir, cara kita menikmati musik-musik favorit berubah secara agresif. Awalnya menggunakan rekaman Vinyl atau Walkman yang legendaris, menjadi file .mp3. Hal yang sama pun terjadi pada cara berhubungan dengan artis-artis favorit, yang juga kian berkembang. Sebelumnya kita hanya dapat membeli album CD atau menghadiri konser untuk dapat berinteraksi dengan mereka. Namun, sekarang, berkat adanya platform digital, terutama platform video pendek, penggemar dapat secara langsung berinteraksi dengan artis favoritnya dan merasakan pengalaman yang unik.

Di sisi lain, selebritis dan artis independen juga menemukan cara baru untuk membagikan karya mereka ke seluruh dunia dengan cara menciptakan konten. Baik konten live streaming, rekaman di rumah, atau menciptakan interaksi melalui tantangan hashtag, platform video pendek telah menjadi cara otentik untuk dapat terhubung dengan penggemar dan memotivasi mereka untuk mengemas kreativitas dalam beberapa detik melalui konten video pendek.

Baru-baru ini, diva terkenal dari Indonesia, Rossa, juga memulai membuat konten di Likee, platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek. Baru saja merilis versi korea baru dari lagu hitsnya “Hati Yang Kau Sakiti”, Rossa membuka akun resmi di Likee, di mana hanya dalam satu bulan, ia sudah mengumpulkan lebih dari 56.000 penggemar, memfasilitasi basis penggemar yang lebih luas untuk membagikan kreasi musik dan mempromosikan karya-karya barunya.

Baca juga  Apa Perbedaan Doktrin Utama antara Agama Kristen Katolik Roma dengan Agama Kristen Protestan?

“Beragam fitur yang ada di Likee itu menarik banget! Aku suka bikin konten karena fitur-fiturnya mudah digunakan untuk video kreasi aku. Ini adalah platform yang simple dan efektif untuk buat konten supaya bisa berinteraksi lebih dekat dengan penggemarku, jadi ya kenapa gak dicoba kan?” kata Rossa.

Menurut Rossa, banyak musisi dan artis yang beralih menggunakan aplikasi pembuatan video pendek karena platform ini sederhana, namun dapat digunakan untuk berbagi aktivitas dan berinteraksi dengan para penggemar serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Likee sudah membuktikan bahwa platform video pendek merevolusi cara artis membagikan karyanya dan menghasilkan keterlibatan (engagement) yang lebih besar di industri musik.

Cara baru untuk mengekspresikan diri

Baik pengguna maupun pembuat konten dapat memanfaatkan berbagai referensi musik untuk menemukan cara baru saat mengekspresikan diri melalui video mereka. Dari meluncurkan teaser kreatif atau kampanye untuk acara mendatang hingga membagikan konten eksklusif melalui platform, baik artis maupun pengguna diajak untuk membuat gaya bercerita terbaru dengan menunjukkan kemampuan mereka.

Promosikan musik di level berbeda!

Salah satu hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur unik yang membantu membagikan karya para musisi dan kreator untuk menjangkau lebih banyak orang. Menurut statistik yang dibagikan oleh WordStream, 92% pengguna membagikan video yang mereka tonton di perangkat seluler, membantu memperluas jangkauan penonton artis. Aplikasi ini juga menyediakan beragam sumber dan fitur untuk mendukung mempromosikan karya artis melalui konser live, video klip, atau kolaborasi dengan artis lainnya.

Untuk mempromosikan “Hati Yang Kau Sakiti” versi Korea, Rossa bekerja sama dengan Likee untuk mencapai jangkauan yang lebih luas dan interaksi yang lebih baik dengan para penggemarnya. Likee menyediakan berbagai saluran promosi seperti Open Page, inner-message, berbagai banner, dan tantangan melalui hashtag untuk menciptakan buzz bagi peluncuran lagu terbaru Rossa. Tantangan hashtag #HatiYangKauSakitiKoreanVersion yang diselenggarakan oleh Likee telah menarik perhatian lebih dari 2,8 juta pengguna dan mencapai 4,5 juta penonton, yang membuktikan bahwa platform video pendek menjadi saluran penting untuk membawa promosi musik ke level baru.

Baca juga  Memiliki Bakat Menyanyi? Ini Tips Jitu Asah Vokalmu saat di Rumah!

Menghubungkan penggemar dengan artis dan brand terfavorit

Semasa pandemi berlangsung, aplikasi ini telah menjadi cara terbaik bagi penggemar untuk mengetahui keadaan artis-artis favorit mereka, yang juga memperkuat interaksi mereka dengan cara yang unik. Seperti Papinka Band yang menghibur para penggemarnya melalui konser live di Likee untuk menemani dan menghibur para penggemar mereka yang sedang berada di rumah dalam rangka mematuhi peraturan social distancing pemerintah pada bulan April lalu.

Tren sosial baru ini menunjukkan bahwa dunia musik dan video pendek bisa menjadi pasangan yang sempurna. Tidak diragukan lagi bahwa fenomena kesuksesan aplikasi video pendek baru-baru ini disebabkan oleh kecocokannya yang luar biasa dengan industri musik. Likee sebagai contoh, selalu beranggapan bahwa bekerja sama dengan pemain di industri musik merupakan bagian yang penting. “Kami menilai menggandeng pelaku industri musik di Indonesia berperan besar dalam fenomena ini. Dari kami, kami bekerja sama dengan berbagai musisi dan artis untuk mempromosikan lagu baru mereka. Kami juga telah berkolaborasi dengan “Grab” untuk menggelar konser langsung online serta bekerja sama dengan “Believe”, salah satu penyedia layanan musik terbesar di dunia, untuk menghadirkan jutaan lagu kepada para pengguna,” kata Kelly Zhang, Country Manager Likee Indonesia.

Bagi jutaan orang, mendengarkan artis, lagu, atau band favorit mereka bukan lagi sekadar bentuk hiburan, tetapi cara baru untuk bersinar, terinspirasi, dan bahkan mengekspresikan identitas mereka. Sementara bagi para artis, mereka menemukan saluran baru di mana pesan dan karya mereka dapat memiliki dampak yang lebih besar. Saat ini, platform video pendek menghubungkan penggemar dan artis melalui cara yang spesial, tidak seperti platform digital lainnya.

Baca juga  Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT) Luncurkan Program Challenge Your K-FOOD Untuk Lebih Mendekatkan K-FOOD ke Masyarakat

***

Tentang Likee

Likee merupakan platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek. Dilengkapi dengan tool pengeditan dan pembuatan video yang unggul menginspirasi kreativitas nyata dengan menyediakan lebih dari 2.000 efek video. Mencapai lebih dari 150 juta pengguna bulanan di seluruh dunia, Likee menciptakan peluang bagi semua orang agar dapat bersinar, tidak hanya dilihat dan didengar saja. Fitur Likee juga untuk mendorong koneksi dan percakapan di antara pengguna melalui gamifikasi tampilan dan interaksi.

Dibuat oleh BIGO Technology Pte. Ltd, Likee pertama kali dirilis pada Juli 2017 dan sekarang menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia dan keenam sebagai media sosial yang paling banyak diunduh di dunia berdasarkan laporan Sensor Tower di Kuartal I-2020. Likee juga menduduki peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie’s tahun 2019. Likee: Saatnya Kamu Bersinar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here