KEHIDUPAN YANG PENUH DENGAN ROH KUDUS

0
93

1 Tawarikh 15-16

 

1 Tawarikh 15: 1 Daud membuat bagi dirinya gedung-gedung di kota Daud, lalu ia menyiapkan tempat bagi tabut Allah dan membentangkan kemah untuk itu.

Meskipun Daud sudah menjadi raja dan kehidupannya sudah sangat diberkati, sehingga Daud dapat membuat gedung-gedung bagi dirinya, karena sebelum menjadi raja, bertahun-tahun Daud selalu mengembara berpindah pindah tempat sebab dikejar kejar oleh Saul, tetapi *Daud TIDAK MELUPAKAN Tuhan,* hatinya begitu sangat mengasihi Tuhan.

Oleh karena itu Daud menyiapkan tempat bagi Tabut Allah, membentangkan kemah itu dan menyiapkan proses pemindahan Tabut Allah dari rumah Obed-Edom ke kota Daud, inilah yang dilakukan oleh Daud untuk memindahkan dan membawa Tabut Allah tersebut :

*• HANYA IMAM LEWI YANG BOLEH MENGANGKAT TABUT ALLAH.*

1 Tawarikh 15: 2 Ketika itu berkatalah Daud: “Janganlah ada yang mengangkat tabut Allah selain dari orang Lewi, sebab merekalah yang dipilih TUHAN untuk mengangkat tabut TUHAN dan untuk menyelenggarakannya sampai selama-lamanya.”

*• MEMINTA PETUNJUK TUHAN, SEHINGGA TIDAK MENGULANG KEMBALI KESALAHAN YANG DILAKUKAN UZA.*

1 Tawarikh 15: 12-13 dan berkata kepada mereka: “Hai kamu ini, para kepala puak dari orang Lewi, kuduskanlah dirimu, kamu ini dan saudara-saudara sepuakmu, supaya kamu mengangkut tabut TUHAN, Allah Israel, ke tempat yang telah kusiapkan untuk itu. Sebab oleh karena pada pertama kali kamu tidak hadir, maka TUHAN, Allah kita, telah menyambar di tengah-tengah kita, sebab tidak meminta petunjuk-Nya seperti seharusnya.”

*• MEMERINTAHKAN PARA IMAM LEWI UNTUK MENGUDUSKAN DIRINYA SEBELUM MENGANGKUT TABUT ALLAH.*

1 Tawarikh 15: 14 Jadi para imam dan orang-orang Lewi menguduskan dirinya untuk mengangkut tabut TUHAN, Allah Israel.

*• IMAM LEWI MENGANGKAT TABUT ALLAH, DENGAN CARA SEPERTI YANG DIPERINTAHKAN MUSA DAN SESUAI DENGAN FIRMAN TUHAN.*

Baca juga  Pidato Presiden Terpilih Joko Widodo : “Visi Indonesia”

1 Tawarikh 15: 15 Kemudian bani Lewi mengangkat tabut Allah itu dengan gandar pengusung di atas bahu mereka, seperti yang diperintahkan Musa, sesuai dengan firman TUHAN.

*• MEMERINTAHKAN PARA PENYANYI IMAM LEWI UNTUK MEMPERDENGARKAN DENGAN NYARING LAGU LAGU GEMBIRA DENGAN DIIRING ALAT-ALAT MUSIK.*

1 Tawarikh 15: 16 Daud memerintahkan para kepala orang Lewi itu, supaya mereka menyuruh berdiri saudara-saudara sepuak mereka, yakni para penyanyi, dengan membawa alat-alat musik seperti gambus, kecapi dan ceracap, untuk memperdengarkan dengan nyaring lagu-lagu gembira.

*• MEMIMPIN PROSES PENGANGKUTAN TABUT ALLAH DENGAN SUKACITA.*

1 Tawarikh 15: 25 Maka Daud dan para tua-tua Israel dan para pemimpin pasukan seribu pergi untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN itu dari rumah Obed-Edom dengan sukacita.

