Peringatan Hari Bersejarah: Pertemuan Bung Karno-Marhaen

0
100

PEMERHATI BANDUNG BERSEJARAH
Memperjelas Wajah Sejarah Kota Bandung

Peringatan Hari Bersejarah: Pertemuan Bung Karno-Marhaen

Bandung, Suarakristen.com

Narasumber :
dr. Andy Talman Nitidisastro
Guruh Soekarno Putra
Bapak Rosodaras
Dr, Retor Kaligis
Kadis Parawisata dan Kebudayaan Prop.Jabar

Di benak beberapa orang, Bandung merupakan tempat rekreasi dengan spot kuliner dan perbenlanjaan. Tidak ada yang yang ke Bandung khusus atau tiba di Bandung lalu meluangkan waktu untuk mencari situs-situs bersejarah. Padahal dalam perjalanan bangsa Indonesia Bandung merupakan tempat yang paling bersejarah karena di Bandung lah Bung Karno memantik api perjuangan lalu menjalar ke seluruh pelosok Tanah Air menumbuhkan semangat Putra Putri bangsa untuk bangkit bersatu memperjuangkan kemerdekaan.

Di Kota Bandung banyak sekali situs-situs bersejarah yang penting dan syarat makna hanya karena tidak diketahui umum karena memang tidak di jelaskan.
PeBeBe, Pemerhati Bandung Bersejarah akan mulai menggarap dan mengadakan kegitan yang bertujuan agar masyarakat mengenanya, merawatnya dan memahami maknanya.

PeBeBe akan membantu pemerintah Kota Bandung mengelola situs-situs sejarah dan mempromosikannya sehingga kedepan akan ada pengunjung yang datang ke Kota Bandung khusus untuk melihat jejak-jejak sejarah perjuangan.

Anak-anak muda, siswa dan murid Sekolah Dasar bisa di bawa oleh guru-guru mereka untuk mengunjungi situs-situs bersejarah agar mereka mengenal dan memahami nilai-nilai perjuangan. Generasi muda harus faham bahwa Negara Republik Indonesia bukan hadiah dan lahir begitu saja, melainkan melalui perjuangan berat dengan pengorbanan yang lar biasa. Dengan demikian rasa cinta Tanah Air akan menjadi nafas mereka sehingga mereka dapat berkontribusi bagi kemajuan, kejayaan Bangsa Indonesia.

Salah satu momen penting yang diabaikan begitu saja adalah pertemuan Bung Karno dengan Mang Aen (Marhaen) di Cigerelang, 1 Oktober 1926. Pertemuan iru sangat penting karena pada saat pertemuan pagi itulah tersengat matarhari di tengah sawah Bung Karno memutuskan Indonesia harus merdeka dan gerakan untuk tu harus di mulai. Jadi secara spirit indonesia sudah lahir pada hari itu.

Baca juga  "Komposisi Kepemimpinan Polri : Konsolidasi Dan Dedikasi Bagi Indonesia Maju"

Makna pertemuan yang melegenda dan melahirkan ajaran Bung Karno yang sangat terkenenal, Marhainisme itu, sungguh mulia, membebaskan kaum Marhaen dari penderitaan.

Karena itu, peringkatan pertemuan BungKarno – Marhaen kami lalukan selain untuk memperjelas Bandung sebagai Kota Bersejarah juga menggaungkan kembali pesasn luhur dari Bung Karno agar negara serius mengurus kaum Marhaen yang sampai saat ini puluhan juta Hanya Lelah Mengupas Nangka, Tetapi Belum Menikmati Nangkanya.

Pesan Dari Gedung Indonesia Menggugat

Bandung , 9 November 2019

1. Mendorong dan membantu pemerintah menata Kota Bandung , agar wajah keSejarahan kota Bandung jelas dan dikenal masyarakat secara luas . Sebab , Bandung sesungguhnya memiliki posisi sejarah yang sangat penting karena di bandung lah Bung Karno dan kawan kawan menenun Indonesia.

2. Menyegarkan kembali pesan penting dari pertemuan Bung Karno – Marhaen bahwa disaat Indonesia merdeka , Kaum Marhaen harus menikmati kehidupan yang sejahtera . Pesan ini terutama perlu di hayati dan dilaksanakan oleh seluruh penyelenggara negara agar tidak lalai mempusakakan kesejahteraan kaum Marhaen .

Gedung Indonesia Menggugat

9 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here