Pengunaan Plastik sekali Pakai (PSP) agar Digalakkan Kembali

0
91

Pengunaan Plastik sekali Pakai (PSP) agar Digalakkan Kembali

Oleh: Lintong Manurung

 

Dengan ditingkatkan status kasus endemic COVID-29 (Corona) menjadi pandemic oleh WHO, karena sampai dengan tanggal 11 Maret 2020 sudah lebih dari 118.000 kasus di 114 negara dan 4.291 orang kehilangan nyawanya. Dalam dua minggu terakhir kasus Corona diluar China telah meningkat 13 kali lipat demikian juga jumlah Negara yang terkena dampak meningkat 3 kali lipat. Di Indonesia tercatat 27 orang posiitif tertular Corona. Dimana 13 orang tertular saat berada di luar negeri (imported cases), 1 orang pasien positif Corona meninggal dunia, pasien tersebut merupakan warga Negara asing yang berusia 53 tahun.

Menghadapi kasus pandemic corona ini, berbagai upaya preventif dan curatif yang sudah dilaksanakan oleh negara-negara yang tertular, terutama Kota wuhan, provinsi Hubei, China yang dianggap sebagai sumber muasal adanya virus ini. Dengan upaya yang intensif dan proaktif untuk menangani penyebaran dan penangan virus ini, tingkat penyebaran virus di China mulai menunjukan hasil yang menggembirakan. Tingkat penyebaran virus menurun dan semakin banyak pasien corona yang sembuh. Namun dinegara-negara lain seperti Korea Selatan, Iran dan Italy dengan tingkat penyebaran yang tertinggi, dan penanganan virus ini semakin mengkuatirkan.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh berapa negera untuk melokalisir penyebaran virus corona ini melalui pembatasan dan pelarangan kontak sesama aktivitas manusia, yang dilakukan oleh negara-negera yang terpapar virus ini, antara lain dengan : menutup penerbangan dan melarang warga negara asing dari negara yang tertular masuk ke negerinya dan sebaliknya, membatasi kerumunan orang, menunda pertandingan, menggunakan alat-alat pembantu dan pembungkus sekali pakai dsb.

Khusus untuk mengurangi kontak dari penyebaran dan penumpukan virus dan bakteri diantara masyarakat Indonesia, kebijakan untuk mengunakan kantong belanjaan, tas, tumbler dan wadah yang dipergunakan berulang kali oleh masyarakat seharusnya dibatasi. Dalam tahap status pandemic corona pada saat ini, kebijaksanaan pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk melindungi warganya dari wabah corona ini adalah dengan menggalakkan kembali penggunaan Plastik Sekali Pakai (PSP) atau single use plastik ini untuk memutus lingkaran dan penyebaran kantong virus corona ini.

Baca juga  Begini Cara Karantina Pertanian Periksa Kontainer di Pelabuhan Merauke

Oleh : Lintong Manurung, Ketua Umum Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here