TIDAK ADA JANJI YANG TIDAK TUHAN TEPATI

0
356

“Air Hidup”

Baca: 1 Raja-Raja 8:14-21

 

”Jadi TUHAN telah menepati janji yang telah diucapkan-Nya; aku telah bangkit menggantikan Daud, ayahku, dan telah duduk di atas takhta kerajaan Israel, seperti yang difirmankan TUHAN: aku telah mendirikan rumah ini untuk nama TUHAN, Allah Israel,”_ 1 Raja-Raja 8:20

Dalam kehidupan di dunia ini ada begitu banyak orang yang suka berjanji, tapi sangat jarang orang bisa menepati apa yang dijanjikan. Janji yang tidak ditepati atau diingkari pasti akan menimbulkan rasa kecewa. Seorang gadis kecewa berat terhadap pacarnya karena janji untuk dinikahi ternyata hanyalah janji palsu. Ini adalah salah satu contoh kekecewaan karena korban janji.

Bukan hal yang mengejutkan lagi bila manusia mudah sekali mengingkari apa yang telah dijanjikan. Oleh karena itu firman Tuhan mengajarkan kita untuk tidak berharap kepada manusia karena manusia memiliki banyak keterbatasan dan mudah sekali berubah. ”Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?”_ (Yesaya 2:22).

Sampai hari ini, sadar atau tidak, kita seringkali masih berharap dan terlena dengan janji-janji orang lain yang kita percayai dapat menolong: mungkin saja orang tersebut adalah orang kaya, teman dekat, saudara, orangtua, pemimpin rohani, atau orang yang berpangkat sekalipun. Berhentilah berharap kepada manusia dan mengandalkannya, sebelum Saudara mengalami kekecewaan.

”Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.”_ (Yesaya 31:1).

Bersyukurlah bila saat ini kita mengalami kekecewaan karena janji-janji manusia. Terkadang hal ini Tuhan ijinkan memberi pelajaran berharga kepada kita dan supaya mata rohani kita terbuka, bahwa menaruh pengharapan kepada manusia hanya akan berujung kepada kekecewaan.

Baca juga  Doakan Jokowi-Kyai Ma'ruf Amin Sukses Memimpin NKRI; Perkumpulan Cendekiawan Protestan Indonesia (PCPI) Nyatakan Siap Berkontribusi Maksimal dalam Pembangunan SDM dan Kesejahteraan Bangsa

Berharaplah hanya kepada Tuhan dan andalkan Dia saja dalam segala hal, sebab Tuhan adalah Pribadi yang tidak pernah mengecewakan. Apa yang Tuhan janjikan pasti akan ditepati-Nya.

*”Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya.”_ Mazmur 25:10.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here