18 Tahun Dukung Catur Indonesia

0
737

Surabaya, Suarakristen.com

 

Selama 18 tahun berkontribusi dalam membina pecatur Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dianugerahi penghargaan ‘Darmabakti Olahraga’ dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional 2019 di Gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (08/02). Apresiasi diberikan kepada JAPFA atas komitmennya dalam pembinaan olahraga catur secara berkesinambungan melalui JAPFA Chess club.

Atas pengabdian JAPFA dalam membina cabang olahraga catur secara berkesinambungan, JAPFA dianugerahi Perhargaan ‘Darmabakti Olahraga’ dalam rangkaian hari pertama acara Hari Pers Nasional 2019, yakni Golden Awards Malam Anugerah Olahraga Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) oleh PWI Pusat. Penghargaan diberikan kepada dunia usaha yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kejayaan olahraga untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Dari waktu ke waktu dunia catur Indonesia terus mengalami regenerasi, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk JAPFA dalam mencari bibit-bibit pecatur baru dan konsisten dalam melakukan pembinaan,” ujar Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA. “Kalau ditelaah lebih jauh, Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing dengan negara lain dalam olahraga catur,” pukas Rachmat.

Hal ini, lanjut Rachmat, mendorong JAPFA untuk berkomitmen dalam memajukan catur, dibuktikan dengan adanya JAPFA Chess Club. Didirikan sejak Oktober tahun 2000, JAPFA Chess Club dibentuk guna mencari dan menghimpun bibit-bibit pecatur muda untuk diasah sehingga dapat bersanding dengan pecatur internasional mewakili Indonesia. “Tentu dalam klub ini, atlet muda maupun veteran, pemuda maupun pemudi, dilatih sedemikian rupa oleh pecatur professional Indonesia untuk menghidupkan kembali catur Indonesia yang seringkali kurang mendapatkan sorotan,” ujar Rachmat.

Dalam membangun JAPFA Chess Club, JAPFA tidak maju sendiri. Bekerjasama dengan Persatuan Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI), JAPFA mendidik atlet-atlet catur potensial dengan pembinaan langsung dari Ketua Umum PB PERCASI, Grand Master Utut Adianto. Upaya ini setidaknya membuahkan hasil. Mendedikasikan JAPFA Chess Club sebagai wadah bagi pecatur muda telah membawa Grand Master muda Indonesia seperti Susanto Megaranto meraih gelar tertinggi dan menorehkan sejarah untuk catur Indonesia dengan kehormatan bertanding melawan pecatur asing. “Kepedulian JAPFA untuk mengedepankan olahraga catur menciptakan kolaborasi dengan PB PERCASI dalam menciptakan ruang bagi atlet catur untuk menunjukan kemampuannya,” ucap Rachmat.

Baca juga  Seluruh Korban Kecelakaan di Km 58 Teridentifikasi, Jasa Raharja Serahkan Santunan kepada Ahli Waris

Eksistensi JAPFA Chess Club dibuktikan juga dengan berbagai kegiatan kejuaran catur yang diselenggarakan bersama dengan PB PERCASI, dari mulai Pertandingan internal antar Karyawan, juga JAPFA Chess Festival dan JAPFA GM & WGM Tournament. JAPFA pun turut mendukung para kontigen Indonesia dalam beberapa pertandingan internasional, seperti ASEAN Age Group Chess Championship, Pahang, Malaysia; 43rd World Chess Olympiade, dan 89th FIDE Congress di Batumi, Georgia; 17th Asian Continental Chess Championship, Manila, Phillipine. Dengan mengikuti pertandingan tersebut, diharapkan dapat menjadi ajang percepatan rating para pecatur dalam mencapai elo rating mereka.

Kesuksesan JAPFA hingga saat ini tentunya tidak dapat terbentuk sendiri, hal ini tidak lepas dari dukungan para rekan media dalam menyuarakan program-program JAPFA. Pada hari kedua rangkaian acara (09/02), yang juga merupakan puncak acara Hari Pers Nasional 2019 Presiden Joko Widodo mengatakan dalam pidatonya bahwa pers dapat menjadi salah satu media untuk membangun optimisme di kalangan masyarakat, mengingat pers merupakan sumber informasi akurat yang dapat menjangkau masyarakat. Dimana dalam hal ini, bagi JAPFA rekan media dapat menumbuhkan semangat bangsa dalam mendukung pengembangan catur Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih kepada rekan media atas kerjasama yang telah terjalin sangat baik selama ini,” ucap Rachmat. “Diharapkan kedepannya JAPFA dan rekan media dapat bersinergi dalam berkontribusi membangun bangsa dan negara,” tutupnya.

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya pakan ternak, pembibitan ayam, budidaya perairan, serta produksi vaksin hewan. JAPFA berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan olahraga Indonesia khususnya catur, sesuai dengan visi “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here