Jangan Melupakan Tuhan

0
74

Oleh: Pdt.Bernard TP. Siagian

 

BACAAN PAGI: 1 Samuel 13:8-14

*1 Samuel 13:8-14*
13:8 Ia menunggu tujuh hari lamanya sampai waktu yang ditentukan Samuel. Tetapi ketika Samuel tidak datang ke Gilgal, mulailah rakyat itu berserak-serak meninggalkan dia.
13:9 Sebab itu Saul berkata: “Bawalah kepadaku korban bakaran dan korban keselamatan itu.” Lalu ia mempersembahkan korban bakaran.
13:10 Baru saja ia habis mempersembahkan korban bakaran, maka tampaklah Samuel datang. Saul pergi menyongsongnya untuk memberi salam kepadanya.
13:11 Tetapi kata Samuel: “Apa yang telah kauperbuat?” Jawab Saul: “Karena aku melihat rakyat itu berserak-serak meninggalkan aku dan engkau tidak datang pada waktu yang telah ditentukan, padahal orang Filistin telah berkumpul di Mikhmas,
13:12 maka pikirku: Sebentar lagi orang Filistin akan menyerang aku di Gilgal, padahal aku belum memohonkan belas kasihan TUHAN; sebab itu aku memberanikan diri, lalu mempersembahkan korban bakaran.”
13:13 Kata Samuel kepada Saul: “Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.
13:14 Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu.”

BACAAN MALAM: Wahyu 8:9-13

*Ulangan 6:12*
*_“Maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.”_*

Bangsa Israel akan memasuki era baru. Dengan keluarnya mereka dari perbudakan di Tanah Mesir, mereka dipersiapkan Tuhan memasukinya, di mana mereka akan memiliki tanah warisan, harta yang berlimpah, rumah yang baru dan keluarga dan keturunan yang banyak. Namun sebelum menikmati semuanya itu, jika nanti mereka telah menikmati janji anugerah tersebut, Allah mengingatkan mereka dengan keras dan berulangkali agar jangan sampai melupakan diri dan posisinya sebagai umat pilihan Allah. Supaya mereka bersembah hanya kepada Allah dalam segala keadaan, dalam keadaan miskin maupun kaya. Dalam keadaan susah maupun senang.

Baca juga  Menjelang Sidang ke 24 Konferensi Perubahan Iklim Sedunia

Inilah juga pesan firman Tuhan kepada kita hari ini. Agar kita selalu dengar-dengaran akan firman Tuhan dan taat beribadah kepada-Nya. Secara rutin setiap hari kita harus berdoa kepada Tuhan, sebelum pergi berangkat kerja, dan seterusnya. Ini Tuhan kehendaki untuk kita lakukan setiap hari. Ingatlah, semua yang ada pada kita dan yang kita miliki, itu bersumber dari Allah. Hanya karena kasih karunia Allah saja kita bisa dalam keadaan seperti sekarang. Tanpa pengasihan Tuhan hidup kita tidak akan berarti apa-apa. Karena itu, berhati-hatilah, agar jangan sampai kita melupakan kasih Tuhan, apalagi saat kita sudah menikmati kemakmuran.

Apabila kita sekarang sedang mengalami sakit-penyakit, jangan lupa berpasrah diri kepada Tuhan. Dia mendengar doa-doa kita, dan akan membawa kita keluar dari segala permasalahan dan kesulitan kita sebagai umat yang dikasihi-Nya. Amin! (rhn)

*DOA:*
*_“Berkatilah seluruh pekerjaan kami, ya Tuhan Allah. Jangan kami lupa kasih-Mu dan bersyukur kepada-Mu. Amin!”_*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here