LEMBAGA SENSOR FILM (LSF): KINI SAATNYA SENSOR MANDIRI

0
37

 

LEMBAGA SENSOR FILM (LSF): KINI SAATNYA SENSOR MANDIRI

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri merupakan program unggulan Lembaga Sensor Film (LSF) yang mulai dicanangkan pada tahun 2018. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya ke berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia. Namun, pada tahun ini Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri digelar dengan sangat berbeda ditengah pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini.

Kamis (9/7) Lembaga Sensor Film menyelenggarakan Budaya Sensor Mandiri pertama kalinya secara daring dengan mengangkat tema “Pemulihan Industri Perfilman dan Pemajuan Budaya Sensor Mandiri di Era Kenormalan Baru Covid19.” Sosialisasi secara daring ini diikuti oleh lebih kurang 380 peserta yang teregistrasi melalui jalur pendaftaran resmi yang diberikan oleh LSF sebagai penyelenggara.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, hadir dalam sosialisasi secara daring ini sebagai pembicara utama. Dalam sambutannya, Menko PMK mengatakan sangat mendukung kegiatan Budaya Sensor Mandiri yang telah diinisiasi oleh LSF. Acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf; Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid; Aktris, Olga Lidya; dan Ketua Lembaga Sensor Film, Rommy Fibri Hardiyanto.

Ketua LSF berharap kepada Sahabat Sensor di seluruh Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam menggalakkan Budaya Sensor Mandiri di manapun berada.

“Tujuan dari Sahabat Sensor ini ingin mencapai tiga hal yaitu memahami dan menyadari akan dampak sebuah tayangan, paham dan mengerti mengenai gambaran isi tayangan, dan dengan sadar memilih tayangan yang sesuai dengan klasifikasi usia,” ujar Rommy Fibri dalam paparannya.

Acara sosialisasi secara daring ini diselenggarakan tanpa memungut biaya apapun dari pesertanya dan setiap peserta akan memperoleh sertifikat elektronik sebagai tanda partisipasi dalam acara ini. Webinar ini berlangsung mulai pukul 09.00 s.d. 12.30 WIB dengan dipimpin oleh moderator yaitu Ketua Subkomisi Dialog LSF, Noorca M Massardi serta sambutan oleh Ketua Komisi III LSF, Naswardi.

Baca juga  Dr. H.P. Panggabean, S.H., M.S.: Refleksi Ke-75 Kemerdekaan RI Sebagai Upaya Memberdayakan Hukum Adat Suku Mendukung Harapan Indonesia Maju Tahun 2045

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here