Ketua KPAI: Gerakan Pramuka, Pilar Revolusi Mental Mencetak Generasi Anti Hoax.

0
813

 

Jakarta, Suarakristen.com

Secara yuridis UU No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka menegaskan bahwa gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk pribadi yg beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai2 luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungam hidup.

Seiring dengan dinamisme teknologi dan informasi dewasa ini, hoax, fake news dan false news menjadi tantangan faktual. Produksi hoax, berita palsu dan bohong terus terjadi dan dishare ke berbagai media sosial. Meski ribuan berita hoax sdh diblokir oleh Kominfo namun masih terus bertumbuhan.
Fenomena ini memang tak lepas dari post truth, dimana kebenaran tdk lagi bersandar pada fakta melainkan emosi dan pandangan subyektif. Akibatnya tak sedikit masyarakat bahkan usia anak percaya terhadap berita viral tanpa memastikan kebenarannya. Jika anak tak memiliki kemampuan untuk menfilter berita maka kerentanan anak terpapar berita hoax sangat tinggi. Padahal hoax berdampak negatif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dapat melemahkan kualitas kepribadian anak bangsa.

Untuk menghadapi masalah ini sejatinya spirit gerakan pramuka dapat menjadi jawaban, jika gerakan pramuka mampu membumikan dasa darma pramuka dengan baik.

Sebut saja dasa darma pramuka yang ke 10 adalah suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Pribadi yang suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan dapat dipastikan ia tak akan memproduksi hoax, justru ia akan memproduksi informasi2 positif yang baik utk masyarakat. Ini merupakan nilai2 luhur dan luar biasa jika gerakan pramuka dapat terus dikembangkan.

Selamat Hari Pramuka ke 58. Semoga kualitas anak Indonesia ke depan semakin lebih baik.

Baca juga  Direktur Utama Jasa Raharja Hadiri Rakor Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni

Jakarta, 13 Agustus 2019
Ketua KPAI

Susanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here