PERSONAL LEADERSHIP BRAND ( I )

0
43

 

Oleh: P. Adriyanto, (Drs., MBA)

Apakah Personal Leadership Brand itu ??
1 Personal Leadership Brand adalah sifat-sifat/ karakteristik yang inspiratif yang direncanakan.

2 Personal leadership brand mencerminkan kekuatan-kekuatan (strenghts) yang dilihat oleh orang lain dan sesuai penilaian Anda sendiri.

3 Personal leadership brand mencerminkan gairah Anda yang Anda nikmati dan yang dikenal oleh orang lain.

Jadi personal leadership brand ini adalah *citra diri* seorang pemimpin karena ia memiliki tujuan, kinerja, inspirasi, kekuatan dan kegairahan kerja yang juga dilihat oleh orang lain.

Leadership brand ini membantu Anda untuk mencapai tiga hasil utama:
#1 Authenticity/Keaslian.

Leadership brand akan membantu anda untuk memperoleh respect dan kepercayaan.Identifikasi tujuan anda menjadi pemimpin akan merupakan refleksi dari diri Anda sendiri.

#2 Inspirasi. Leaderhip brand yang kuat akan meningkatkan kekuatan-kekuatan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa para karyawan akan lebih terlibat dalam pekerjaan, bila Anda dapat meningkatkan kinerja Anda, demikian juga para karyawan Anda.

#3 Deliverability.
Pencapaian tujuan yang Anda tetapkan. Bila anda bergerak maju di dalam organisasi Anda, maka tujuan, hasil dan nilai-nilai akan juga terangkat.

Tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang harus Anda ketahui sebagai seorang leader? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mendaftar kekuatan-kekuatan, anda dapat meminta pendapat/umpan balik dari rekan sekerja, teman dan keluarga.

Langkah berikutnya, adalah buatlah uraian tentang pekerjaan Anda yang sekarang dan yang akan datang. Hal ini akan membantu Anda untuk menetapkan nilai-nilai yang akan Anda perlukan untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Nilai-nilai leadership bergerak mulai dari management yunior ke management senior yang meliputi perubahan-perubahan tugas-tugas dan tanggungjawab. Sangatlah penting bila Anda mengidentifiasi nilai-nilai dan kompetensi yang akan Anda perlukan untuk mencapai tujuan Anda.
Di bawah ini adalah contoh pada tingkat yang berbeda dalam organisasi.

Baca juga  Solois Marcell Siahaan Ungkap Kekaguman Pada Raisa

✓ Middle Management.
*Nilai-nilai : yang bekerja bersama orang lain.
* Kompetensi : membuat keputusan yang sulit, coaching dan developing management yang lebih rendah, dan melaksanakan diskusi-diskusi penting.

✓ Business Manager, CEO dan Presiden.
* Nilai: business strategy secara keseluruhan.
* Kompetensi: keputusan-keputusan financial, mekanisme operasi, merefleksikan visi jangka panjang dan analisis.

Ada 5 langkah untuk menciptakan personal leadership brand ini :

1 Tetapkan apa yang merupakan sifat-sifat utama yang berbeda dengan orang-orang lain, seperti sikap (attitude), perilaku (behavior), dan tindakan yang membuat Anda berbeda dengan orang-orang lain, misalnya kharismatik, energetic/semangat, memiliki visi, sangat menguasai persoalan, rendah hati, fokus, kewirausahaan dan inovasi yang didasarkan pada teknologi informatika/disruption strategy.

2 Apakah kekuatan utama Anda?
Seperti leadership, strategi, kreativitas dan kinerja.

3 Apa yang merupakan kualitas kepemimpinan Anda yang berbeda seperti. Servant leadership, kharismatik.

4 Apakah kegairahan kerja Anda pada masa yang lalu, sekarang dan yang akan datang.

5 Nilai/hal-hal yang tidak Anda ketahui (blank spots) bukan saja kelemahan Anda, tapi juga umpan balik/penilaian orang lain terhadap kepemimpinan Anda yang tidak Anda ketahui.

(Bersambung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here