Melawan Covid-19 dengan Nilai Pancasila

0
34

Editorial Media Indonesia

 

Melawan Covid-19 dengan Nilai Pancasila

 

*PERINGATAN hari lahir Pancasila pada hari ini berlangsung dalam suasana pandemi covid-19.* _Pancasila sebagai dasar filsafat dan pandangan hidup_ bangsa mestinya menjadi landasan kukuh kita sebagai bangsa keluar dari ancaman virus korona yang mematikan.

*Tepat hari ini, 75 tahun yang lampau, Soekarno berpidato dalam rapat pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).* Pidato Bung Karno itu kemudian resmi dinyatakan sebagai hari lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

*Dalam pidatonya, Bung Karno mengatakan Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah negara gotong royong*. Dalam pandangan Soekarno, gotong royong ialah paham yang dinamis, lebih dinamis daripada kekeluargaan. *”Gotong royong adalah pembanting tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama*. _Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua_.”

*Nilai-nilai gotong royong yang dikobarkan Bung Karno itulah yang saat ini sangat dirasakan di tengah masyarakat*. _Ada perasaan senasib, sepenanggungan, dan kekeluargaan_ di kalangan masyarakat dalam upaya mempertahankan kehidupan bersama. *Perasaan senasib itu diungkapkan lewat perbuatan nyata dengan membantu sesama*.

*Sejak pandemi covid-19 dinyatakan sebagai bencana nasional pada 13 April, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah sampai diberlakukan pembatasan sosial berskala besar*. Intinya ialah bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah.

*Masyarakat patut diberi apresiasi karena mematuhi seluruh kebijakan terkait dengan penanganan pandemi covid-19.* Pada saat hari raya keagamaan, misalnya, masyarakat tetap beribadah di rumah. *Kepatuhan masyarakat iu berbuah hasil, proses tidak pernah mengkhianati hasil*. _Sebanyak 102 kabupaten/kota yang tersebar di 18 provinsi dinyatakan masuk zona hijau_. *Zona hijau berarti tidak ditemukan kasus penularan covid-19.*

Baca juga  SINARMAS ASSET MANAGEMENT lNlSlATlF BANTU KURANGI KERUGIAN JIWASRAYA

*Pemerintah pusat membolehkan daerah-daerah itu untuk mulai membuka produktivitas sosial*. _Pembukaan produktivitas sosial di zona hijau harus dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan secara saksama protokol kesehatan_, *antara lain sering cuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.*

*Eloknya, sebelum membuka produktvitas sosial, pemerintah daerah mulai melakukan sosialisasi atas tatanan kenormalan baru*. Ada tahapan prakondisi dengan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

*Benar bahwa jumlah kabupaten/kota yang masuk zona hijau itu baru mencapai 19,8% dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia*. _Pelajaran penting yang dipetik dari daerah zona hijau ialah tidak ada tawar-menawar soal kedisiplinan_. *Kedisiplinan warga itu diangkat menjadi berita utama harian ini, kemarin.*

*Harus tegas dikatakan bahwa keberhasilan dari penerapan produktivitas masyarakat aman covid-19 sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat*. Karena itu, kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan dengan _menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak perlu diperhatikan_.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here