Memiliki Karakter Kristus

0
123

Oleh: Stefanus Wiji Suratno

Matius 11:28-30 (TB) Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.”

 

Melihat karakter seseorang itu ibarat melihat Gunung Es. Banyak kapal-kapal besar yang hancur karena menabrak gunung es. Gunung Es itu lerlihat kecil tetapi setelah dekat luar biasa besarnya. Karena itu sama dengan karakter yang terlihat sama yang didalam berbeda sekali. Tuhan Yesus mengajarkan karakter yang baik melalui diriNya yaitu :

1. Lemah lembut :

A. Orang yang lemah lembut itu umumnya memiliki kesabaran yang tinggi. Orang yang sabar itu melebihi dari seorang pahlawan ( Amsal 16 : 32 ). Sabar akan mencegah kesalahan kesalahan yang lebih besar ( Amsal 10 : 4 ). Orang yang sabar itu pengertiannya luar biasa sehingga mencegah pertengkaran dengan sesama manusia ( Amsal 14 : 30 ). Suami isteri yang sering bertengkar karena salah satu penuh emosi maka pasangan nya harus bisa sabar sehingga tidak terjadi pertengkaran.

B. Orang yang lemah lembut penuh rasa saling mengasihi seperti yang Tuhan Yesus perintahkan. ( Yohanes 13 : 34-35 ). Kita wajib untuk saling mengasihi baik dengan saudara kandung maupun saudara dalam Tuhan ( I Yohanes 3 : 11 ). Kasih itu berasal dari Allah ( I Yohanes 4 : 7-8 ).

C. Orang yang lemah lembut umumnya murah hati. Kita harus murah hati seperti Bapa di sorga ( Lukas 6 : 36 ). Kita memohon hikmat Allah untuk memiliki karakter yang murah hati ( Yakobus 1 : 5 ).

D. Orang yang lemah lembut umumnya memiliki iman yang teguh sehingga ia percaya bahwa yang dilakukan sesuai dengan yang Tuhan kehendaki yaitu percaya dan tidak bimbang ( Yakobus 1 : 6-7 ).

Baca juga  Ketua KPAI: Gerakan Pramuka, Pilar Revolusi Mental Mencetak Generasi Anti Hoax.

II. Rendah hati :
Tuhan Yesus sangat rendah hati karena demi dosa manusia Dia rela turun kedunia dan disalib bersama orang-orang berdosa sehingga Tuhan mempermuliakan nama diatas segala nama ( Filipi 2 : 1-11 ).

A. Orang yang rendah hati selalu memiliki sifat yang jujur. Allah menjadikan orang jujur di hatinya tetapi manusia selalu mencari dalih ( Pengkhotbah 7 : 29 ). Orang yang takut akan Tuhan selalu jujur ( Amsal 14 : 2 ). Rumah orang fasik akan musnah tetapi rumah orang jujur akan mekar ( Amsal 14 : 11 ).

B. Orang yang rendah hati tidak memiliki rasa kuatir karena dia percaya bahwa Tuhan selalu menyediakan ( Matius 6 : 33-34 ). Karena segala sesuatu selalu ia bersandar pada Tuhan maka dia selalu penuh ucapan syukur ( Filipi 4 : 6 ).

C. Orang yang rendah hati memiliki sifat yang berani karena benar maka tidak pernah merasa takut dan gentar kepada siapapun ( Matius 10 : 28 ). Ibarat kertas putih mau bicara apapu dia tidak pernah takut karena yang dikatakan semua sesuai Firman Allah . Percaya pada Allah adalah kekuatannya ( Ibrani 13 : 6 ).
Semoga renungan singkat ini kita bisa mengikuti karakter Kristus yaitu Lemah lembut dan rendah hati.

Kesimpulan dan Doa :
Kiranya Karakter Kristus dapat kita ikuti sehingga kita akan seperti Kristus yaitu dicintai Allah dan manusia sepanjang hidupNya.

Salam kasih
Stefanus Wiji Suratno
Harvest International Theological Seminary
Dosen Program Doktor Theology and Ministry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here