RENUNGAN PENTAKOSTA

0
189

Oleh: Christian T

 

*Kisah Para Rasul 2:1-2*

Hari ini adalah hari rayakan Kristen yang kelima dari lima perayaan : kelahiran, kematian, kebangkitan, kenaikan dan turunnya Roh Kudus ( Pentakosta ). Turunnya Roh Kudus ini adalah penggenapannya janji-Nya sebelum Ia naik ( Yoh 14:15-17 ). Roh Kudus yang akan diam dan menyertai umat-Nya sampai selama-lamanya, Roh Kudus yang akan memeteraikan dan menjamin akan kepastian keselamatan, Roh Kudus yang akan memberi kesaksian bahwa umat yang percaya kepada Nya adalah anak-anak Allah, Roh Kudus yang akan menobatkan dunia akan dosa, akan kebenaran, dan akan penghakiman ; akan dosa karena mereka tidak percaya kepada Yesus, akan kebenaran karena Yesus pergi kepada Bapa, akan penghakiman karena penguasa dunia ini telah dihukum. Roh Kudus akan membawa umat-Nya kepada seluruh kebenaran dan akan mengingatkan apa yang telah dikatakan-Nya dan memberitahukan hal-hal yang akan datang. Dan diatas segalanya adalah Roh Kudus akan memuliakan Yesus ( Yoh 16:8-14 ),

Sebelum Yesus naik ke sorga, Ia berkata dan berjanji bahwa Ia tidak akan meninggalkan para pengikut-Nya sebagai yatim-piatu. Yesus tahu bahwa para pengikut-Nya yang percaya pada saat itu maupun yang akan percaya melaui pemberitaan mereka masih tinggal di dunia yang jahat dan kejam ini. Yesus tahu bahwa tidaklah mungkin dan pasti bahwa umat-Nya akan mengalami kekalahan menghadapi segala tantangan dan cobaan. Yesus berdoa dan sampai saat ini pun Ia berdoa agar para pengikut-Nya dipelihara oleh Bapa, yaitu memeliharanya dalam kebenaran, yakni dengan firman-Nya ( Yoh 17:17 )

Pada peristiwa Pentakosta ini, sungguh nyata manifestasi kehadiran Roh Kudus yang berupa lidah api menghinggapi para rasul, sehingga dapat berbahasa lain yang dapat dimengerti oleh berbagai bangsa yang hadir di Yerusalem pada saat itu, tercatat ada lima belas bangsa.

Baca juga  SUKACITA DI SORGA

Lalu Petrus berkhotbah tentang fenomena yang terjadi, yakni tentang Yesus dari Nazareth yang telah disalibkan, bangkit, naik ke sorga dan akan datang kembali. Lalu bertobatlah kira-kira tiga ribu orang menerima Yesus sebagai TUHAN dan Juruselamat dan dibaptis.

Bagaimana demonstrasi kuasa Allah bekerja oleh Roh Kudus dan memuliakan Yesus ?

Hanya satu syarat paling utama dan mendasar adalah kehadiran Roh Kudus dalam diri orang percaya dengan mengasihi Yesus dan mentaati firman-Nya sebagai bukti ( Yoh 14:15 ). Roh Kudus tidaklah mungkin bekerja tanpa firman-Nya, dan demikian pula furman-Nya terlaksana tanpa kerja Roh Kudus.

Marilah kita sebagai umat Kristus yang telah didiami Roh Kudus hidup dalam ketaatan kepada firman-Nya, niscaya nama Tuhan Yesus dimuliakan karena semakin banyak yang bertobat,percaya dan menerima dan sujud menyembah Yesus sebagai TUHAN dan Juruselamat.

Haleluya

Selamat Hari Raya Pentakosta

Tuhan Yesus memberkati

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here