IMAN YANG MENYELAMATKAN

0
76

Oleh: Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak

(Kejadian 22:1-12)

SIapa sih orang yang tidak mencintai atau menyayangi hartanya atau milik kepunyaannya? Apalagi jika hartanya itu didapatkan dengan penuh perjuangan.

Tetapi disatu sisi kita diperhadapkan dengan hukum Tuhan yang mengatakan: kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu. Dalam hal ini kita diminta untuk dapat mengasihi Allah lebih dari segala-galanya, artinya Allah harus kita tempatkan pada posisi yang paling utama untuk kita kasihi dan sayangi.

Abraham yang telah mendapatkan harta kesayangannya, yaitu seorang anak yang diberi nama Ishak tentu akan memeliharanya dan menjaganya agar kelak menjadi orang yang hebat. Apalagi anak itu dinantikan cukup lama hingga umur Abraham mencapai 100 tahun.

Bagi orang Batak dikatakan bahwa anak itu adalah harta kekayaan, apalagi kelahiran anak itu setelah bertahun-tahun ditunggu. Persoalannya ketika kita menganggap bahwa anak adalah harta kekayaan dan yang paling berharga, lantas bagaimana jika Allah menuntut kita untuk tetap lebih mengasihi Allah ketimbang harta milik kita?

Tidak demikian yang terjadi pada Abraham, walau ia menunggu kelahiran anaknya sampai berpuluh tahun, namun ia tetap menganggap bahwa Allah tetap lebih berharga di dalam hidupnya. Ketika Allah meminta Abraham untuk menjadikan Ishak anaknya sebagai persembahan korban bakaran, Abraham tidak menolak, bahkan dengan setia mentaati perintah Allah.

Marilah kita meniru iman Abraham yang tetap setia menunjukkan ketaatannya walau harus mengorbankan harta kekayaannya sendiri. Sedikitpun tidak ada keluhan atau rasa kecewa Abrahan kepada Allah ketika ia diminta harus mempersembahkan anaknya Ishak, dibalik imannya yang teguh Abrahampun justru memperoleh kemangan dan keselamatan yang dari Allah, amen.

Doa:

Ya Tuhan, Engkau adalah andalanku dan bentengku yang teguh, bersamaMu pasti aku akan selalu menang. Amen.

Baca juga  Mahasiswa Unika Atma Jaya Kembangkan Robot Bantuan Untuk Misi Pencarian dan Penyelamatan Bencana

SELAMAT HARI MINGGU
DAN
SELAMAT BERIBADAH

(Pdt.Lundu H.M.Simanjuntak-Pdt HKBP Ressort Cipayung Cilangkap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here