7 Ormas  Bentuk “Forum Cinta Pancasila” untuk Merevitalisasi dan Membumikan Kembali Pancasila

0
245

 

Jakarta, Suarakristen.com

7 Organasisai Masyarakat (Ormas) sepakat membentuk Forum Cinta Pancasila dalam pertemuan yang diadakan di sebuah restoran di Jakarta Pusat, 20/9/2019.

Ke tujuh Ormas pembentuk Forum Cinta Pancasila itu adalah:
– Gerakan Kita Semua Bersaudara
– Relawan Medal Wangi
– Aliansi Kebangsaan Gotongroyong Indonesia (AKGI)
– Komite Relawan Nasional Indonesia (KORNI)
– Sahabat Nusantara
– Banteng Ketaton
– Perkumpulan Cendekiawan Protestan Indonesia (PCPI).

“Kami sepakat membentuk Forum Cinta Pancasila sebagai bentuk kesetiaan kepada bangsa dan negara,” ungkap Ibu Suryani Andi, Ketua Umum Relawan Medal Wangi.

Ketua Umum Sahabat Nusantara, Ir. La Ode Budi Utama mengatakan, “Kenapa radikalisme tumbuh subur? Karena kita ini sudah lama sekali tidak menaburkan benih-benih Pancasila di masyarakat. Terakhir di zaman Orde Baru. Setelah itu tidak ada lagi pendidikan masif tentang Pancasila.”

Hal senada disampaikan Dr. Basri B.K, Ketua Umum KORNI, “Nilai-nilai kebangsaan itu harus ditingkatkan lagi dalam kehidupan berbangsa. Saya terlibat dan menjadi pemimpin organisasi Relawan dengan alasan supaya nilai kebangsaan itu dapat disebarluaskan di seluruh Indonesia.”

Drs. Bambang Heru, S.E, Penasehat Relawan Banteng Ketaton mengungkapkan bahwa sejak mantan Ketua MPR Taufik Kiemas masih hidup, beliau telah wanti-wanti mengingatkan perlunya memperhatikan gerakan radikalisme yang bisa mengancam keutuhan bangsa.

Ketua Umum AKGI, John Nainggolan, S.Hut mengatakan, “Bangsa Indonesia berpotensi menjadi bangsa yang besar. Korea Selatan saja yang dulunya miskin bisa menjadi negara maju. Indonesia bisa lebih dari itu asal dasar negara Pancasila diperkuat.”

Hotben Lingga, M.Th, Sekjen PCPI mengusulkan nama Forum Cinta Pancasila dipakai sebagai nama perjuangan bersama dari 7 Ormas dalam membela dan memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Baca juga  RELAWAN JOKOWI SAMBUT INAGURASI PRESIDEN 20 OKTOBER DENGAN PARADE BUDAYA

Sedangkan Yerry Tawalujan, pendiri Gerakan Kita Semua Bersaudara dalam penjelasannya mengatakan:

“Saya sengaja mengundang rekan-rekan pemimpin Ormas berkumpul untuk membahas bagaimana kita bisa memperkuat nilai-nilai Pancasila sekaligus mendukung program-program pembangunan pemerintahan Presiden Jokowi dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, sejahtera, maju, dan harmonis dalam bingkai NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, nasionalisme dan UUD’45.”

“Kami sepakat membentuk Forum Cinta Pancasila ini. Ini bukan organisasi, tidak ada struktur kepemimpinan. Semua yang hadir adalah Pendiri forum ini.

Persatuan yang kami bangun berdasarkan kesamaan tujuan dan langkah taktis dilapangan, jelas Yerry Tawalujan.”
(20/9/2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here