Kogartap I/Jakarta Siap Amankan Jakarta dalam Pemilu 2019

0
120

Jakarta, Suarakristen.com

 

Komandan Kogartap I/Jakarta Brigjen TNI Herianto Syahputra (ketiga dari kiri) dan jajaraannya berfoto bersama usai memberikan keterangan pers tentang persiapan Apel Siaga Tiga Pilar Mengamankan Pemilu 2019 dalam jumpa pers di Mako Garnisun Tetap I/ Jakarta, di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

Kogartap I/Jakarta Siap Amankan Jakarta dalam Pemilu 2019. Demikian tegas Komandan Garnisun Tetap (Kogartap) I Jakarta Brigjen Heryanto Saputra didampingi staf ahli AM Putut Prabantoro saat memberikan keterangan pers kepada wartawan dalam jumpa pers di Mako Garnisun Tetap 1/Jakarta, Jalan Medan Merdeka Timur No. 3, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/19).

Dalam keterangannya, Brigjen Heryanto menyampaikan bahwa pada Rabu (27/1) pukul 07.00 akan digelar Apel Tiga Pilar pengamanan Pemilu 2019 di Monas, Jakarta Pusat.

“Besok akan ada hampir 460 personel Kogartap I/Jakarta yang hadir di antara total 1.500 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemprov Jakarta dalam Apel Siaga Tiga Pilar besok yang akan menunjukkan kesiapan menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut,”tegas Brigjen Herianto.

Ungkap Herianto lebih lanjut “Apel Siaga Tiga Pilar ini untuk menunjukkan bahwa TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta siap mengamankan pelaksanaan Pemilu di Jakarta”.

Dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu di Jakarta, Brigjen Herianto menyatakan Kogartap I/ Jakarta dalam posisi mendukung Kodam Jaya.

“Meskipun belum dilibatkan langsung, kami siap kapan pun jika diperlukan karena kami dalam posisi mendukung Kodam Jaya serta Polda Metro Jaya sebagai pusat kendali pengamanan Pemilu 2019 di Jakarta,” imbuhnya.

Garnisun Tetap I Jakarta memiliki delapan Sub Garnisun di wilayah DKI Jakarta dan sebagian wilayah Tangerang, Banten dan Jawa Barat, di Bekasi dan Depok.

Baca juga  Forum Kerjasama Ormas Kristen (FK-OK)  Gelar FGD Tentang Dinamika dan Isu-isu di Tubuh KPK

Tegas Komandan Garnisun, Apel Tiga Pilar ini akan dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dihadiri para unsur pimpinan Tiga Pilar di wilayah DKI Jakarta.

Dalam Pemilu 2019 ini, Brigjen Heryanto juga menjamin bahwa anggota TNI akan netral dalam Pemilu 2019.

“Dalam pemilu ini Netralitas (TNI) sudah pasti ya, TNI netral sudah pasti” ungkapnya dengan antusias.

Jelas Brigjen Herianto, Garnisun Tetap I/Jakarta atau (Gartap I/Jakarta) adalah salah satu satuan dibawah Mabes TNI.

Satuan Garnisun tetap I/Jakarta merupakan organisasi militer yang bertugas pokok menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI dan PNS TNI di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Gartap I/Jakarta juga melakukan pembinaan dan pengelolaan staf seluruh jajaran Gartap I/Jakarta dalam tugas-tugas protokoler kenegaraan maupun skala nasional.

Sementara itu, tambah  Staf Ahli Kogartap I/Jakarta AM Putut Prabantoro, Satuan Kogartap I/Jakarta selain bertugas dalam penegakan disiplin anggota TNI di wilayah Jakarta dan sekitarnya, juga bertanggung jawab dalam protokoler dan upacara kemiliteran pemakaman bagi anggota TNI di wilayah tanggung-jawabnya.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here