Kamu Seorang Pebisnis? Berikut 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Branding di Media Sosial

0
128

Kamu Seorang Pebisnis? Berikut 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Branding di Media Sosial

Likee memperkenalkan maskot mereka “Kiki” dan merayakannya dengan #HelloKiki challenge. Ikuti challenge-nya dan menangkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah eksklusif!

Jakarta, Suarakristen.com

Di era digital saat ini, banyak orang yang baru memulai membangun bisnisnya, karena kemudahan yang didapat dan biaya promosi yang tidak terlalu mahal. Kehadiran media sosial membantu banyak bisnis untuk mempromosikan produknya secara lebih mudah. Bisnis dewasa ini tidak bisa hanya mengandalkan branding secara tradisional, namun, mereka harus mampu beradaptasi dengan perkembangan branding modern, yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial sudah menjadi salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis saat ini. Media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan awareness, menggaet audiens dalam waktu yang singkat, meningkatkan penjualan, mengembangkan kerja sama bisnis, dan yang paling penting adalah untuk mendapatkan insight pasar demi menjadi brand yang lebih baik. Ingin tahu lebih banyak mengenai branding di media sosial? Yuk cek caranya di bawah ini!

Pilih media sosial yang tepat untuk brand kalian

Kamu harus ingat bahwa setiap media sosial mempunyai karakteristiknya masing-masing yang harus dipelajari. Bukan tentang seberapa banyak media sosial yang kamu gunakan untuk mempromosikan brand kamu, namun tentang seberapa tepat dan efektifnya media sosial tersebut. Misalnya, bisnis kamu bergerak di industri makanan dan minuman yang menyasar anak-anak dan remaja sebagai target audiens, tentunya media sosial seperti LinkedIn bukanlah platform yang pas. Itulah yang disebut dengan menentukan media sosial yang cocok untuk brand kamu.

2. Gunakan konten visual yang menarik

Media sosial sangat berkaitan dengan konten visual, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu kamu ingat dalam pembuatan konten visual, seperti warna, logo dan maskot tentunya. Dalam pemilihan warna, pastikan warna yang dipilih merepresentasikan identitas dari brand kamu, agar terlihat menarik di mata konsumen. Logo juga menjadi hal yang penting dalam konten visual. Logo membantu brand kamu terlihat profesional, sekaligus membangun identitas yang akan menjadi pembeda dengan brand lainnya.

Baca juga  REVIVO PRESENTS: Online Worship Night with Sidney Mohede JUJUR #MenolakUntukMenyerah 

Selain itu, penggunaan maskot juga dapat membantu kamu dalam menciptakan konten visual. Maskot membantu untuk membangun engagement antara konsumen dan brand. Bahkan banyak maskot yang lebih terkenal daripada produknya itu sendiri. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan dalam menciptakan maskot, yang pertama, pastikan bahwa maskot tersebut mewakili karakteristik dan identitas brand yang kamu punya, selain itu jangan lupa untuk menciptakan maskot yang eye-catching!

Likee, sebuah platform aplikasi video memperkenalkan maskot mereka “Kiki” yang di desain secara menarik. Kiki adalah peri di dunia Likee yang membawa kehangatan serta keceriaan dengan kepribadian yang penuh antusiasme. Kiki menggambarkan pengguna Likee yang unik dan suka mencoba hal-hal yang menarik sejalan dengan image Likee sebagai aplikasi yang menarik dan mendorong penggunanya untuk membuat konten-konten yang kreatif.

印尼周边社媒图

3. Gunakan bahasa sehari-hari untuk berinteraksi dengan konsumen/pengguna
Ketika berbicara mengenai media sosial, maskot dapat menjadi representatif kamu dalam berinteraksi dengan konsumen seolah-olah dia nyata. Dia dapat berkomunikasi dengan konsumen secara langsung dan berinteraksi layaknya manusia. Seperti menjawab pertanyaan dan menyapa pengguna dengan first name mereka, serta tentunya dengan menggunakan bahasa sehari-hari, bahkan kamu juga bisa menambahkan humor ke dalamnya. Berinteraksi seperti orang sungguhan akan membuat brand kamu lebih terasa dekat dengan konsumen, sehingga mereka bisa merasa lebih terlibat dengan brand.

