PDM. MURTJAHJO BUDI PURWANTO, S. Th SEKRETARIS PERWIL JAKARTA UTARA GEREJA BETHEL INDONESIA : “BANGUNLAH UNITY YANG KUAT DALAM PERSEKUTUAN”

0
509

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th adalah seorang pendeta muda yang dipercayakan Tuhan untuk mengembalakan jemaat di GBI Kristus Imanuel, Cilincing, yang berdiri pada tanggal 17 Juli 2016. Bersama dengan istri kekasihnya Pdp. Linda Monalu yang berasal Kotamobagu, Sulaewsi Utara dengan setia mendampingi dalam pelayanan membangun persekutuan, pelayanan dan kesaksian di wilayah Cilincing.

Sehari-hari Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th juga sebagai Sekretaris di Perwil GBI Jakarta Utara. Kegiatan Jakarta Utara berfokus kepada bagaimana bisa membangun unity yang kuat, karena gereja yang kuat tanpa unity yang kuat adalah kemustahilan. Melalui Perwil GBI Jakarta Utara akan memaksimalkan persatuan untuk terbangunnya suatu persekutuan, pelayanan dan kesaksian di wilayah Jakarta Utara meskipun banyak proses yang harus dilewati.

Sebagai seorang pengurus/hamba Tuhan, hanya satu kata, “Tidak ada kata menyerah untuk sesuatu yang baik, untuk sesuatu yang benar semua untuk kemuliaan nama Tuhan.” ungkapnya.

Agustus 2019 ini kepengurusan Perwil Jakarta Utara berakhir untuk suatu periode yang diemban sejak tahun 2014 – 2019. Ketika ditanya peluang apakah ia akan lanjut sebagai pengurus periode berikutnya? Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th menjawab, “Kalau Tuhan mengijinkan dan apabila pengambil keputusan masih menghendaki saya untuk terlibat lagi saya manut.” ungkapnya dengan senyuman.

Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th memulai pelayanan di ladang Tuhan ia nyatakan sebagai suatu pilihan, jadi itu bagian konsekuensi logisnya. Ketika melayani Tuhan ia yakini sebagai suatu pilihan yang tepat, maka ia akan berikan yang terbaik dan pasti yang terbaik, all out untuk pekerjaan Tuhan khususnya gereja yang ia gembalakan.

“Arahkanlah terus-menerus jemaat agar mereka memiliki kesadaran bukan untuk sekedar mereka bergereja, tetapi bagaimana mereka benar-benar mengalami Tuhan. Hidup bukan tergantung pada mujizat tetapi hidup benar-benar bergantung pada Tuhan sumber mujizat,” tandasnya.

Baca juga  Langkah Konstitusional Pasca Pemberlakuan UU No.19 Tahun 2019 tentang KPK

Kini jemaat GBI Kristus Imanuel tercatat dalam data base 130 jiwa dengan 45 KK. Program yang yang dikerjakan untuk internal gereja GBI Kristus Imanuel tetap fokus sesuai visi, bagaimana membangun pribadi jemaat yang tangguh, kokoh, kuat di dalam iman kepada Kristus. Ketika hal tersebut telah terbangun, maka tentu akan berdampak pada lingkungan.

Ia menegaskan lebih lanjut, bukan semata-mata gereja yang berdampak tetapi gereja melalui jemaat yang dapat berdampak. Tentu pergerakannya akan lebih cepat maju dan berkembang. Jadi jemaat diberdayakan untuk dapat berdampak melalui apapun yang jemaat terima khususnya kebenaran ketika ada di gereja dan gereja berdampak melalui jemaat melalui apapun di mana jemaat itu berada.

Ketika ditanya padangan Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th, mengenai kondisi kehidupan bernegara dan bermasyarakat bangsa Indonesia pasca pilres 2019, ia menegaskan, “Kondisi saat ini masyarakat cukup bagus, cukup terbina toleransi kalaupun terdapat riak itu bagian dari elite politik saja, kami melihat dari sudut pandang gereja itu fakta yang terjadi,” tandasnya.

Perwil dibentuk oleh Gereja Bethel Indonesia guna menjangkau gereja-gereja lokal yang cukup luas dan kompleks dengan masalah yang ada. Secara struktural di tingkat propinsi ada Badan Pekerja Daerah (BPD) dan di bawahnya ada perwil-perwil di 5 wilayah Propinsi DKI Jakarta yang meliputi Perwil Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Perwil Jakarta Utara sendiri terdiri dari 6 Sektor.

Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th menyampaikan pesan untuk jemaat, “Jangan pernah takut menghadapi realitas yang harus dihadapi, karena Tuhan bersama kita. Apapun masalah, situasi da kondisi yang terjadi kita pasti diberikan kekuatan oleh Tuhan untuk dapat melewati semua,” tegasnya.

Baca juga  Penyusunan Menteri Kabinet 2019-2014 Di Hari Santri Nasional 2019

Di dalam kehidupan bermasyarakat tetaplah menjadi terang, tetaplah menjadi garam, menjadi contoh, menjadi teladan bahwa kita siap tampil beda, agar masyarakat dapat melihat Kristus melalui kehidupan kita. Tetap bangun hubungan, tetap bangun kesatuan dalam perbedaan apapun yang terjadi, jadilah berkat di manapun Tuhan menempatkan kita di tengah-tengah masyarakat bagi kemuliaan nama Tuhan khususnya bagi bangsa Indonesia.

Menjelang pelaksanaan Peridangan Sinode GBI yang akan dilangsungkan pada 27 – 30 Agustus 2019 di SICC, Sentul, mekanisme sudah diatur dalam Tata Gereja GBI, mekanisme itu yang akan diusung, masalah kuorum bagaimana soal pemilihan ketua umum yang sebelumnya dijabat Pdt. Japarlin Marbun. Dinamikanya semua masih cair, dinamika masih berjalan, tunggu saja pada waktunya siapa yang akan terpilih, dialah yang akan menjadi Ketua Umum Sinode GBI untuk periode mendatang.

Perwil GBI Jakarta Utara akan menargetkan kurang lebih 200 Pendeta dalam meramaikan pesta demokrasi GBI tersebut. Yang berhak memilih adalah Pendeta. Pendeta pembantu dan pendeta muda sebagai Gembala diperkenankan hadir dalam persidangan sinode GBI tersebut meski tidak memiliki hak memilih, tetapi dapat hadir dapat persidangan akbar GBI itu.

Menutup wawancara siang tersebut Pdm. Murtjahjo Budi Purwanto, S. Th menyampaikan motto ayat firman Tuhan yang ia senangi dan menjadi kekuatan dalam pelaynan yang ia ambil dari Filipi 4 : 13, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberikan kekuatan kepadaku.” ujarnya menutup pembicaraan.

( Johan Sopaheluwakan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here