Tak Sekalipun Tuhan Ingkar Janji (2)

0
429

 

Bacaan Alkitab: Bilangan 24:1-9

“Allah, yang membawa mereka keluar dari Mesir, adalah bagi mereka seperti tanduk kekuatan lembu hutan. Bangsa-bangsa yang menjadi lawannya akan ditelannya habis, dan tulang-tulang mereka akan dihancurkannya dan akan ditembaknya tembus dengan panah-panahnya.” (Bilangan 24:8)

Tuhan telah berfirman, “Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah akan terjadi, dan seperti yang Kurancang, demikianlah akan terlaksana:” (Yesaya 14:24), dan “TUHAN semesta alam telah merancang, siapakah yang dapat menggagalkannya? Tangan-Nya telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kembali?” (Yesaya 14:27).

Bileam yang pekerjaannya melakukan tenung dibuat Tuhan tak berdaya. Ia yang biasanya tergiur dengan upah kini bisa berkata, “Sekalipun Balak memberikan kepadaku emas dan perak seistana penuh, aku tidak akan sanggup melanggar titah TUHAN dengan berbuat baik atau jahat atas kemauanku sendiri; apa yang akan difirmankan TUHAN, itulah yang akan kukatakan.” (Bilangan 24:13). Bahkan Tuhan sanggup memakai keledai untuk memperingatkan dan menegur Bileam! Jadi, akhirnya yang keluar dari mulutnya adalah perkataan berkat atas Israel. Dengan kata lain bangsa Israel pun diluputkan dari kutuk yang diinginkan oleh raja Moab itu.

Pula, rancangan Tuhan atas hidup orang percaya adalah rancangan damai sejahtera dan masa depan penuh harapan (baca Yeremia 29:11) dan Ia berjanji akan memberkati, memelihara, melindungi dan menyertai kita, asalkan kita senantiasa tinggal di dalam firman-Nya. Jika kita belum mengalami penggenapan janji Tuhan bukan berarti Tuhan ingkar atau lalai menggenapi janji-Nya. Tetaplah tekun dan setia mengerjakan apa yang menjadi bagian kita, sebab Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya.

Tidak ada kuasa mana pun yang dapat menghalangi berkat Tuhan datang kepada kita. “…apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.” (Wahyu 3:7). Sekalipun kita berada di situasi-situasi sulit, sekalipun di sekeliling ada orang-orang yang ingin mencelakai kita, asalkan kita tetap berada di jalan Tuhan, Tuhan pasti akan membela, melindungi dan memelihara kehidupan kita.

Baca juga  Citra dan Esensi Pelantikan Presiden

“Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.” (Mazmur 12:7)
(renungan&ilustrasikristen)

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here