257 LULUSAN ITHB SIAP MERAIH KARIER GLOBAL DAN TURUT MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH INDONESIA

0
161

Bandung, Suarakristen.com

Di akhir bulan Agustus ini, Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) melakukan wisuda terhadap 257 sarjana baru. Upacara pelepasan sarjana tahun ini berlangsung dengan meriah dan berkesan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Sebanyak 88 wisudawan ITHB lulus dengan predikat Cum Laude. Melanjutkan prestasi kakak tingkat di tahun-tahun sebelumnya, sarjana ITHB tahun ini juga telah membuktikan bahwa lulusan ITHB sudah sukses berkarier global di jalur cepat. Sebanyak hampir 50% dari lulusan tahun ini telah mendapat pekerjaan di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional sebelum mereka diwisuda.

Acara wisuda ITHB 2019 dimeriahkan dengan iringan Tari Merak khas Jawa Barat yang selalu menunjukkan jiwa semangat dan kemeriahan. Pihak dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat-Banten pun hadir dan memberikan sambutan dalam Wisuda ITHB 2019. Menurut Ketua Panitia Wisuda, Eka Kurnia Asih Pakpahan, S.T., M.T., wisuda ITHB tahun ini merupakan bukti nyata bahwa setiap tahunnya selalu ada lulusan-lulusan terbaik yang tentunya selalu mengikuti perkembangan zaman serta dapat menjadi jawaban dari kebutuhan industri di era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Selaras dengan sudah masuknya zaman ke era revolusi industri 4.0, Bapak Dr. Ir. Ari Setiawan M.T., selaku Kepala Departemen Teknik Industri ITHB membawakan orasi ilmiah dengan judul “Penelitian Sistem Rantai Pasok dan Logistik Indonesia yang selaras dengan Industri 4.0 dan Society 5.0”.

Wisudawan Terbaik ITHB 2019 yaitu Gabriella Regina Wisastra dari Prodi Sistem Informasi lulus dengan IPK sempurna 4,00, ia pun memberikan pesan dan kesannya selama ia berkuliah di ITHB dengan penuh semangat dan ceria. Bukan hanya itu, Alumnus ITHB yaitu Reffly Maliangkay (lulusan Informatika 2012) yang kini telah bekerja di GOJEK sebagai Data Analyst Manager untuk Finance, Accounting, dan Tax, turut memberikan pesan dan kesannya selama kuliah hingga setelah lulus dari ITHB. Acara wisuda ITHB ini juga menjadi momen penting di mana semua mahasiswa baru ITHB mengucapkan janji mahasiswa serta menerima simbol perjuangan dari wisudawan ITHB 2019 yang bertuliskan “Post Proelia Praemia” yang berarti “After the battle comes the rewards.”

Baca juga  Menyambut HUT KE 61 NTT Di Meriahkan Dengan Berbagai Kesenian Daerah Dan Makanan Khas Daerah

Setelah pelepasan lulusan ITHB 2019 berlangsung dengan lancar dan meriah, ITHB bersama DANAdidik mengadakan konferensi pers dalam rangka kolaborasi antara ITHB dengan DANAdidik dalam mengkonversikan dana beasiswa menjadi pinjaman pendidikan.

Peluncuran program ini dilakukan agar dana beasiswa dapat terus bergulir dan dapat menjadi dana abadi pendidikan. Kolaborasi antara ITHB sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung bersama fintech (financial technology) ini menjadi yang pertama kali di Indonesia. Langkah inovatif ITHB mengkonversikan dana beasiswa menjadi pinjaman lunak pendidikan juga dilakukan sebagai bentuk pembelajaran pada mahasiswa agar dapat lebih mandiri mengelola dana kuliah.

“Program Dana Abadi Pelajar ini merupakan langkah awal kami bersama DANAdidik untuk mengurangi angka putus kuliah, terutama karena alasan finansial. Dengan mengubah dana
beasiswa menjadi pinjaman pendidikan, diharapkan peluang kuliah semakin terbuka lebar.” ujar Dr. Ir. Samuel Tarigan, MBA selaku Rektor Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Faktanya, tahun 2018 lalu jumlah mahasiswa di Indonesia hanya mencapai angka 7,5 juta orang. Sementara total penduduk usia 19 sampai 23 tahun (usia rata-rata mahasiswa) berjumlah 80 hingga 107 juta, artinya populasi yang mendapatkan layanan pendidikan tinggi baru mencapai sekitar 32,9 persen.

“Ini merupakan awal yang baik, kami ingin mewujudkan visi #SemuaBisaKuliah supaya semakin banyak lagi yang mendapatkan bantuan dana kuliah tanpa harus memiliki persyaratan dengan indeks nilai tertentu, seperti beasiswa. Dana pinjaman ini nantinya akan bergilir, tidak berhenti di satu orang saja seperti halnya dana beasiswa.” tambah Nurlaila Sari selaku kepala dari Divisi Marketing di DANAdidik.

Informasi lengkap mengenai Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) dapat dicek di link http://ithb.ac.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here