Dampak Stay-at-Home, Laptop E-Sports Taiwan Laris Manis

0
241

Ket.Foto: Produk ROG Strix SCAR III dari ASUS

 

Dampak Stay-at-Home, Laptop E-Sports Taiwan Laris Manis

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Pemberlakuan kebijakan stay-at-home akibat merebaknya pandemi corona di berbagai penjuru dunia telah mengurangi aktivitas luar rumah masyarakat global. Namun di lain sisi, kebijakan ini juga memicu munculnya gelombang permintaan terhadap produk-produk e-sports.

Executive Director of Strategic Marketing Department TAITRA, Mark Wu dalam keterangan persnya, Selasa (2/6), mengungkapkan bahwa penjualan laptop e-sports ROG milik ASUS pada kuartal pertama tahun ini mengalami peningkatan sekitar 40 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu, sekaligus menjadikannya sebagai produk nomor 1 di pasar Taiwan.

Sementara itu, lanjutnya, penjualan laptop e-sports Acer di Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun ini juga turut mengalami peningkatan sekitar 49% secara year-on-year, dan menempati posisi teratas pada kuartal pertama dengan market share sebesar 25%.

“Laptop e-sports memungkinkan para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan pekerjaan mereka sekaligus. Peningkatan penjualan ini juga dapat berdampak pada penjualan komponen dan aksesorisnya, seperti screen, motherboard, keyboard, mouse, dan headset”, ujar Mark.

Lebih lanjut, Mark mengungkapkan bahwa manufaktur e-sports besar dari Taiwan, seperti Asus saat ini menempati peringkat pertama dalam pasar notebook e-sports, dengan market share sebesar 39,6%, sementara tempat kedua dan ketiga dipegang oleh MSI dan Acer.
Untuk diketahui, hasil survei mengenai laptop e-sports terbaik dunia yang dilakukan oleh website teknologi asal Amerika, Techradar pada tahun 2020 menempatkan merek-merek Taiwan Excellence pada peringkat lima besar, seperti produk Asus yang berada pada peringkat pertama dan ketiga, dan produk MSI yang berada di peringkat keempat.

Sementara itu, menurut International Data Corporation (IDC), pasar laptop e-sports saat ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, dari 17 juta unit pada tahun 2019 menjadi 26,8 juta unit pada tahun 2023.

Baca juga  ECS Launches the Tiny yet Mighty LIVA Q1 Series Mini PC

Merek laptop ROG (Republic of Gamers) dari ASUS memiliki serangkaian produk seperti ROG Strix SCAR III, ROG Strix Hero III dan ROG Strix G yang baru diluncurkan pada tahun ini. ROG Strix adalah laptop gaming tercepat di dunia yang dilengkapi fitur 240hz display rate untuk membuat setiap gerakan dalam game berirama cepat dan fps (framerate per second) tinggi, sehingga terlihat sangat mulus ketika dimainkan. Sistem pencahayaan RGB yang canggih memberikan keleluasaan pengguna untuk mengatur cahaya melalui Aura Sync, termasuk mengatur pencahayaan RGB per-tombol keyboard, light bar, serta komponen & aksesoris yang kompatibel dengan Aura Sync. Pengguna dapat membuka fitur Shadow Drive menggunakan Keystone fisik untuk menambah efek visual dan audio yang menarik, membuka pengaturan profil custom yang terenkripsi, dan waktu yang lebih cepat dalam memuat profil untuk meningkatkan pengalaman bagi penggunanya.

Laptop GT76 Titan milik MSI dilengkapi dengan prosesor desktop Intel Core i9-9900K yang di-overclock hingga 5.0GHz di semua 8 corenya, dan grafik RTX 2080. Mesin-mesin dengan tenaga luar biasa ini dijaga agar tetap dingin oleh fitur Cooler Boost Titan MSI yang eksklusif, yang memiliki desain pendingin 4-kipas dan 11-pipa dan mampu menghasilkan aliran udara 2,25 kali lebih tinggi dari kipas standar. Untuk meningkatkan pengalaman visual gamer di medan perang mereka, GT76 hadir dengan layar IPS bezel tipis dan resolusi 4K. Produk unggulan ini juga dilengkapi fitur Killer DoubleShot Pro terbaru yang telah mendukung 2.5Gbps LAN dan Wi-Fi 6 untuk memberikan pengalaman baru bagi penggunanya.

Sementara itu, The Predator X35 adalah monitor gaming terbaik dari Acer yang diciptakan untuk para gamer hardcore professional. Layar raksasa berukuran 35 “IPS ultra-wide dengan resolusi QHD 3440×1440 dan bentuk melengkung 1800R ini dapat membuat pemain merasa menyatu dengan game. Berkat rancangan yang mengikuti standar DisplayHDR1000 VESA, X35 mampu menampilkan detail gambar dengan indah, menampilkan warna hitam paling gelap dan putih paling cerah. Pemain dapat mengucapkan selamat tinggal pada ghosting berkat fitur G-SYNC Ultimate yang dikombinasikan dengan kecepatan refresh secepat kilat 200Hz dan waktu respons 2 ms untuk memberikan grafis yang mulus tanpa cela kepada penggunanya.

Baca juga  Komite Keselamatan Jurnalis Kecam Tindakan Represif dan Penangkapan 3 Jurnalis Pers Mahasiswa di Makassar

Sedangkan, motherboard Z390 AORUS XTREME WATERFORCE dari MSI memberikan estetika paling keren dengan desain Monoblock All-In-One mutakhir yang hadir dalam casing akrilik dengan sistem pencahayaan RGB digital yang dinamis dan efek pencahayaan ganda yang terintegrasi. Desain AIO AORUS XTREME WATERFORCE memberikan pendinginan ekstrim ke CPU, VRM, PCH, dan M.2 SSD. Dilengkapi dengan komponen GIGABYTE Ultra-Durable Technology, kapasitor all-solid, rancangan daya yang sepenuhnya digital, dan alat kontrol kipas cerdas, membuat motherboard ini hemat energi dan ramah lingkungan. (*)
***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here