*• MEMAKAI BAJU EFOD DAN KAIN LENAN HALUS IMAM, SUPAYA DAUD DAPAT MENGANGKAT TABUT ALLAH BERSAMA DENGAN PARA IMAM.*

1 Tawarikh 15: 27 Daud memakai jubah dari kain lenan halus, juga segala orang Lewi yang mengangkat tabut itu dan para penyanyi, dan Kenanya yang mengepalai pengangkutan dan para penyanyi. Daud juga memakai baju efod dari kain lenan.

*• MENGIRINGI PROSES PENGANGKUTAN TABUT ALLAH DENGAN BERNYANYI, BERSORAK, BERSUKACITA, MELOMPAT-LOMPAT DAN MENARI-NARI.*

1 Tawarikh 15: 28 Seluruh orang Israel mengangkut tabut perjanjian TUHAN itu dengan diiringi sorak dan bunyi sangkakala, nafiri dan ceracap, sambil memperdengarkan permainan gambus dan kecapi. Ketika tabut perjanjian TUHAN itu sampai ke kota Daud, maka Mikhal, anak perempuan Saul, menjenguk dari jendela, lalu melihat raja Daud melompat-lompat dan menari-nari. Sebab itu ia memandang rendah Daud dalam hatinya.

Tuhan berkenan dengan pujian, sorak-sorai, tarian dan sukacita yang dilakukan oleh Daud, para Imam Lewi, para Tua-Tua Israel dan orang orang Israel yang bersama mengikuti proses pengangkutan Tabut Allah, sehingga akhirnya Tabut Allah berhasil dipindahkan dan dibawa dari rumah Obed-Edom kekota Daud tanpa mengalami masalah seperti yang terjadi sebelumnya ketika Uza mati karena tangannya memegang Tabut Allah, sebab Daud dan para Imam Lewi mengangkut Tabut Allah dengan cara yang benar dan yang berkenan di hati Tuhan.

Baca juga  SUKACITA KARENA DIANGGAP LAYAK MENDERITA BAGI YESUS

Efesus 5: 18b-20 Tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.

Demikian juga dengan kita, di dalam Kristus kita adalah Bait Allah, Bait Roh Kudus dan Tabut Allah itu SUDAH ADA DI DALAM KITA, oleh karena itu biarlah kita MEMBANGUN dan MENGHIDUPI hidup yang berkenan dihati Tuhan, yaitu selalu penuh dengan ROH dengan kita selalu berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian, nyanyian rohani, bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati dan mengucap syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.

Merenungkan Firman Tuhan :
Bayangkan dan imajinasikan terus kebenaran Firman Tuhan ini, bahwa kita penuh dengan Roh, sehingga oleh anugerah Tuhan Roh Kudus menolong, memampukan dan membawa kita untuk mengalir dalam mazmur, kidung puji-pujian, nyanyian rohani dan ucapan syukur.

Mendeklarasikan Firman Tuhan :
Puji Tuhan ! Di dalam Kristus kami adalah Bait Allah, Bait Roh Kudus, Tabut Allah sudah ada didalam kami dan Roh Kudus penuh di dalam kami ! Oleh anugerah Tuhan Roh Kudus menolong dan memampukan kami untuk kami dapat membangun dan menghidupi hidup yang berkenan dan yang menyenangkan hati Tuhan, yaitu hidup yang selalu penuh dengan Roh, oleh karena itu kami selalu: berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian, nyanyian rohani, bernyanyi, bersukacita, bersorak sorai bagi Tuhan dengan segenap hati dan mengucap syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kami yang baik ! Grace 3x !

Baca juga  Enam Keluarga Pasien di Puskesmas Kecamatan Koja Terima ‘Si Dukun 3 in 1’

Hidup penuh dengan Roh Kudus adalah kehidupan yang mengalir dalam mazmur, kidung puji-pujian, nyanyian rohani dan ucapan syukur ! Have a blessed day ! Gbu all. AM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here