Eurocham Outlook Ekonomi dan Investasi Indonesia 2019: Indonesia Merupakan Destinasi Investasi yang Atraktif Bagi Perusahaan Eropa

0
661

Jakarta, Suarakristen.Com

 

Menyusul keberhasilan tahun lalu, Kamar Dagang Eropa di Indonesia (EuroCham) bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesa (BKPM) menyelenggarakan “Outlook Ekonomi dan Investasi Indonesia 2019″ pada tanggal 6 Februari di Jakarta

Acara tersebut mengulas investasi yang diharapkan dan perkembangan ekonomi di lndonesta pada tahun ini. Secara khusus, acara tersebut menyoroti peran perkembangan teknologi terhadap daya saing industri nasional. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, Perwakilan Badan Eksekutif EuroCham Roelof Lamberts dan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guérend.

Mengenai peran penting pengembangan teknologi, Wakil Ketua EuroCham. Corine Danielle Tap. secara terpisah menyatakan bahwa pemerintah Indonesia sudah dengan tepat menyadari perlunya peningkatan investasi oleh sektor swasta untuk pengembangan teknologi. Hal ini akan meningkatkan daya saing dan efisiensi dari industri nasiona|, serta memberikan manfaat ekonomi bagi lndonesia dan masyarakat secara keseluruhan.

“Kami sepenuhnya mendukung upaya peningkatan yang dilakukan oleh pemerintah lndonesia untuk mendorong inovasi di sektor teknologi demi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini tentu saja dapat dicapai jika pelaku bisnis bekerja sama dengan pemerintah, selaku pembuat kebijakan, untuk mendorong kebijakan yang inovatif guna mengembangkan perekonomian yang berkelanjutan. ”ujar Corine.

Duta Besar Uni Eropa (EU) untuk Indonesia, Vincent Guerend, mengapresiasi kolaborasi antara BKPM dengan EuroCham dalam mempromosikan suatu dialog yang terbuka dan membangun terkait praktik terbaik dalam rangka meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Beliau secara khusus menggarisbawahi bahwa Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Uni Eropa Indonesia (l-EU CEPA) yang saat ini sedang dalam tahap negosiasi dengan Pemerintah Indonesia, menjanjikan beragam kesempatan bagi indonesia dan Uni Eropa dan dapat lebih mendorong pembangunan ekonomi Indonesia.

Baca juga  Seluruh Korban Kecelakaan di Km 58 Teridentifikasi, Jasa Raharja Serahkan Santunan kepada Ahli Waris

“Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Uni Eropa lndonesia (l-EU CEPA) akan memberikan kerangka kerja yang lebih kuat bagi perdagangan bilateral, dan hubungan investasi, serta menciptakan akses pasar baru untuk UE dan Indonesia. Perjanjian Ini akan membawa investasi modal dan transfer teknologi canggih serta pengetahuan yang penting bagi pengembangan keterampilan sumber daya manusia di Indonesia. ” jelas Duta Besar Guérend

Kepala BKPM, Thomas Lembong, menanggapi secara positif dengan menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara tujuan investasi yang menarik bagi perusahaan-perusahaan Eropa. Saat ini Uni Eropa adaiah investor terbesar keempat di Indonesia. Hubungan bilateral antara Uni Eropa dan Indonesia yang semakin kuat tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Kami menyambut baik investasi perusahaan Eropa di Indonesia yang juga mendukung industri nasional. Investor Eropa biasanya membawa serta teknologi mutahir yang juga dapat diterapkan oleh industri lokal,hal ini sejalan dengan fokus pemerintah yang hendak menjadikan industri Indonesia 4.0. ” ujar Thomas Lembong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here