IMLEKNAS 2571 Khongzili Tahun 2020: “Bersatu Indonesia Maju”

0
62

IMLEKNAS 2571 Khongzili
Tahun 2020: “Bersatu Indonesia Maju”

ICE BSD, Suarakristen.com

Kamis, 30 Januari 2020 diadakan Perayaan Imleknas 2571 Khongzili tahun 2020 di gedung ICE BSD.

Panitia Imleknas 2020 adalah Gandhi Sulistiyanto Ketua, Arif Harsono dari Persatuan Umat Buddha Indonesia, Teddy Sugianto Perhimpunan Tionghoa Indonesia, Haji Serian dari Dewan Masjid Indonesia, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Johny Sitondo.

Peserta hadir dari lintas agama lintas etnis, registasi undangan menyemut mulai pukul 06.00 wib sampai pukul 08.00 bahkan sesudah jam tersebut pengunjung sangat membludak menghadiri acara Imlleknas dan sangat antusias apalagi Presiden RI Joko Wi juga hadir sebagai tamu kehormatan.

Presiden Joko Wi hadir didampingi Shinta Nuryah Gus Dur, Wapres ke 6 RI Try Sutrisno, Menteri Agama Fachrul Razi, Mendikbud Nabiel Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Muhadjir Effendi Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) perancang busana Ane Avantie, pemain bulu tangkis Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma, Gubernur Banten Wahidin Halim, Walikota Tangerang Selatan Airin Dimyanti, Ketua BPK, ketua MPR, sejumlah Duta Besar negara sahabat, para pengusaha termasuk Kuncoro Wibowo owner Informa, ACE Hardware Indonesia, Majelis Adat Raja Sultan seluruh Nusantara, para Bupati dan para Tokoh Pengusaha, Tokoh Masyarakat Lintas Agama dan tampak terlihat Azmi Azhar pendiri Museum Pustaka Tionghoa hadir juga.

Undangan khusus kaum Difabel yang mendapat kehormatan duduk di kursi VVIP bersama para Raja dan Sultan seluruh Nusantara.

Imlek Nasional 2571 Khongzili tahun 2020 mengusung thema Persahabatan dalam keberagaman “Bersatu Indonesia Maju”

Dalam Acara Imleknas 2020 disuguhkan pertunjukan teatrikal oleh remaja yang tergabung dalam komunitas seni Rusun, pertunjukan tari akulturasi Tionghoa dengan lagu Dayung Sampan, barongsay dan lain-lain.

Baca juga  Gerakan Bantu Tim Medis Aceh, "Ayo Bergerak Untuk Kemanusiaan"

Presiden Joko Wi dalam sambutannya mengucapkan Selamat merayakan Imlek dan menyebutkan :” Shio saya kerbau di tahun Tikus Logam harus bekerja keras agar lebih berhasil dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ekonomi global sedang melambat dan tidak pasti. Kita harus bekerja lebih keras lagi.” ujarnya.

Kemudian Presiden Joko Wi menyebut beberapa nama marga yaitu Tan, Oey, Liem, Phang dan masih banyak lagi tidak bisa menyebut satu persatu saking banyaknya ujarnya. Saya senang memakai baju cheongsam hasil rancangan Bunda Ane Avantie bagus khan?
Sementara Ketua Panitia Imleknas malah memakai busana Adat Jawa,
Menteri PMK pakai cheongsam namun memakai peci juga. Itulah keanekaragaman kita. Di Indonesia ada
714 suku, 1100 bahasa lokal. Ngga ada negara sekaya kita beraneka ragam budayanya. Oh ya itu hadir
Nia puteri teman saya BTP ikut main orchesta. Mana Pak Ahok sudah jadi Komisaris Utama Pertamina koq ngga hadir di acara Imleknas ini demikian lanjut Presiden Joko Wi sambil tertawa.

Tidak bisa dipungkiri etnis Tionghoa banyak yang sukses di perdagangan, jasa dan usaha lainnya karena etnis Tionghoa jika bekerja sangat tekun dari pagi hinga malam ujarnya lebih lanjut.

Kemudian Presiden RI Joko Wi dalam acara pidato sambutannya memanggil Susi Susanti dan satu undangan yang hadir yaitu Ang Joko untuk maju ke podium. Beliau menyakan ke Susi Susanti saat memenangkan medali emas pertama kali di cabang olahraga bulutangkis Olympiade apa saja yang dipersiapkan?

Susi Susanti menjawab latihan rutin setiap hari. Pagi pukul 6-10, 14.00-16.00, 18.00 – 20.00 Sudah seperti minum obat sehari 3 kali ujar Susi Susanti sambil menagih dapat sepeda ngga Pak Presiden. Hadirin tertawa semua. Selain itu para pemain bulu tangkis Kontingen Indonesia yang maju ke turnamen Olympiade mendapat support penuh dari Try Sutrisno saat itu menjadi Ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) ujar Susi.

Baca juga  Selamat Jalan Bung Glenn Fredly Deviano Latuihamalo. Negeri Ini Bangga Memilikimu!

Ang Joko salah satu hadirin yang maju ke podium dipanggil Presiden Jokowi ditanya nama dan diminta memperlihatkan e-KTP wajahnya mirip Ahok, nama koq mirip saya, ujar Presiden Joko Wi.
Ang Joko diberi kuis untuk menjawab
7 suku dari 714 suku yang ada di Indonesia? Jawaban benar kemudian diberi hadiah sepeda serta satu buah foto bersama Presiden Joko Wi yang berpigura dan berstempel istana RI sebagai hadiah kenang-kenangan.

Foto kenang-kenangan Ang Joko bersama Presiden Joko Wi dikerjakan kilat berapa menit langsung jadi.

Presiden Joko Wi kemudian berujar bahwa kerja cepat sangat dibutuhkan sekarang ini.
Bukan negara besar mengalahkan negara kecil atau negara kaya mengalahkan negara miskin.
Tetapi negara cepat mengalahkan negara lambat.

Kultur kerja yang cepat ini yang bisa memenangkan kompetisi dengan negara-negara lain di dunia.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menjelaskan terkait kepindahan Ibu kota RI yang baru dengan suasana lebih Ramah lingkungan.
transportasi umum adalah autonomous. Mobil-mobil pribadi juga autonomous dan electric vehicles dan saya juga memiliki mimpi besar agar kita menjadi ibu kota pertama yang transportasi massal, mobil pribadi memakai electric vehicle dan autonomous vehicle. Sambil diputar terkait Nagara Rimba Nusa video tentang Ibu Kota RI yang baru di Kalimantan Timur.

Usai sambutan dari Presiden Joko Wi dilanjtkan Doa oleh Tokoh Lintas Agama yang dipimpin oleh KH. Nazaruddin Umar imam Agung Masjid Istiqlal Jakarta.

Pengunjung dan para undangan Acara Imleknas 2020 di ICE BSD usai acara pulang dengan rasa bahagia dengan membawa bingkisan goddy bag, angpao dan menukarkan kupon makan yang diterima dengan aneka makanan halal seperti mie ayam, mpek-mpek, tekwan, choipan, nasi kotak, minuman, kopi di stand yang sudah disediakan panitua du hall 3 A ICE BSD, Tangerang Banten.

Baca juga  Sambut Ramadan, Kemenag Terbitkan Panduan Ibadah saat Covid-19 Mewabah

(Lili Judiarti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here