Viu dan BEKRAF Kolaborasi dalam inisiatif Filmpreneur untuk Kembangkan Ekosistem Film Indonesia

0
145

Jakarta, Suarakristen.com

 

Layanan video OTT terkemuka, Viu, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengeksplorasi kolaborasi yang berfokus pada upaya untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem film Indonesia melalui inisiatif yang disebut Filmpreneur. Kolaborasi ini akan diwujudkan melalui sinergi di beberapa program Viu, yang meliputi: Viu Pitching Forum (VPF), acara Viu tahunan di Indonesia, yang sekarang memasuki tahun ke-3, yang didedikasikan untuk memfasilitasi ide cerita dari para profesional perfilman Indonesia untuk diproduksi sebagai Viu Originals, yang kemudian akan dipamerkan di panggung global; Viu Shortsl, festival film pendek tahunan Viu yang merayakan semangat keberagaman Indonesia, yang difokuskan untuk mengarahkan minat dan bakat anak muda Indonesia ke arah bisnis perfilman sejak usia dini; dan, BEKRAF Akatara, sebuah kegiatan forum pembiayaan dan investasi untuk perfilman Indonesia berskala nasional.

Nickhil Jakatdar, Founder and CEO of Vuclip, menyampaikan, “Viu memiliki visi untuk memberdayakan dan mengembangkan ekosistem dan industri film Indonesia, yang dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. BEKRAF, dalam nada yang sama, memiliki visi untuk membangun ekosistem kreatif yang kuat. Berdasarkan visi bersama ini, Viu dan BEKRAF telah mebangun mitra dalam inisiatif strategis Filmpreneur. ”

Dengan VPF dan Viu Shortsl, Viu akan mendukung Akatara di Indonesia, dengan mensosialisasikan program Akatara dalam rangkaian kegiatan VPF, menghadirkan profesional perfilman internasional dari Viu ke Akatara untuk memberikan masterc/asses dengan topik “Memproduksi Konten Lokal dengan Daya Tarik lnternasional”, menyelenggarakan VPF di Akatara, serta penayangan dan forum dialog profesional Viu Originals di Akatara.

BEKRAF, melalui Akatara, akan mendukung VPF dan Viu Shorts! dengan memberikan sosialisasi VPF dalam kegiatan Akatara, membawa mentor dari BEKRAF ke VPF dan Viu Shorts! untuk memberikan workshop dengan topik “Membuat Film dengan Nilai-Nilai Komersial,” serta menyediakan pemutaran dan dialog film hasil dari Akatara di VPF dan Viu Shortsi.

Baca juga  Bakrie Centre Foundation Dorong Sociopreneur di Indonesia Wujudkan Visi Indonesia 2045 melalui Program LEAD Indonesia 2019

“Dalam upaya mendorong pembentukan ekosistem film Indonesia, BEKRAF percaya bahwa kolaborasi dengan para pemimpin industri, seperti Viu, sangat penting. Program Viu sejalan dengan Akatara Bekraf. Melalui Viu Pitching Forum dan Viu Shorts, Viu telah menunjukkan komitmen yang sangat kuat untuk mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia dan memungkinkan anak-anak bangsa siap tampil dan bersaing di panggung internasional melalui platform dan jangkauan global mereka. Dengan Visi sinergis untuk mengembangkan ekosistem film Indonesia, kami sangat senang dapat bermitra dengan Viu,“ ucap Kepala BEKRAF, Triawan Munaf.

***

Tentang Viu

Viu adalah layanan Video OTT terkemuka oleh PCCW dan Vuc|ip yang tersedia di Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Filipina, Thailand dan negara-negara Timur Tengah, UAE, Saudi Arabia, Mesir, Bahrain, Irak, Yordania, Kuwait, Oman, Qatar. Proposisi nilai unik Viu tentang acara TV premium lokal, film, dan serial original yang segar serta berciri khas regional telah menghibur jutaan pemirsa setiap hari. Viu Originals menghadirkan kisah menarik dengan kualitas produksi berkelas dunia, sekaligus memberikan kesempatan bagi sineas berbakat Indonesia untuk memamerkan keahlian mereka di panggung dunia. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Viu yang tersedia secara gratis di App Store dan Google Play, pada perangkat yang terhubung seperti smartphone dan tablet, serta di web di www.viu.com.

Tentang Vuclip

Vuclip adalah perusahaan media terdepan dan teknologi global terkemuka yang menyajikan tayangan

hiburan berdasarkan permintaan di pasar negara berkembang termasuk India, Asia Tenggara, Afrika, dan Timur Tengah. Sebagai Perusahaan Media PCCW, properti Vuclip termasuk Viu, Vuclip Videos, Viu Life, dan Vuclip Games. Keberhasilan pasar Vuclip dalam tayangan hiburan berdasarkan permintaan, dibangun di atas kepemimpinannya di industri teknologi, wawasan konsumen, dan media. Dikelola oleh tim berkelas dunia, Vuclip, Inc. dan perusahaan afiliasi bermarkas di Milpitas, California dan memiliki cabang di Singapura, Kuala Lumpur, Mumbai, Delhi, Pune, Dubai, dan Jakarta.

Baca juga  Forum Pejuang NKRI Gelar Sarasehan Kebangsaan "Membangun SDM Indonesia Unggul Menuju Negara Maju"

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf. Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here