MEMPERLUAS KAPASITAS

0
217

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*
*Matius 25:14-19*

*Matius 25:15*
Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya.

*RENUNGAN INSPIRASI*
Kapasitas berbicara tentang daya tampung atau kemampuan yang tersedia. Tuhan memberikan segala sesuatu sesuai dengan kesanggupan. Seringkali tanpa kita sadari kita merespon Tuhan dengan kapasitas kita yang seadanya.

*Ada 3 hal yang dapat memperluas kapasitas kita:*

*Hal yang pertama adalah* *“Niat/ Kemauan”*. Seseorang dapat menumbuhkan niat atau kemauannya melalui motivasi. Apa yang menjadi motivasi dalam hidup kita? Mulailah dengan mencari hal-hal yang dapat menginspirasi kita. Contohnya, jika kita sangat menyukai untuk bermain musik piano. Maka kita dapat mencari inspirasi yang bisa memotivasi kita untuk menguatkan niat/kemauan kita dengan melihat video para pianis-pianis sukses.

*Hal yang kedua adalah,* *“Investasi”*. Evaluasi apa yang menjadi kelebihan kita dan apa yang kita miliki saat ini, dan berinvestasilah di situ. Pertajam kelebihan kita dengan kemauan untuk belajar lebih lanjut. Orang yang dipenuhi keinginan untuk terus belajar akan memperluas kapasitasnya. Seperti yang tercatat di dalam Alkitab, “Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta” (Matius 25:16).

*Hal yang ketiga adalah,* *”Setia dan Tekun”*. Ketika kita setia dan bertekun dalam perkara yang kecil, maka tanpa disadari kita akan mengalami perluasan tanggung jawab terhadap perkara-perkara yang jauh lebih besar. Seperti yang tercatat di dalam Alkitab, “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar” (Lukas 16:10). Ketika kita sudah memahami ketiga hal tersebut di atas, tidak ada lagi alasan untuk berdiam diri dan terperangkap dalam kapasitas yang ada pada diri kita. *Marilah kita bergerak untuk memperluas kapasitas diri kita. Memperluas kapasitas, berarti memperluas kesempatan Tuhan untuk memakai kita secara lebih luar biasa lagi bagi kemuliaan-Nya.*

Baca juga  UPH Tuan Rumah Launching Karya Baru Ananda Sukarlan

*REFLEKSI DIRI*
1. Seberapa besar kapasitas yang ada dalam diri kita saat ini?

2. Jika kita ingin memperluas kapasitas atau kemampuan kita, buatlah langkah-langkah apa saja yang akan kita ambil dan segera lakukan?

*POKOK DOA*
Bapa kami dalam Sorga di dalam Nama Tuhan Yesus Kristus, dengan segala kerendahan hati, kami mohon kepada-Mu untuk memberikan kepada kami kesanggupan untuk memperluas kapasitas kami dalam mengerjakan kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa, Amin.

*YANG HARUS DILAKUKAN*
*Membuat daftar kegiatan yang akan kita lakukan dalam upaya memperluas kapasitas kita.*

*HIKMAT HARI INI*
*”Tujuan yang ditetapkan dapat memperluas kapasitas dan melibatkan semua potensi yang ada dalam diri kita.*

***

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka* *Firman Tuhan itu akan hidup dalam kehidupan kita*
*secara nyata.*

*Terpujilah Tuhan Yesus.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here