OLEH BILUR-BILURNYA KITA TELAH SEMBUH

0
28

Oleh: P. Adriyanto

 

*_”Dialah yang memikul kelemahan kita dan yang menanggung penyakit kita.”_*
*_Matius 8: 16~17_*

Pada tahun 1974 saya merekrut ex mahasiswa saya bernama Joseph yang telah lulus sarjana. Setelah beberapa bulan ia bekerja sebagai staf saya, ia mulai menujukkan gejala stress. Setiap kali dia menghadap saya, dia selalu mendesis seperti orang baru mengunyah cabai yang sangat pedas. Semakin lama, dia mengalami stress dan mengarah pada depresi.Saya tanya mengapa dia nampaknya seperti menderita stress. Dia saya rajin berdoa dan dia mengatakan bahwa dulu dia seorang Katholik, tapi sejak menikah beberapa bulan yang lalu dia jadi pindah agama. Saya yakin pasti ada faktor penyebab yang lain.

Semakin lama, stressnya menjurus pada depresi, di mana dia mulai sering tidak masuk dengan surat keterangan dokter.
Saya yakin bahwa dia mengalami *psychosomatic* yakni penyakit fisik dan psikis karena beban mental. Penyakit ini akan menyebabkan borok usus (ulcer) karena asam yang terlalu banyak (gejalanya sering bahasa Jawanya glegeken), asam dapat mengendap dalam ginjal sebagai batu ginjal, bisa menyebabkan stroke, dan lain-lain. Maaf saya bukan dokter bidang occupational health terlebih seorang psikiater, saya hanya suka membaca buku-buku kedokteran.

Penyebab stress dan depresi ini bisa disebabkan karena tekanan mental yang ditimbulkan karena berbagai tekanan dari orang lain, misalya orang tua yang sering membetak dan memperlalukan anak dengan kasar sejak kecil, perlakuan atasan (superior) yang bengis dan tidak menganggap anak buah mempunyai dignity sebagai manusia. Stressor bisa bermacam macam, semua orang pasti menghadapi stress kecuali dia mati,dan yang terpenting adalah bagaimana dia bisa memanajemini stress dengan baik.
Kita haru selalu berdoa agar Tuhan memberi kekuatan kepada kita untuk menghadapi berbagai stess yang kita hadapi.

Baca juga  Roh Kudus, Penolong Kita

Kesehatan dan kesembuhan dari berbagai macam penyakit adalah kehendak Allah.
*_”Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu. Aku akan mengobati.”_*
*_Yeremia 30:17_*

Stress bisa disebabkan karena bekerja terus dan kurang beristirahat karena selalu mengejar prestasi dan kekayaan *(workalholic).*

Orang-orang semacam itu ada yang terlalu mengejar harta yang disebut sebagai
*_”treadmills hedonism”_* Yakni orang yang tidak pernah puas dalam mengejar harta. Punya satu mobil BMW mewah, contohnya, masih ingin memilik Porche dan seterusnya dan seterusnya.

Bagi orang percaya, Tuhan mengingatkan bahwa kita harus puas, dan jangan menginginkan yang lebih banyak daripada keperluan kita.
*_” ¹ Waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab kalaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung pada kekayaannya itu.”_*
*_Lukas 12:15_*

*_” ² Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.”_*
*_Ibrani 13:5_*

Kita harus selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan atas penyediaan kebutuhan kita dan atas berkat-berkat-Nya.
Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here