Tampil Beda Dengan Jiwa Muda Yang Energik Memimpin IKBT

0
143

Jakarta, Suarakristen.com

 

Dalam pertemuan ibadah Ikatan Keluarga Besar Tugu (IKBT) sekaligus ditetapkannya pengurus baru Ikatan Keluarga Besar Tugu, masa kepengurusan periode 2019 – 2022.
Minggu (01/09/2019), dilaksanakan pertemuan perdana pengurus baru yang bertempat di rumah ketua terpilih Erna Abrahams dengan nama lengkap Kezia Ermestina Abrahams yang beralamat di Jalan Raya Tugu, Cilincing Jakarta Utara.

Walaupun di panas terik sengatan matahari karena hujan lama tidak membasahi bumi, khususnya Kampung Portugis Tugu, tetapi semangat anggota dengan pengurus IKBT yang baru terbentuk tidak pernah membuat surut perjuangan mereka dalam melestarikan budaya tugu yang sudah sejak ada tahun 1661, berarti sampai berita ini dimuat sudah berjalan kira-kira 358 tahun.

Ibadah berjalan dengan hikmat penuh sukacita, melalui penyampaian kotbahnya Pdt. Egbert Parasian Sihombing, S.Th,, M.Min, dengan menekankan pentingnya kebersamaan dan kesatuan hati dalam sebuah komunitas pasti menghadirkan pertolongan dan mujizat Allah bagi kerinduan bersama dalam melestarikan budaya Portuģis Tugu yang sudah ada sekian lama.

Pengumuman kepengurusan baru langsung diumumkan setelah berakhirnya ibadah. Dalam wawancara khusus dengan tokoh senior Ikatan Besar Keluarga Tugu Frenky Abrahams sekaligus penasehat menjelaskan, pahit getirnya tantangan yang dialami dalam mempertahankan komunitas tersebut.
Menurutnya, “Kami awalnya adalah keturunan Portugis Tugu yang dibuang kampung Tugu, dimulai tatkala orang-orang Portugis datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah, tetapi dari kota Malaka diasingkan oleh VOC Batavia lalu ditempatkan di sebuah kampung akhirnya yang kini dikenal dengan nama Kampung Portugis Tugu,” ungkapnya

Tetapi Allah tidak kekurangan cara melihat orang-orang yang berniat dan berhati baik, sehingga apa yang dicita-citakan dan diharapkan pasti terlaksana. Karena memang sesuai dengan kehendak Tuhan di bumi seperti di sorga suatu perkara yang mulia.

Baca juga  Wisechip Optimis Teknologi PMOLED Terus Berkembang

Sejalan dengan itu, Ketua Ikatan Keluar Besar Tugu Kezia Ermestina Abrahams dengan nada prihatin melihat apa yang sudah berjalan sudah lebih 3 ½ abad harus dilanjutkan. “Ini sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk meneruskan nilai-nilai yang baik dan bermanfaat bagi Komunitas Portugis Tugu, apalagi di dalamnya disertai ibadah berarti ada kehadiran Tuhan yang memberkati anggota, sehingga menjadi berkat bagi banyak orang sama dengan panggilan Abraham Bapa Iman orang percaya.

Selanjutnya Kezia Ermestina Abrahams mengatakan, “Peran serta generasi muda Kampung Portugis Tugu sangat diperlukan di masa sekarang ini, antara lain anak muda yang gigih, berjiwa ksatria sebagai anak-anak zaman now yang bisa tampil beda kreatif dan inovatif karena melalui komunitas inilah mereka turutserta mengisi cita-cita para patriot terdahulu menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” tegasnya.

Pantaslah Kezia Ermestina Abrahams terpilih menjadi ketua untuk priode ini, sebab mempunyai seorang sosok muda, cantik serta energik, juga memiliki rasa solidaritas yang tinggi. Ditambahkannya pula IKBT akan merangkul semua orang. Kezia Ermestina Abrahams juga mempunyai wawasan yang luas, briliant, care, mengasihi semua orang seperti hukum Kasih yang diajarkan Alkitab dan kitab suci lainnya.

Singkatnya jarang ditemukan di era sekarang ini sosok seperti Kezia. Ia tersenyum pertanda rasa syukurnya, menurutnya pilihan Ketua jatuh kepadanya semata karena Anugrah Tuhan. Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini, dengan mempelajari dan sesudah mengetahui secara jelas maksud dan tujuan dihadirkannya Ikatan Keluarga Besar Tugu, Pentingya diberikan support oleh masyarakat terutama pemerintah dalam hal ini, dalam mengupayakan pelestarian Budaya Portugis Tugu yang baik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang yang memperkaya budaya nasional.
(Fridris Jimson S, S.Th)

Baca juga  Kinerja Kemahasiswaan UPH Menempati Peringkat 34 Versi Belmawa Ristekdikti 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here