Rektor Melantik Mahasiswa Baru di Acara UPH Festival 2019

0
55

 

Jakarta, Suarakristen.com

Pagi ini, 14 Agustus 2019, Rektor UPH secara simbolis melantik mahasiswa baru UPH dalam acara UPH Festival. Tahun ini UPH menyambut 4.145 mahasiswa yang akan mulai belajar di seluruh kampus UPH : Lippo Village, Plaza Semanggi-Jakarta, Surabaya, dan Medan. Mahasiswa-mahasiswa baru ini tersebar dalam 13 fakultas dan 68 program studi. Tahun ini mahasiswa datang dari 34 provinsi di Indonesia Dan terdapat 195 mahasiswa berasal dari 30 negara, antara lain Australia, Belanda, Italia, Jerman, Cina, Filipina, Thailand, dan masih banyak negara lainnya.

UPH menawarkan pendidikan holistis transformatif untuk mempersiapkan lulusan yang tidak saja kompeten dalam keilmuan tetapi juga memiliki karakter yang baik, berlandaskan visi dan misi pengetahuan sejati, iman kepada Kristus dan karakter mulia. Hal tersebut ditanamkan kepada seluruh mahasiswa baru UPH sejak pertama memasuki dunia kampus.

Refleksi rohani menjadi awal persiapan mahasiswa untuk siap menjalani proses belajar di kampus UPH. Hal tersebut secara lugas disampaikan oleh Stephen Metcalfe, Direktur Sport Department UPH, yang sudah lebih dari 20 tahun terlibat dalam pembinaan mahasiswa khususnya di departemen sport.
Ia mendorong para masiswa untuk mau dibentuk dalam proses belajar. Untuk itu ada tiga hal penting yang harus dimiliki para mahasiswa, yaitu courage, integrity dan character. Pertama courage yaitu keberanian untuk mengambil resiko, dan berani menghadapi tantangan. Kedua, integrity yaitu mau melakukan hal yang benar. Caranya dengan meminta nasehat dari orang-orang yang berpengalaman, menganalisa ulang semua pemahaman yang dimiliki sebelum memasuki dunia kampus, dan terakhir mensinkronisasikan antara pikiran dan perasaan. Ketiga, character yaitu moral value yang anda miliki. Ini merupakan produk akhir dari integrity dan courage.Dengan ketiga hal ini mahasiswa diharapkan dapat menjadi lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan di UPH.

Baca juga  PCPI: Indonesia Berduka Kehilangan Putera Terbaik Bangsa Prof. Dr. BJ. Habibie

“Di kampus ini kalian akan menemui tantangan-tantangan berat. Memang harus begitu, karena saya ingin ketika kalian lulus dari sini, kalian menjadi pribadi yang berbeda dan mengalami transformasi,” tegasnya.

Sementara Rektor UPH, Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., menyuarakan visi yang seupa – beliau berpesan bagi mahasiswa baru untuk dapat menggunakan waktu belajar di UPH sebagai sarana pertumbuhan yang signifikan.

“Menjadi warga UPH berarti mengerti visi UPH. Disini, kita belajar ilmu yang sejati, bertumbuh dalam iman, serta memiliki karakter yang mulia. Anda akan dibentuk menjadi pemimpin profesional yang handal untuk membangun bangsa dan negara,” pesannya.

Bertumbuh dan bertransformasi – pesan ini memang selalu dikumandangkan kepada segenap mahasiswa UPH. Terutama pada tahun ini, bertepatan dengan Dies Natalis UPH yang ke-25, UPH juga memperbaharui komitmen untuk semakin menjadi pemain signifikan dalam perkembangan dan arah pertumbuhan Indonesia ke depannya. Hal ini diwujudkan dengan adanya pembelajaran yang holistis, yang berfokus pada pengalaman bekerja langsung di lapangan.

Setelah disambut melalui Convocation, mahasiswa baru akan melanjutkan rangkaian kegiatan UPH Festival melalui sesi Distinguished Guest Speaker, pengenalan fakultas dan program studi, Founders’ 5K Fun Run, serta penutupan UPH Festival pada tanggal 17 Agustus 2019 dengan performance Human Configuration yang meriah. Diharapkan UPH Festival ini dapat menjadi langkah awal yang dapat menggandeng mahasiswa baru menuju kehidupan kampus yang transformatif dan mencetak pemimpin-pemimpin pembentuk masa depan negara.

Universitas Pelita Harapan saat ini merupakan salah satu universitas Kristen Protestan yang paling berkembang pesat di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here