Hormatilah Kedua Orangtuamu

0
1965

Oleh: Stefanus Wiji Suratno

Efesus 6:1-3 (TB) Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.
Hormatilah ayahmu dan ibumu — ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini:
supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Pada 10 hukum Allah tercatat hormatilah ayah ibumu ( Keluaran 20 : 12 ). Supaya engkau panjang umurmu di bumi. Dalam 10 hukum Allah oleh Tuhan Yesus diringkas menjadi 2 yaitu hukum kasih pertama kasih terhadap Allah dan yang kedua kasih terhadap sesama manusia ( Matius 22 : 37-40 ). Tuhan menempatkan kasih terhadap ayah dan ibu menjadi prioritas pertama dalam kasih secara horizontal. Karena ada rahasia penting dalam kasih terhadap ayah ibu yaitu rahasia hidup bahagia dan rahasia umur panjang. Hai anak-anak taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu ini adalah suatu perintah yang penting supaya kita berbahagia dan panjang umur dibumi ( Efesus 6 : 1-3 ).
Namun Tuhan mengajarkan kuncinya bahwa bahagia itu dapat kita raih bila kita takut dan hormat terhadap Tuhan dan orang tua kita. Bahkan dunia melakukan hari khusus yaitu tanggal 21 Juni sebagai Father Day dan 22 Desember sebagai Mother Day.
Fenomena saat ini karena kesibukan anak2 dan cara simpel yang tidak mau capek anak2 banyak menitipkan orang tuanya ke panti jompo.
Melalui Firman ini bila kita menjadi pengikut Kristus yang benar maka hendaknya kita rawat orang tua kita dengan tenaga kita sendiri seperti orang tua kita mengasuh kita 24 jam tanpa kenal lelah.
Tugas dan tanggung jawab kita :
1. Hormati ayah ibumu ( Keluaran 20 : 12 ).
2. Hendaklah engkau berbakti dan memelihara kedua orang tuamu sebagai balas budi ( I Timotius 5 : 4 )
3. Ingat saat kecil kita dirawat orang tua kita ( I Tesalonika 2 : 7 ).
4. Kita harus membalas kasih Kristus ( Efesus 2 : 4-7 ).

Baca juga  Pengesahan RUU KUHP: Langkah Nyata Reformasi Hukum Pidana Indonesia

Kesimpulan dan Doa :
Hormatilah ayahmu dan ibumu seperti yang diperintahkan Tuhan kepadamu supaya panjang umurmu dan baik keadaanmu ( Ulangan 6 : 15 ).

Salam kasih
Stefanus Wiji Suratno
Dosen Program Doktor Theology and Ministry
Harvest International Theological Seminary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here