DBS Dinobatkan sebagai Bank Terbaik di Dunia oleh majalah Euromoney

0
257

 

Bank pertama di dunia yang memperoleh tiga penghargaan sekaligus sebagai bank terbaik di dunia

SINGAPURA, 11 Juli 2019 –

DBS menjadi bank pertama yang meraih tiga penghargaan sekaligus sebagai bank terbaik di dunia, sebuah pencapaian tak tertandingi secara global. Pencapaian ini diraih setelah DBS dinobatkan sebagai Bank Terbaik di Dunia (“World’s Best Bank”) oleh publikasi keuangan global terkemuka, Euromoney, di ajang Awards for Excellence 2019. Selain itu, DBS juga memperoleh penghargaan sebagai Bank Terbaik di Dunia (“Best Bank in the World”) dari Global Finance pada Agustus 2018 dan Bank Terbaik Tahun Ini dan di Dunia (“Bank of the Year-Global”) dari The Banker pada November 2018.

Ini adalah kali pertama sebuah bank berbasis di Asia dinobatkan sebagai “World’s Best Bank” oleh Euromoney sejak penghargaan tersebut digelar pada 1993. Sebelumnya, penghargaan untuk kategori sama diraih oleh Bank of America, BNP Paribas, Citi dan UBS. DBS juga dinobatkan sebagai Bank Terbaik di Asia dan Bank Terbaik di Singapura di ajang Awards for Excellence tahun ini.

Clive Horwood, editor Euromoney, mengatakan, “DBS terpilih untuk menerima penghargaan kami karena DBS mewakili kepercayaan kami mengenai bagaimana seharusnya sebuah bank bekerja pada masa kini. Tidak ada lembaga lain yang telah bekerja begitu keras untuk menerapkan dan memimpin disrupsi digital. Saat beberapa bank hanya mendemonstrasikan kemampuan teknologi yang mereka miliki melalui pembuatan aplikasi mengesankan, DBS melakukannya dengan melekatkan inovasi digital dalam segala aktivitas perbankan -dengan dampak positif nyata bagi keuntungan perusahaan. Bank DBS telah mencapai hal ini dengan fokus jelas dan berkelanjutan, mengukuhkan posisi produk dan jasanya di dunia untuk tahun-tahun mendatang.”

Baca juga  The 3rd Indonesia Circular Economy Forum: Uni Eropa dan Indonesia Bekerjasama untuk Ekonomi Sirkulary yang berkelanjutan

Piyush Gupta, DBS CEO, mengatakan, “Kami merasa terhormat atas pengakuan Euromoney sebagai Bank Terbaik di Dunia. Dengan penghargaan ini, kami menjadi bank pertama yang memegang tiga penghargaan bergengsi sebagai bank terbaik di dunia. Prestasi ini menggarisbawahi pengakuan luas atas kepemimpinan kami dalam mendefinisikan masa depan dunia perbankan, serta komitmen kami untuk selalu menyajikan lebih dari sekadar layanan perbankan untuk menciptakan masa depan lebih berkelanjutan.”

Upaya transformasi digital DBS -yang diakui secara luas sebagai salah satu yang paling komprehensif- terus menuai hasil. Pada akhir 2018, Bank DBS memperoleh laba atas ekuitas sebesar 12,1%, nilai tertinggi di antara bank negara maju lain. Lebih dari 80% sistem terbuka milik DBS telah cloud-ready; platform API Bank DBS memiliki lebih dari 350 API, dengan tim pengembang bisnis dan teknologi sebagai co-drivers di 33 platform dan lebih dari 10.000 karyawan terlatih dalam kurikulum berbasis data.

Bank DBS juga memanfaatkan kekuatan digitalnya untuk memajukan agenda pembangunan berkelanjutan, dengan inovasi yang ditujukan untuk mempromosikan inklusi keuangan serta melipatgandakan dampak sosialnya. Bank DBS meluncurkan HeveaConnect, sebuah pasar digital untuk komoditas karet yang dibudidayakan secara berkelanjutan, dan terus mengembangkan layanan khusus untuk perangkat mobile (mobile-only offering), digibank, di India dan Indonesia, serta membuka akses untuk layanan perbankan agar mampu menjangkau dan memperoleh lebih banyak pelanggan di kedua pasar tersebut.

Di bidang pengembangan pembiayaan berkelanjutan, DBS menyediakan pinjaman untuk usaha ramah lingkungan (green loans), pinjaman yang dikaitkan dengan kinerja berkelanjutan (performance-linked loans) serta pembiayaan bagi energi terbarukan, yang mencapai lebih dari 2,4 miliar dolar Singapura pada tahun 2018. Tahun ini, Bank DBS telah menandatangani perjanjian pemberian pinjaman dana terkait program pembangunan berkelanjutan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan Chew’s Agriculture, produsen telur terkemuka di Singapura, serta pemberian pinjaman berkelanjutan pertama di Taiwan kepada produsen elektronik, AU Optronics.

Baca juga  Estee Lauder - Pink Pop-up Market: Cuci Mata sambil Dukung Kesadaran Deteksi Dini Kanker Payudara

DBS adalah bank pertama di Asia Tenggara yang dimasukkan ke dalam Indeks Berkelanjutan Dow Jones untuk Asia-Pasifik (Dow Jones Sustainability Index Asia-Pacific), serta menjadi bank pertama di Singapura yang menjadi anggota FTSE4Good Global Index. Sejak 2018, Bank DBS juga diikutsertakan dalam Indeks Kesetaraan Gender Bloomberg (Bloomberg Gender-Equality Index).

[END]

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit “AA-” dan “Aa1” bank termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS telah dinobatkan sebagai “Best Bank in The World” oleh Euromoney, “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. Bank ini berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, diberi nama “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah diberikan penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2018.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan ini. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Baca juga  Jokowi Resmi Buka IIW, KI dan Intertraffic Indonesia 2019

Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 27.000 karyawan kami, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here