PERTAMA KALINYA INDONESIA HADIR DI AJANG INTERNASIONAL MAISON ET OBJET DI PARIS

0
707

PERTAMA KALINYA INDONESIA HADIR DI AJANG INTERNASIONAL MAISON ET OBJET DI PARIS

Jakarta, Suarakristen.com

Pertama kalinya indonesia, melaluil Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), akan hadir di Maison et Objet, pameran dagang terbesar di bidang kriya dan desain interior di Eropa. Maison et Objet kali ini diselenggarakan pada 6-10 Oktober 2019 di Paris Nord Villepinte Exhibition Center, Paris, Prancis. Dalam partisipasinya yang pertama ini, Bekraf berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik indonesia (KBRI) untuk Prancis, merangkap Andorra, Monako dan UNESCO serta Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Bekraf memiliki komitmen untuk meningkatkan nilai ekspor produk ekraf lokal menuju pasar global. Hal ini diwujudkan melalui salah satu program besar bertajuk indonesia Creative Incorporated (CINC), sebuah program akselerasi yang mempersiapkan perluasan produk dan jasa kreatif ke luar negeri. Produk dan jasa kreatif yang siap dan lulus masuk ICINC adalah best of the best di subsektormya masing-masing dimana salah satu subprogram utuk subsektor kriya dan desain interior adalah IDentities yang membawahi pendukungan pada event Maison et Objet ini.

Pavillun Indonesia dalam gelaran Maison et Objet tahurn ini akan mengusung tema Tropical Lving yang menghadirkan 24 jenama lokal beserta produk unggulan mereka di bawah brand IDentities. 24 jenama lokal yang terpilih diantaranya adalah: AIEVL Design Studio, Alfath Kurmiadi, Budi Pradono, Djalin, Kayou, DuAnyam Threadapeutic, Bka Lving, Vivere., Rattan of Indonesia, Keratons, DUA Lighting. Kandura, Conture, Bermock, Nouvwerks, Juno Home, Roa, SPEDAGI, Super Rattan UMA Design, Sig, Moire Rugs dan Pala Nusantara.

“Keikutsertaan indoniesia dalam pameran Maison et Objet ini merupakan yang pertama kali selama 20 tahun sejak pameran itu dilaksanakan. Sebagai sebuah pameran yang paling bergengsi, Maison amat ketat dalam proses seleksi produk-produk yang akan dipamerkan.
“Tahun ini kita bersyukur indonesia berhasil masuk,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak.

Baca juga  LBH YLBHI: Hentikan Operasi Militer Ilegal dan Praktek Penyiksaan Warga Papua, Tangkap dan Adili Pelaku!

“Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dan Ketatnya proses kurasi yang dilakukan oleh Bekrat dengan dukungan
HDII.

Joshua menggarisbawahi target adanya transaksi dan market share yang harus dicapai sebagai ukuran kesuksesan keikutsertaan di pameran ini. Selain itu, la juga berharap agar dukungan Bekraf ini dapat menjadikan industri kriya tanah air semakin berkembang pesat dan mendapat tempal di pasar global.
Sementara itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako serta UNESCO Arrmanatha Christiawan Nasir, menyatakan bahwa Diplomasi ekonomi merupakan salan satu prioritas dalam
diplomasi indonesia, oleh Karena itu, KBRI secara terus menerus mencari peluang untuk meningkatkan akses pasar bagi produk ekspor Indonesia, yang salah satu diantaranya adalan produk ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif merupakan sektor yang memiliki peluang besar di Prancis, mengingat masyarakat Prancis memiliki cita rasa serta apresiasi seni yang tinggi, hal inilah yang mendasari KBRI Paris mendukung keikutsertaan Bekrat di Maison et Objet,” ujarmya.

Ketua Dewan Kurator, Francis Suryaseputera menjelaskan, “Dalam dunia kriya internasional, Indonesia belum dikenal sebagai penghasil produk dengan nilai desain tinggi. Padahal banyak sekall produk karya anak bangsa yang sangat bagus. Jadi tugas Kami sebagai Kurator adalah memilih produk yang tepat untuk pasar Eropa, khususnya Perancis yang dikenal sangat tinggi cita rasanya. Kami senang bahwa proses kurasi ini dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah kurasi yang berlaku,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua HDll Nasional Rohadi Sumardi menyatakan, HDII sangat bangga diberi kepercayaan oleh Bekraf untuk teribat dalam pameran ini.
Mason et Objet sendin adalah sebuah trade fair (pameran dagang) khusus untuk para profesional di bidang desain interior dan knya dengan fokus pada produk-produk keperluan rumah (furniture, pernak pemik rumah dl) yang diselenggarakan di Parc des Expositions de Paris Nord, Vilepinte, Paris, Perancis. Diadakan setiap bulan Januari dan September tiap tahun, Maison et Objet dianggap sebagai pameran paling penting di bidangnya di Eropa dan dunia. Pada partspasinya yang pertama ini Indonesia direncanakan untuk menempati Hall 64, Stand R10 S9, Hel’s Gate Acces L16 di sekior “Unique & Eclectic”.

Baca juga  DOA MENEGUHKAN IMAN

Pada gelaran Malson et Obet kali ini, pendukungan yang diakukan oleh Bekraf, KBRI Paris seta HDII adalah sewa lahan serta konstruksi pavliun. peryediaan kargo bagi produk-produk yang akan ditampilkan, promosi serta publikasi bagi produk-produk tersebut dan kegiatan bussiness meeting serta bussiness matching yang akan menghuburgkan para delegasi peserta dengan para buyers luar negeri yang hadir dalam event ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here