R. Haidar Alwi: Budaya Nasional Harus Tetap Berdaulat dan Menjadi Tuan Rumah di Negara Indonesia

0
126

Jakarta, Suarakristen.com

 

“Negara Indonesia yang kita cintai merupakan negara yang mempunyai aneka ragam budaya dan adat istiadat. Keanekaragaman budaya dan adat inilah yang telah merekatkan, menyatukan dan membesarkan Indonesia, menjadi negara harmonis hingga saat ini. Kekayaan adat istiadat dan budaya nusantara yang cinta damai, menghormati keberagamaan ini terbukti mampu menjadi penyangga bangsa dan menjadi filter atas masuknya berbagai macam ideologi-ideologi dari luar. Budaya nusantara dan adat istiadat nusantara telah merekatkan hubungan antar anak bangsa, suku dan pelbagai entitas bangsa.Adat istiadat  dan budaya nusantata terbukti  dapat  menjaga keharmonisan masyarakat Indonesia dan menjauhi friksi-friksi.”demikian disampaikakan R. Haidar Alwi, tokoh nasional pejuang pluralisme, nasionalisme dan  Pembina Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) yang menghimpun 800 lebih  organ pro Jokowi-Ma’ruf Amin, dalam acara Festival Budaya dan Adat Nusantara, di Lapangan Banteng, Jakarta (28/7/19)

“Kebudayaan nusantara yang sudah terbukti mampu menciptakan harmoni sosial, kerukunan dan toleransi yang luar biasa selama ratusan tahun di nusantara ini harus terus kita lestarikan dan kembangkan sebagai spirit persatuan, kesatuan dan kerukunan bangsa. Kebudayaan nusantara harus berdaulat dan menjadi tuan rumah di negara kita Indonesia

Tegas Haidar Alwi lagi, “Seluruh komponen bangsa  harus yakin bahwa ideologi Pancasila itu merupakan ideologi yang terbaik  dan merupakan satu-satunya ideologi yang dapat merekatkan dan mempersatukan keragaman dan perbedaan yang ada di Indonesia yang memiliki banyak suku etnis, suku, budaya dan agama.”

Ungkap Haidar Alwi lebih lanjut,”Pancasila terbukti mampu membentengi masyarakat Indonesia dari perpecahan dan konflik.Tanpa Pancasila Indonesia akan retak dan mundur . Hanya Ideologi Pancasilalah yang bisa mempertemukan banyak perbedaan yang ada di Indonesia ini menjadi persamaan dan kesamaan untuk merekatkan bangsa ini. Karena itu, melalui festival kebudayaan nasional dan adat istiadat nusantara ini kita ingin menolak paham radikal dan radikalisme. Kita harus memperkuat kebudayaan nasional untuk melawan dan menangkal paham-paham dan ideologi radikalisme. Kebudayaan nasional adalah kekuatan bangsa Indonesia”.

Baca juga  Pengusaha Nasional Tomy Winata: Saya Membeli Cessie ini Untuk Menghindari Permasalahan yang Dapat Menganggu Kepercayaan Investor Lokal Atau Asing

Haidar Alwi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu membangun Indonesia dan mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk kejayaan Indonesia, khususnya dalam memperkuat Ideologi Pancasila dan melawan radikalisme dan intoleransi.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here