4. Tetap konsisten

Konsistensi adalah hal berikutnya yang harus kamu ingat untuk menciptakan branding yang baik. Mengapa? Karena membangun brand tidak terjadi dalam semalam. Konsistensi menjadi hal yang penting untuk membangun brand yang kuat dan konsisten di semua platform media sosial. Di dalam media sosial, kamu harus konsisten dengan palet warna yang sudah ditentukan, gaya desain, bahasa, tagline, dan jadwal posting. Selain konsisten dalam memposting konten mengenai informasi produk, kamu juga harus mengeluarkan konten yang bersifat mendidik konsumen demi meningkatkan awareness serta membangun engagement dengan mereka di media sosial.

Baca juga  SINARMAS ASSET MANAGEMENT lNlSlATlF BANTU KURANGI KERUGIAN JIWASRAYA

Likee memperkenalkan maskot mereka melalui #HelloKiki challenge. Kamu bisa mengikuti challengenya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

f1c330322c9202b52255a65741518950

Gunakan stiker “Hello Kiki” dan bikin video sesuai contoh.

Gunakan hashtag #HelloKiki, dan bagikan video kamu ke Instagram dengan hashtag #HelloKiki dan follow akun Instagram @likee_official_indonesia, 40 video terbaik akan mendapatkan suvenir edisi khusus Kiki!

Download WallPaper Kiki dan setting sesuai ukuran layar ponselmu! Foto bersama dengan Wallpaper Kiki dan bagikan fotomu melalui Instagram post dengan #HelloKiki dan tag @likee_official_indonesia, 10 pemenang akan mendapatkan suvenir edisi khusus Kiki!

Challenge ini diadakan dari tanggal 20 Januari hingga 1 Februari 2020

Keberadaan media sosial bisa menjadi hal yang menguntungkan untuk brand kamu, namun, di saat yang bersamaan, media sosial juga dapat menjadi bumerang jika kamu tidak bisa memanfaatkannya. Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan bisnismu, kamu harus dapat beradaptasi dengan tren yang sedang berkembang, yaitu penggunaan media sosial dalam berbisnis. Setelah mengetahui beberapa tips di atas, ini saatnya kamu untuk mempraktekkannya! Selamat mencoba!

***

Tentang Likee

Likee merupakan platform pembuatan video pendek global terkemuka, dengan tool pengambilan dan pengeditan video dilengkapi efek khusus yang canggih. Dibuat oleh BIGO Technology Pte. Ltd, Likee pertama kali dirilis pada Juli 2017 dan sekarang menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia. Likee bertujuan untuk memudahkan semua orang dalam membuat video yang luar biasa dan merekam momen yang tak terlupakan. Kami berharap setiap orang dapat mengeksplorasi penemuan yang berharga dan menarik, serta dapat menikmati dunia yang lebih luas.

Didirikan di Singapura pada tahun 2014, BIGO merupakan salah satu perusahaan internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Berfokus pada teknologi seperti Artificial Intelligence, BIGO adalah salah satu perusahaan besar di dunia dalam bidang pengembangan dan penerbitan aplikasi. BIGO memiliki Bigo Live – aplikasi streaming langsung global terkemuka, Likee – platform pembuatan video pendek global, imo – aplikasi komunikasi video global, dan beberapa aplikasi sosial lainnya.

Baca juga  Institute for Action Against Corruption (IAAC) Menanggapi beberapa Oknum Anggota DPR RI yang Meminta Jatah Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN

Menurut Laporan YY Triwulan Ketiga 2019, pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) Likee mencapai lebih dari 100,2 juta orang, meningkat sebesar 413,4% dari tahun ke tahun. Pengguna aktif bulanan layanan Likee yang dipasangkan dengan imo mencapai 50,2 juta pengguna. Likee juga menduduki peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie’s tahun 2019. Selain itu, Likee mendapatkan posisi keenam sebagai “Top Apps” di 2019 dan ketujuh dalam daftar “Overall Worldwide” di Q4 tahun 2019 menurut Sensor Tower.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here