Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Ilmu Komunikasi Resmikan Laboratorium Komunikasi

0
161

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Setelah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Unversitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) terus berusaha memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik demi terciptanya sumber daya manusia unggulan masa depan. Salah satunya dengan meresmikan laboratorium praktik dengan fasilitas memadai di Kampus 3 BSD, Jumat (23/8). Laboratorium yang terletak di lantai 6 Gedung Anex ini terdiri dari laboratorium TV, laboratorium Radio, dan laboratorium Fotografi.

Sebelumya, laboratorium Radio sudah dapat digunakan untuk mendukung perkuliahan, secara umum sejak 2018. Disusul tahun 2019 ini, laboratorium Fotografi dan laboratorium TV sudah dapat mendukung proses pembelajaran.

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko, yang hadir sekaligus meresmikan laboratorium tersebut berharap fasilitas ini dapat menunjang pembelajaran serta menjadi sarana dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi.“Dengan adanya laboratorium komunikasi, maka lengkap menjadi fasilitas yang secara resmi dimiliki oleh Prodi Komunikasi. Oleh karena itu, kami akan meningkatkan performa yang lebih baik ke depan. Saya kira Prodi Komunikasi menjadi salah satu prodi unggulan di Unika Atma Jaya dan karena itu kita terus mengembangkan fasilitas dan kurikulum yang terus diperbarui,” kata Dr. A. Prasetyantoko.

Sebagai Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya, Dr. Dorien Kartikawangi menjelaskan bahwa laboratorium Komunikasi ini sebenarnya disiapkan sejak awal ketika rencana strategis pembukaan prodi itu dimulai. Jadi, laboratorium ini akan menjadi bagian yang kita siapkan untuk mendukung fasilitas belajar di prodi ilkom.

“Dengan memiliki tiga laboratorium ini tentu kita mengharapkan bahwa mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi bisa lebih memahami tentang media itu sendiri dan karakteristiknya. Kedepannya tidak hanya prodi ilmu komunikasi saja yang dapat menggunakan lab ini, tetapi prodi lain di Unika Atma Jaya bahkan masyarakat atau industri lain diluar Unika Atma Jaya,” jelas Dr. Dorien.

Baca juga  Seminar Nasional Hak Azasi Perempuan Dalam Negara Hukum Indonesia

Ucapan selamat pun datang dari salah satu praktisi PR dari BULOG, Benny Siga Butarbutar yang turut hadir dalam peresmian laboratorium Komunikasi.Ia berharap dengan dibangunnya fasilitas ini, dapat menjadi sebuah capaian dan tantangan untuk mempersiapkan mahasiswa unggul khususnya di dunia media.“Selamat kepada Prodi Ilmu Komunikasi. Ini salah satu caranya yaitu meningkatkan kapasitas sebagai salah satu program studi unggulan. Pembangunan lab merupakan salah satu syarat mutlak dan saya berharap ini akan menjadi sebuah “kawah candradimuka” yang menghasilkan mahasiswa yang berkualitas dan memiliki wawasan global,” ungkap Benny.

Harapannya Prodi Ilmu Komunikasi akan mendorong mahasiswa untuk berpikir strategis di era digital serta mempersiapkan menjadi pemimpin yang memiliki kemampuan. Tidak hanya dalam hal pengetahuan, melainkan juga kepribadian, dan kapasitas hard skill dan soft skills.

***

Tentang Unika Atma Jaya

Unika Atma Jaya yang berdiri tanggal 1 Juni 1960 kini memiliki 21 program studi sarjana (S1) dan 11 program Pasca Sarjana serta 4 Prodi Profesi.

Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (berdiri 1960), Fakultas Pendidikan dan Budaya (FPB) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002 sebagai fakultas teknobiologi pertama di Indonesia.

Program Pasca Sarjana:

Graduate School of Business and Economics: Magister Manajemen (MM), Magister Administrasi Bisnis (MABI), Magister Akuntansi (MAKSI) dan Magister Ekonomi Terapan (MET) dengan konsentrasi Ekonomi dan Perbankan (Risiko Keuangan).

Magister Bioteknologi, Magister Sains Psikologi, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik, Magister Teknik Elektro dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI),

Baca juga  Deklarasi Sentral Kristen Indonesia di Jakarta.

Program Doktor: Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) dan Psikologi

Program Profesi: Profesi Akuntansi, Profesi Psikologi, Profesi Dokter, dan Profesi Insinyur

Unika Atma Jaya saat ini sudah memiliki 3 lokasi kampus:

Kampus Semanggi sebagai Center for Nation Development (3,6 hektar)
Mengembangkan beragam kajian yang sangat relevan dengan sinergi Bisnis-Pemerintah-Masyarakat.

Kampus Pluit sebagai Center for Health Development (4,2 hektar)
Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran dan Farmasi yang unggul, berkualitas, dan bereputasi internasional melalui metode experiential learning hospital bersama Rumah Sakit Atma Jaya.

Kampus BSD sebagai Center for Human Development di BSD (20 hektar)
Berfokus pada pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa sebagai penerus bangsa.

Berbagai penghargaan diraih oleh Unika Atma Jaya. Tahun 2016 meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), menjadi salah satu dari Indonesian best 50 promising universities dengan prestasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang diakui secara nasional maupun internasional. Kampus peraih Standar Nasional Indonesia (SNI Award), Juara Umum PTS Bersih Narkoba 2014, predikat dari BNN dan Kemenpora. PTS Unggulan 2012 dan 2013 bidang Penjaminan Mutu, Budaya Akademik, Pembinaan Dosen Tetap, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, serta Pembinaan Mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here