Gandeng Wirausaha Sosial dan Komunitas, Bank DBS Indonesia Prakarsai Gerakan Recycle more, Waste less

0
86

Gandeng Wirausaha Sosial dan Komunitas, Bank DBS Indonesia Prakarsai Gerakan Recycle more, Waste less

Dukung Pemerintah Wujudkan Indonesia Bersih Sampah 2025, Bank DBS Indonesia Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Jakarta, Suarakristen.com

 

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) menjelaskan bahwa pada tahun 2019, sampah di Indonesia diperkirakan akan mencapai 68 juta ton, dengan 9,52 ton diantaranya merupakan sampah plastik. KLHK menargetkan pengurangan sampah Indonesia sebesar 30 persen pada tahun 2025. Dalam upaya mendukung misi tersebut, Bank DBS Indonesia memprakarsai gerakan Recycle more, Waste less yang bertujuan untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan khususnya kepada masyarakat Indonesia.

Gerakan yang merupakan perpanjangan dari misi perusahaan Live more, Bank less ini diharapkan dapat membawa perubahan pola hidup dimulai dari kebiasaan sehari-hari seperti mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam hingga kebiasaan membuang makanan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh KLHK, komposisi sampah sisa makanan di Indonesia menjadi yang paling tinggi yaitu sebesar 44 persen dalam komposisi sampah nasional sepanjang 2018, sementara plastik menjadi penyumbang sampah terbesar di dunia dengan persentase 15 persen. Oleh karena itu, Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan para mitra yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF-Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop untuk dapat menggaet masyarakat khususnya milenial turut berpartisipasi dalam gerakan ini.

“Kami bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia karena seiring dengan misi kami untuk memberikan layanan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab untuk Indonesia bebas sampah. Kami juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menindaklanjuti laporan penumpukan sampah ilegal. Melalui gerakan Recycle more, Waste less masyarakat dapat dengan mudah melaporkan penumpukan sampah di sekitar mereka dengan mengambil foto, unggah di media sosial mereka lalu tag lokasi dan akun kami serta Bank DBS Indonesia,” ujar Muhammad Bijaksana Junerasano, Founder Waste4Change.

Baca juga  Mendadak Rajin Latihan Tinju, Ada Apa Dengan Marcell?

“Sebagai organisasi konservasi yang mendukung kelestarian dan keberlanjutan, WWF-Indonesia terus berusaha untuk menjaga, mengelola dan merestorasi ekosistem berikut keanekaragaman hayati yang berada di bentang alam daratan dan lautan Indonesia, demi memajukan kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. Salah satu upaya itu dilakukan melalui dukungan terhadap gerakan Recycle more, Waste less yang diprakarsai oleh Bank DBS Indonesia. Hal ini sejalan dengan pendekatan WWF-Indonesia di mana gerakan kampanye penyadartahuan dan perubahan perilaku yang ramah lingkungan, terutama di kalangan generasi muda, menjadi bagian integral dari strategi besar konservasi, edukasi dan advokasi WWF-Indonesia,” kata Imam Musthofa, Direktur Kelautan dan Perikanan WWF-Indonesia.

Sementara itu, David Christian, Founder Evoware menambahkan, “Kami sangat mendukung gerakan Recycle more, Waste less sebagaimana tujuan kami hadir menjadi solusi ramah lingkungan untuk masalah limbah plastik dengan meningkatkan gaya hidup ramah lingkungan dan memberikan nilai inovatif bagi masyarakat perkotaan. Melalui produk-produk Evoware, manusia berevolusi menjadi lebih dekat dengan alam dan menjalani kehidupan yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.”

Dalam mewujudkan lingkungan bersih sampah, masyarakat dapat berpartisipasi dengan cara pledging di microsite Bank DBS Indonesia, go.dbs.com/id-rmwl, yang akan langsung terhubung ke media sosial masing-masing. Setiap satu dukungan atau pledging akan dihargai senilai Rp1.000,00. Dana yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk mendukung program edukasi dan pengentasan masalah sampah di Indonesia. Dukungan dapat dilakukan dengan menekan pilihan ‘Dukung Sekarang’ yang juga akan terhubung langsung dengan media sosial pendukung dalam bentuk pledging.

Masyarakat juga dapat memilih dan mengunduh foto untuk memberikan atau pledging pada microsite kemudian mengunggah template ke media sosial yang dimiliki beserta pesan kebaikan yang tertera pada microsite dengan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025, dan membagikannya kepada tiga teman. Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah mengunggah foto kreasi masing-masing dengan ketentuan yang sama dengan cara kedua. Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 10.000 dukungan masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pledging Recycle more, Waste less sejak fase pertama dijalankan pada April 2019. Angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan berjalannya fase kedua dari gerakan Recycle more, Waste less.

Baca juga  3 Teknologi Kedokteran Gigi ini Pikat Peserta Konferensi IDEC 2019

“Sebagai institusi perbankan kami ingin mendukung program pemerintah yaitu Indonesia Bersih Sampah 2025 dengan menginisiasi sebuah program peduli lingkungan yang berkelanjutan bernama Recycle more, Waste less untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan kepada masyarakat Indonesia dan bagaimana kita bisa mengambil langkah nyata dan membuat perubahan. Setelah berhasil mengumpulkan lebih dari 10.000 pledging pada fase pertama dengan kerja sama beberapa komunitas dan wirausaha sosial, kami juga akan bekerja sama dengan merchant partner pada fase kedua untuk dapat menyasar lebih banyak masyarakat dengan tujuan menyuarakan gaya hidup yang fokus kepada pengurangan kontribusi sampah dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Mona Monika, Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia sebagaimana komitmen kami untuk menyediakan produk ramah lingkungan yang terjangkau bagi masyarakat sehingga gerakan Recycle more, Waste less dapat dengan mudah diikuti oleh siapa saja. Bersama Bank DBS Indonesia, kami ingin mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup yang peduli lingkungan dan menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab dalam mengonsumsi serta menghindari pengunaan barang-barang sekali pakai,” ujar Denia Isetianti Permata, Founder Cleanomic.

Fase kedua dari gerakan Recycle more, Waste less akan dimulai dari 5 Juli 2019 hingga 30 September 2019. Pada fase kedua ini, Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan beberapa retail chain seperti Mall Kota Kasablanka, Krispy Kreme, Cinema XXI & Premiere XXI dan All Fresh. “Perubahan tidaklah semata-mata dimulai dengan sesuatu yang besar dan menyulitkan tetapi juga dapat dilakukan dengan mulai melakukan kebaikan dan mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit sehingga tentunya dampaknya pun akan terasa di kemudian hari dalam jangka panjang, hal tersebut tentunya sebagai bukti aplikasi atas janji kami Live more, Bank less,” tutup Mona Monika.

Baca juga  Optimalkan Perkembangan Wirausaha Sosial dan UKM, Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

###

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit “AA-” dan “Aa1” bank termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS telah dinobatkan sebagai “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. Bank ini berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, diberi nama “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah diberikan penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2018. DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan ini. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia. Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 27.000 karyawan kami, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here