Program “Petualangan Anak Siaga Hansaplast” : Mempersiapkan 250 Siswa Sekolah Dasar Menjadi Pelatih Pertolongan Pertama bagi Sesama Teman Sekolah Mereka

0
265

 

· Anak Siaga Hansaplast adalah program yang dijalankan oleh Hansaplast sejak tahun 2015 dan telah berhasil melatih lebih dari 150.000 siswa Sekolah Dasar di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang.

· Sejak tahun 2018, Hansaplast bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menjalankan program Anak Siaga Hansaplast dengan memberikan edukasi dan praktik Pertolongan Pertama bagi anak-anak Sekolah Dasar.

· Bersama Palang Merah Indonesia, Hansaplast telah menerbitkan Buku Cerita Anak Siaga Hansaplast yang terdiri dari 3 seri sebanyak 15.000 paket yang dibagikannya kepada perpustakaan di Sekolah Dasar di Jabotabek.

· Pada tahun 2019 ini, sebanyak 250 anak Sekolah Dasar diberikan pelatihan khusus “peer-to-peer training” untuk menyiapkan mereka melatih sesama teman sekolah mereka seputar Pertolongan Pertama.

· Program Anak Siaga Hansaplast 2019 digelar di Taman Wisata Budaya Sentul dari tanggal 5-6 April 2019 dan diberi judul “Petualangan Anak Siaga Hansaplast” karena dipenuhi dengan berbagai sesi edukasi, permainan dan petualangan yang disesuaikan untuk anak-anak usia Sekolah Dasar.

Sentul, Suarakristen.com

 

Hansaplast, ahli dalam produk Pertolongan Pertama bersama Palang Merah Indonesia (PMI) pada hari ini memulai “Petualangan Anak Siaga Hansaplast”, sebuah program train-the-trainers seputar Pertolongan Pertama untuk 250 siswa Sekolah Dasar yang dilangsungkan selama 2 hari. “Petualangan Anak Siaga Hansaplast” adalah bagian dari program Anak Siaga Hansaplast yang sudah dijalankan sejak tahun 2015 dan yang hingga kini sudah melatih lebih dari 150.000 anak Sekolah Dasar seputar Pertolongan Pertama.

“Sebagai ahli dalam produk Pertolongan Pertama, Hansaplast memiliki komitmen jangka panjang untuk memberikan edukasi seputar Pertolongan Pertama kepada masyarakat luas, termasuk anak-anak. Hansaplast telah mengadakan roadshow bersama dokter spesialis luka ke berbagai kota di Indonesia untuk mengedukasi masyarakat luas seputar Pertolongan Pertama. Khusus untuk anak-anak, kami memiliki program Anak Siaga Hansaplast yang kami jalankan bersama Palang Merah Indonesia (PMI). Melalui program Anak Siaga Hansaplast, kami dan PMI memberikan pelatihan seputar Pertolongan Pertama dengan cara yang seru dan menyenangkan, yang mudah dimengerti oleh anak-anak usia Sekolah Dasar,” jelas Setiawan Saputra, Marketing Manager Hansaplast.

Baca juga  Apa Perbedaan Doktrin Utama antara Agama Kristen Katolik Roma dengan Agama Kristen Protestan?

Pada tahun 2018, program Anak Siaga Hansaplast dijalankan di 30 Sekolah Dasar di Jakarta yang mengedukasi para siswa secara teori dan praktik. Berdasarkan edukasi di 30 sekolah tersebut, Hansaplast dan PMI membuat seri buku Anak Siaga Hansaplast yang terdiri dari 3 buku, ditujukan khusus untuk anak-anak. Tahun ini, konsep yang diusung program Anak Siaga Hansaplast adalah Petualangan Anak Siaga Hansaplast, di mana para siswa mendapatkan edukasi seputar Pertolongan Pertama serta pelatihan secara peer-to-peer oleh tim PMI.

