Bikin Startup untuk #LawanCovid19 dalam Waktu 54 Jam di Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia

0
51

Bikin Startup untuk #LawanCovid19 dalam Waktu 54 Jam di Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia

Kolaborasi dengan jaringan coworking lokal, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dan penggerak ekosistem startup digital, KUMPUL mengundang programmer, desainer, marketer, business hustler, akademisi, ilmuwan, pelajar – siapapun untuk menciptakan solusi berbasis startup digital melalui kegiatan global yang diikuti lebih dari 60 negara di dunia.

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Presiden Joko Widodo telah menyatakan COVID-19 sebagai Bencana Nasional Non-Alam dan lebih dari 18 daerah telah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Dampaknya pun dirasakan oleh hampir seluruh sektor mulai dari supply chain hingga UMKM.

Menyikapi pandemi global ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KUMPUL, penggerak ekosistem startup digital di Indonesia, bekerjasama dengan mitra jaringan coworking-nya di berbagai daerah yaitu Impala Network (Semarang), Ngalup.co (Malang), MeetUp Coworking (Pekanbaru), CreateIt (Bandung), SatuTampa (Manado), dan StartupBorneo (Banjarmasin) menginisiasi program Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia pada 24 – 26 April 2020.

Program ini merupakan bagian dari inisiasi Global Online Startup Weekend COVID-19 yang diselenggarakan oleh Techstars, sebuah platform investasi dan inovasi global. Saat ini sudah ada lebih dari 60 negara termasuk Indonesia yang bergabung menjalankan program berskala dunia ini.

KUMPUL sebagai mitra Techstar untuk Startup Weekend Indonesia, menggerakkan jejaring coworking dan komunitas di 28 kota untuk turut menanggulangi dampak COVID-19 melalui inovasi startup digital ini. “KUMPUL melihat peran pelaku coworking di daerah sangat penting sebagai penggerak komunitas dan ekosistem startup. Di minggu terakhir sebelum pendaftaran ditutup, sudah ada lebih dari 1.000 pendaftar dari seluruh Indonesia” ujar Faye Alund, Co-founder & CEO KUMPUL, yang juga tengah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Coworking Indonesia.

Baca juga  Re New Everyday akan Mengadakan "Webinar Berseri" Pembicara Ps. David Purnomo M.Th. : Jaminan Keselamatan Kesorga Disertai Upah Mahkota Kemuliaan 

Dalam waktu 54 jam, seluruh peserta akan membangun startup pada enam fokus sektor: kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan.

Startup Weekend ini akan dibuka dengan Keynote Opening Remarks oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Johnny G. Plate. “Saya melihat berbagai startup di daerah melakukan inisiatif-inisiatif sosial bersama pemerintah daerah, Kementerian dan LSM dalam penanganan COVID-19, termasuk penyediaan masker dan APD, pelatihan kerja serta membantu mempermudah akses masyarakat terhadap kebutuhan primer di saat ini. Saya percaya, tak hanya mereka, kalian pun akan menjadi penggerak inovasi-inovasi baru bagi Indonesia di masa pandemi ini,” ujar Menkominfo.

Proses membangun startup ini akan dibimbing oleh lebih dari 30 pembicara dan mentor dari berbagai bidang, seperti Dayu Dara (CEO & Founder Pinhome), Doddy Lukito (Chief [In-Hospital] Business Officer Halodoc), Ainun Najib (KawalCovid19.id), Ligwina Hananto (Co-founder & CEO QM Financial), Peter Shearer (CEO dan Founder Wahyoo), serta Danang Rizki Ginanjar (Staf Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional).

Alumni dan pemenang Startup Weekend Bali 2014 turut hadir sebagai pemateri untuk sesi prototyping, “Saya sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari sejarah. Pertama kalinya Startup Weekend dilaksanakan dalam format online dan dalam skala nasional. Ini akan jadi 54 jam penuh energi dan sinergi dari seluruh Indonesia”, ujar Febriadi Pratama (Co-Founder dan CTO Gringgo). Alumni Startup Weekend lain yang telah cukup dikenal adalah TaniHub.

Pada hari Minggu, 26 April 2020 akan dilaksanakan Live Pitching yang dapat disaksikan secara virtual melalui platform Youtube Live. Salah satu juri yang akan menilai 10 startup terbaik adalah Achmad Zaky (Co-founder dan ex-CEO Bukalapak). Menurutnya, startup tidak selalu tentang pendanaan, atau valuasi. “Pada esensinya, startup hadir sebagai solusi inovatif dari permasalahan yang ada. Saya berharap antusiasme untuk berkontribusi terhadap isu COVID-19 dapat direalisasikan melalui program ini,” tambahnya.

Baca juga  Taiwan Akan Gelar Seminar Online Dalam Taiwan Expo 2020

Selain itu, turut hadir Vertical Lead dari Facebook Indonesia, Aldo Rambie, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, serta Partner dari Venturra Discovery, Raditya Pramana, sebagai panelis juri.

Program yang turut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Telkomsel, serta Bank DBS melalui platform Digital Banking Digibank akan mencari tiga pemenang untuk mewakili Indonesia pada kompetisi Top 20 Global Winner Startup Weekend. Acara ini turut mengundang dan didukung oleh Denny Abidin (VP Corporate Communication Telkomsel), dan Leonardo Koesmanto (Managing Director, Head of Digital Banking Bank DBS).

Untuk mengikuti kegiatan ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui bit.ly/swicovid19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here