PSYCHOLOGICAL ORGANIZATION AND LEADERSHIP

0
153

Oleh: P. Adriyanto

Psychological organization and Leadership (POL) merupakan cabang psikologi terapan. Bidang psikologi telah berkembang dengan pesat akhir-akhir ini.
Pada tahun 2022 pertumbuhan applied psychology (psikologi terapan) diperkirakan manjadi 53%.

Adapun misi dari OLP adalah untuk melatih para praktisi dalam pelatihan *new generation of OLP* dan mensupport profesi-profesi manajemen yang berbeda untuk membuat organisasi lebih efektif di market place dengan internal culture yang ada untuk menunjang manusia dan lingkungannya.

Leadership psychology adalah approach yang khusus untuk memahami fungsi pemimpin bagaimana menjadi seorang pemimpin yang hebat.

PsyD (doktor psikologi).

Pengetahuan yang digabung dengan leadership skills yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan cara kerja bagi para penyandangnya. Pada waktu yang bersamaan kita dapat  membantu orang-orang disekitar kita untuk berkembang. Kita dapat menjadi pemimpin yang efektif, dimana dalam program PsyD ini, anda dapat belajar dan menerapkan teknik-teknik baru dan dapat diterapkan pada pekerjaan anda yang sekarang.

Persyaratan : master degree semua disiplin ilmu dan punya pengalaman minimal 10 tahun dalam bidang leadership. Bagi anda yang berminat silakan mendaftar (ada beberapa perguruan tinggi di Amerika yang menawarkan sistem online). Saya ingin mengikuti program ini dan merasa bahwa saya masih punya kemampuan untuk belajar selama 2 tahun (4 semester), di mana tuition fee adalah USD 700 per semester. Jadi selama 4 semester adalah USD 2,800 X Rp. 14.063 = Rp. 40 juta. Mudah- mudah Tuhan memberi rezeki kepada saya.

Berikut ini 10 kompetensi kepimpinan (leadership competencies) di tinjau dari segi psikologi:

1 Social inteligence (SI): dapat memahami situasi sosial dan dinamikanya, dan mampu mengoperasikan secara efektif dalam berbagai situasi sosial.

2 Interpersonal skill
Biasanya juga disebut sebagai social skill/merupakan subset dari social skill, people skill yakni kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang lain

3 Emotional skill/Intelligence (EI)
Emotional skill ini melengkapi social intelligence adalah merupakan kemampuan untuk berkomunikasi pada tingkat emosional, memahami emosi dan situasi emosi. Hal ini terutama berhubungan dengan leadership charismatic.

4 Prudent dalam pengertian wisdom di mana seseorang mampu mempergunakan perspektif orang lain dan dapat mempertimbangkan segi pandang orang lain.

5 Courage : memiliki keberanian untuk mengkalkulasi risiko dan keberanian untuk:
a. Tetap tegak untuk apa yang anda yskini benar.
b. Melaksanakan sesuatu dengan benar.

6 Conflict management yakni keahlian untuk membantu rekan sekerja untuk menghindari dan mengatasi konflik.

7 Decision making

8 Political skill: .
Orang akan berusaha membengkokkan peraturan, memperoleh teman, memaksakan kehendaknya dengan maksud agar maju.

Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang pemain politik yang baik yang tahu bagaimana permainan politik dilaksanakan, tapi ia juga dapat memanajemeni perilaku politik/political behavior.

9 Influence skill
Kemampuan untuk mempengaruhi orang lain/kelompok

10 Kompetensi
Yakni semua pengetahuan dan expertise yang diperlukan dalam bidang tertentu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here