HIMBAUAN MPH PGI TERKAIT PENGRUSAKAN RUMAH IBADAH DI MINAHASA

0
118

HIMBAUAN MPH PGI
TERKAIT PENGRUSAKAN RUMAH IBADAH DI MINAHASA

Jakarta, Suarakristen.com

 

Memperhatikan kasus pengrusakan rumah ibadah umat Muslim yang berada di Perum Agape, Tumaluntung, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu malam (29/1), yang dilakukan sekelompok orang, maka Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH-PGI) menyatakan:

1. Menyesalkan dan mengecam tindakan anarkis yang dilakukan oleh sekelompok orang dan meminta aparat untuk segera menindak pelaku. Untuk alasan apapun, tindakan kekerasan bukanlah pilihan penyelesaian masalah yang bermartabat.

2. Mendorong masyarakat yang ada di sekitar rumah ibadah agar melindungi hak-hak beribadah, termasuk yang dilakukan di rumah tinggal, apabila belum mampu mendirikan rumah ibadah permanen.

3. Peristiwa ini merupakan pelajaran berharga yang mestinya menohok pemerintah, yang selama ini terkesan mendiamkan perilaku serupa di berbagai tempat di Indonesia.

4. Mengingat Provinsi Sulawesi Utara merupakan ikon toleransi di Indonesia dan memiliki budaya untuk saling menghormati perbedaan, kami mendorong dan menghargai upaya-upaya lokal yang dikedepankan untuk mencari jalan keluar dari persoalan ini secara damai dan setara.

5. Menghimbau semua pihak untuk tidak tersulut dengan peristiwa ini dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, yang akan memunculkan persoalan baru.

Demikian himbauan ini disampaikan untuk menjadi perhatian bersama.

Jakarta, 30 Januari 2020

Majelis Pekerja Harian PGI,

Pdt. Jacklevyn Manuputty

Baca juga  Askrindo Syariah Salurkan Bantuan Paket Sembako dan Uang Tunai Kepada Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here