RUPS Tahunan PTPP Setujui Pembagian Dividen Tunai Sebesar Rp300 Miliar

0
708

Jakarta, Suarakristen.com

 

PT PP (Persero) Tbk (“PTPP”) salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS Tahunan) Tahun Buku 2018 pada hari ini Selasa (30/04) bertempat di Hotel Pullman Jakarta.

Di dalam pelaksanaan RUPS Tahunan tersebut, PTPP melaporkan kinerja perusahaan untuk tahun buku 2018 dimana Pendapatan Usaha (Revenues) mencapai Rp25,11 triliun atau tumbuh sebesar 16,82% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp21,50 triliun. Perolehan revenues tersebut juga berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan sehingga laba tahun berjalan PTPP untuk tahun buku 2018 mencapai Rp1,95 triliun atau naik sebesar 13,64% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,72 triliun.

Sementara itu, Pemegang Saham PTPP dalam RUPS Tahunan juga telah menyetujui pembagian dividen (dividend payout ratio) sebesar 20% dari laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau setara dengan Rp48,452 (“empat puluh delapan koma empat ratus lima puluh dua rupiah”) per saham untuk tahun buku 2018. “PTPP akan membayar Dividen Tunai tahun buku 2018 sebesar Rp300 miliar atau setara dengan Rp48,452 per lembar saham kepada Pemegang Saham. Usulan tersebut telah disetujui dan disahkan dalam RUPS Tahunan sehingga dapat dibayarkan oleh perusahaan pada bulan akhir Mei 2019,” ujar Agus Purbianto Direktur Keuangan & Pengelolaan Kapital Manusia PTPP selepas pelaksanaan RU PS Tahunan di Jakarta.

Dividend payout ratio ini memberikan ruang fleksibilitas keuangan yang besar bagi PTPP untuk mendanai modal kerja perusahaan mulai dari pembangunan proyek infrastruktur hingga pelaksanaan investasi yang akan dilakukan oleh PTPP sekaligus dalam rangka memperkuat struktur modal perusahaan.

Dengan demikian, dari laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp1,50 triliun di tahun 2018, PTPP mencadangkan sebesar Rp1,20 triliun untuk penguatan ekuitas perusahaan. Per tanggal 31 Desember 2018, PTPP memiliki total Ekuitas sebesar Rp16,31 triliun atau meningkat sebesar 14,55% dibandingkan dengan Rp14,2 triliun per tanggal 31 Desember 2018. Penguatan Ekuitas ini merupakan bagian dari strategi pengembangan korporasi jangka panjang perusahaan melalui penguatan posisi keuangan sehingga dengan struktur modal yang sehat, PTPP diharapkan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan untuk menciptakan nilai tambah yang besar bagi seluruh pemegang saham.

Baca juga  Kemenpan RB Pastikan ASN IKN Perkuat Tata Kelola Birokrasi

Sekilas Mengenai PT PP (Persero) Tbk

PT PP (Persero) Tbk (kode emiten: PTPP) merupakan salah satu perusahaan konstruksi dan investasi BUMN terdepan di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1953. Perseroan memiliki beberapa lini bisnis yang terdiri dari Konstruksi, Properti dan Realti. Engineering, Procurement and Construction (EPC). Urban, Presisi, Infrastruktur dan Energi. PTPP memiliki jejak rekam yang solid dan berhasil memenangkan penghargaan atas proyek-proyek konstruksi Pelabuhan, Pembangkit Listrik, Infrastruktur Minyak Bumi dan Gas, Airport, Bendungan, dan Gedung di Indonesia. Perseroan merupakan pionir untuk konsep Eco-Friendly Green Building di Indonesia yang telah memenangkan beberapa penghargaan lokal dan internasional atas hasil karyanya. PTPP mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 9 Februari 2010, dengan kepemilikan publik sebesar 49%. Pada tahun 2015. PTPP mencatatkan saham entitas anak PT PP Properti Tbk (kode emiten: PPRO) di Bursa Efek Indonesia sebanyak 35%. Untuk mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan, PTPP berekspansi di sektor Energi dan Infrastruktur di tahun 2016. Pada tahun 2017. entitas anak yang bergerak sebagai kontraktor berbasis peralatan berat PT PP Presisi Tbk (kode emiten: PPRE) me|antai di Bursa Efek Indonesia dengan melepas 23% saham ke publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here