“Jika tahun lalu kami mendatangi sekolah-sekolah untuk memberi edukasi dan pelatihan kepada para siswa, tahun ini kami mengumpulkan mereka untuk diberikan edukasi dan pelatihan yang lebih intensif. Dalam program ‘Petualangan Anak Siaga Hansaplast’, tim PMI melatih para siswa mengenai Pertolongan Pertama, luka serta tanggap bencana. Kami juga menyiapkan permainan seru yang menguji pengetahuan mereka mengenai Pertolongan Pertama dengan cara yang menyenangkan. Para siswa juga diberikan pelatihan khusus peer-to-peer training seputar Pertolongan Pertama. Dengan pelatihan ini, kami berharap para siswa akan kembali ke sekolah mereka masing-masing dengan kemampuan untuk melatih dan mengedukasi sesame teman sekolah mereka seputar Pertolongan Pertama,” ujar Muhammad Muas, Pengurus PMI Pusat, Ketua Bidang PMR dan Relawan. Palang Merah Indonesia.

Program Petualangan Anak Siaga Hansaplast dilangsungkan selama 2 hari dari tanggal 5-6 April di Taman Wisata Budaya Sentul. Selama program ini, 250 siswa Sekolah Dasar diberikan edukasi mengenai topik-topik berdasarkan buku seri Anak Siaga Hansaplast; 1) “Pertolongan Pertama”; 2) “Apa itu Luka?”; dan 3) “Siaga Bencana”.

Pengetahuan para siswa seputar materi Pertolongan Pertama yang mereka pelajari juga akan diuji dengan menggunakan permainan ular tangga yang seru untuk anak-anak. Selain edukasi dan permainan, tim pelatih dari PMI juga memberikan sesi khusus peer to peer training kepada para siswa untuk melatih mereka menjadi pelatih di bidang Pertolongan Pertama. Setelah menerima pelatihan, para siswa diharapkan dapat kembali ke sekolah masing-masing dan menjadi pelatih Pertolongan Pertama bagi sesame teman sekolah mereka.

Baca juga  Antisipasi Demo Anarkhis, Polres Kep Seribu Ajak Kepala Sekolah dan Guru Bijak Cegah Siswa Ikut Unras

“Sesuai dengan komitmen kami untuk memberikan edukasi Pertolongan Pertama kepada masyarakat termasuk anak-anak, kami menggelar program ‘Petualangan Anak Siaga Hansaplast’ dengan harapan dapat menjangkau lebih banyak anak-anak. Melalui 250 anak yang dibekali untuk memberikan edukasi dan pelatihan Pertolongan Pertama kepada sesame rekan siswa di sekolah masing-masing, banyak sekali anak-anak yang akan bisa dilatih seputar Pertolongan Pertama oleh sesame teman mereka. Kami selalu menyemangati anak-anak untuk menjadi Pahlawan Pertolongan Pertama bukan saja dengan membantu orang lain, namun juga dengan berbagi pengetahuan mengenai Pertolongan Pertama dengan orang lain,” tutup Setiawan Saputra.

###

Tentang Hansaplast

Nama Hansaplast telah mewakili kemampuan dalam penyembuhan luka yang cepat dan efektif selama lebih dari 90 tahun. Dengan sejumlah rangkaian produk, Hansaplast menangani luka, melegakan otot, sakit punggung, luka pada kaki, demam pada anak dan keluhan lainnya. Hingga saat ini, Hansaplast menjadi ahli dalam penyembuhan luka, pereda nyeri, dan footcare di seluruh dunia. Hansaplast tidak hanya menjadi brand plaster no.1 di Eropa Barat, namun juga di 17 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tentang PT Beiersdorf Indonesia

PT Beiersdorf Indonesia merupakan afiliasi dari Beiersdorf AG yang merupakan penyedia terkemuka produk perawatan kulit yang inovatif, kualitas tinggi dan memiliki lebih dari 130 tahun pengalaman di segmen pasar ini. Berbasis di Hamburg, Jerman, kini memiliki lebih dari 16.500 karyawan di seluruh dunia dan telah terdaftar dalam bursa efek Jerman DAX sejak Desember 2008. Keberadaan Beiersdorf di Indonesia dimulai pada tahun 1979. Pada tahun 1981 pabrik yang berlokasi di Malang mulai beroperasi dan sejak itu melayani kebutuhan konsumen di Indonesia dengan memproduksi Hansaplast, merek plester No. 1 di Indonesia dan berbagai produk perawatan kulit terpercaya seperti NIVEA Body Lotion, NIVEA Creme, NIVEA Deodoran, NIVEA Face Care, NIVEA Sun, NIVEA Lip Care, NIVEA Soft, dan NIVEA Men.

Baca juga  KEMENPORA MENGGELAR PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN PEMUDA DALAM RUMAH TANGGA ANGKATAN XII

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here