Komitmen Perjuangkan Toleransi Beragama, Yerry Pattinasarany Gabung AMPP

0
373

 

Komitmen Perjuangkan Toleransi Beragama, Yerry Pattinasarany Gabung AMPP

Jakarta, Suarakristen.com

 

Tokoh Publik dan Influencer Yerry Pattinasarany telah resmi bergabung dengan Angkatan Muda Protestan Pluralistik (AMPP).

Melalui video yang diunggah dalam akun Instagram AMPP (@ampp_indonesia) Sabtu 28/12/2019, Yerry yang juga aktivis kepemudaan dan kebangsaan, menjelaskan alasannya bergabung dengan AMPP, gerakan kepemudaan yang masih tergolong pendatang baru.

“Saya percaya, waktu saya bergabung, justru saya yang belajar. Ada banyak hal dari teman-teman (AMPP) yang juga mengedukasi dan menginspirasi saya”, sambut Yerry saat dimintai komentarnya.

“Saya juga mau mengajak kepada masyarakat luas untuk jangan pernah anggap remeh siapapun yang sedang memulai atau mengawali, mengerjakan sesuatu untuk Indonesia. Karena saya percaya di dalam sinergi, antara yang lama dengan yang baru, pasti terjadi sebuah sejarah baru bagi bangsa kita di kemudian hari”, ucapnya.

“Jadi, saya sangat berantusias untuk bergabung, karena saya tahu, dengan saya bergabung, maka saya akan ambil bagian juga dalam sebuah sejarah baru buat bangsa kita”, tambah tokoh yang acap kali menjadi narasumber di berbagai diskusi dan seminar ini.

“Saya mau mengajak kita mendefinisi ulang kalimat ‘untuk kalangan sendiri’. Karena saya percaya apa yang datang dari Tuhan, tidak untuk kalangan sendiri”, jawabnya saat diminta memberi pesan-pesan untuk para pemuda Kristen.

Semangat kebangsaan dan kebhinnekaan dalam pesan Natal menurut Yerry dapat dipahami dari tujuan kelahiran Yesus.

“Yesus datang bukan untuk kalangan sendiri, bukan untuk golongan sendiri, bukan untuk kelompok dan etnis sendiri. Bahkan Yesus hadir bukan untuk melakukan kristenisasi”, paparnya dalam video berdurasi 3 menit 54 detik tersebut.

Dia memberkati orang tidak untuk membuat orang percaya sama dia, dia memberkati orang ya hanya untuk memberkati saja, tanpa pamrih”, imbuh Yerry.

Baca juga  Extraordinary Budget

Yerry juga menekankan bahwa harusnya semangat keimanan seperti ini, khususnya dalam konteks kebangsaan, kembali dimiliki anak-anak Tuhan.

“Semangat kecintaan akan Tuhan dan semangat kecintaan akan tanah air menjadi bagian dalam keimanan kita. Orang yang lahir di Indonesia harusnya juga melahirkan Indonesia di dalam hatinya”, tandasnya.

“Saya simpulkan begini, ketika Tuhan di hati, harusnya garuda ada di dada”, tutup putra legenda sepakbola Indonesia Ronny Pattinasarany ini.

Ketua AMPP Arbie Haman di tempat terpisah menjelaskan, “Bung Yerry adalah figur yang selalu mengedepankan nilai-nilai pluralisme dan cinta tanah air. Beliau juga sudah sering berbagi inspirasi di berbagai pertemuan lintas agama dan di rumah-rumah ibadah. Keinginan bergabung sudah disampaikan sejak akhir September lalu, dan setelahnya pun komunikasi dengan AMPP terus berjalan hingga kita umumkan sekarang ini”.

“Semoga hal ini cepat atau lambat dapat menginspirasi teman-teman pemuda lainnya untuk ikut ambil bagian juga dalam gerakan toleransi beragama. Ini adalah cara kita untuk berkontribusi menurunkan tingkat intoleransi beragama dan radikalisme”, tuturnya

“Akibat kedua momok tersebut, beberapa negara, di Timur Tengah dilanda duka yang mendalam. Lihat saja Suriah yang dulu begitu indah kini hancur berantakan karena radikalisme agama. Tentu ini tidak terjadi secara instan, tetapi secara berkala, diawali salah satunya dengan masuknya hoax dan ujaran kebencian ke dalam rumah-rumah ibadah. Juga dengan propaganda kesesatan berpikir dengan membentur-benturkan negara dengan agama”, papar Arbie Haman.

“AMPP adalah salah satu katalisator, juga wadah bagi teman-teman pemuda Kristiani untuk ambil bagian dalam gerakan toleransi beragama, dimulai dari Ibu Kota”, ia menjelaskan.

Tanggal 7 Desember yang lalu AMPP mengadakan Temu Anak Bangsa (Vol. 1), sebuah pertemuan lintas agama yang berisikan giat sosial, diskusi kelompok, dan talk show. Ini merupakan kegiatan terakhir yang diadakan AMPP di tahun 2019.

Baca juga  PENGURAPAN MENUJU PENOBATAN: KASUS DAUD

“Kegiatan-kegiatan kita selama ini berskala kecil, namun rutin dan tersebar di beberapa titik yang rawan intoleransi di DKI Jakarta mengacu pada kajian internal kita”, tambah Arbie.

Selain itu, AMPP juga telah aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan kawan-kawan lintas agama dan komunitas lainnya seperti GP Ansor, Pemuda Katolik, Gusdurian, dan sebagainya.

“Senin (30/12/2019) besok, Bung Yerry Pattinasarany juga akan menjadi salah satu pembicara pada acara Haul Gus Dur (2009-2019) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diadakan oleh teman-teman Gusdurian”, tandasnya.

“Bagi teman-teman yang ingin datang, kami menanti kehadirannya, kita bisa jumpa disana. Selain itu, bagi teman-teman pemuda Kristiani yang ingin terlibat mengikuti kegiatan-kegiatan toleransi beragama, dapat menghubungi kami via Instagram. Intensitas dapat disesuaikan dengan profesi”, tutup Ketua AMPP. (HENDRIKO SIAHAAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here