JANGAN JEMU BERBUAT BAIK

0
114

Oleh: Pdt. Lundu H.M. Simanjuntak

 

(2 Tesalonika 3:13)

Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.

Suatu ketika seorang jemaat menolak untuk dipilih menjadi anggota dari sebuah kepanitiaan dengan alasan terlalu sering dipakai oleh gereja dalam berbagai kegiatan. Masakan aku terus, kan masih banyak jemaat yang lain pak pendeta, demikian ia memberikan alasan.

Janganlah cuma aku terus yang baik ini dipakai, yang lain juga donk. Kalau begini capek-capek yang baik terus donk pak pendeta.

Sayapun memberikan tanggapan kepada beliau, berbahagialah kalau gereja masih terus memberikan kepercayaan kepada saudara karena saudara dianggap baik. Mana saudara mau pilih tetap setia menjadi orang baik di tengah gereja walau semakin sering diminta untuk terus aktif dalam berbagai kegiatan atau menjadi orang yang menghentikan kebaikannya karena merasa kecewa kebaikannya ternyata telah membuatnya capek karena terus aktif di berbagai kegiatan di gereja?

Jemaat tersebut agak sulit menjawab seakan membutuhkan waktu yang sedikit lama sebelum memberikan jawabannya. Iapun menjawab yah pilih jadi orang baik terus donk pak pendeta.

Nah demikianlah Rasul Paulus dalam ayat hari ini mengingatkan kita agar tidak jemu-jemu berbuat baik. Kami katakan ini, karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.

Orang-orang yang demikian kami peringati dan nasihati dalam Tuhan Yesus Kristus, supaya mereka tetap tenang melakukan pekerjaannya dan dengan demikian makan makanannya sendiri (11-12).

Saudaraku, memang berbuat baik itu tidak memberikan efek yang menguntungkan secara langsung bagi diri kita, bahkan bisa saja justru yang terjadi adalah kerugian. Mungkin kita dituduh orang mau cari nama, pencitraan, pura-pura baik, ada maunya dan lain sebagainya.

Baca juga  Support Group Kanker CISC Adakan Diskusi Kenali Kanker Paru Di RSCM Jakarta

Tak jarang orang berhenti berbuat baik karena merasa kecewa, kok ejekan atau cercaan yang datang kepadanya. Bukankah Yesus telah menerima resiko paling menyakitkan dalam dunia ini? Mari tetap semangat untuk berbuat yang baik, Amen.

DOA:

Ya Allah, jadikanlah aku menjadi orang yang selalu rindu dan suka untuk berbuat baik, amen.

SELAMAT PAGI
DAN
SELAMAT BETAKTIVITAS

Pdt. Lundu H.M. Simanjuntak-Pdt HKBP Ressort Cipayung Cilangkap-Jaktim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here