UPH Talent Show Bukti UPH Fokus pada Pendidikan Holistis

0
512

Karawaci, Suarakristen.com

 

Menjadi institusi pendidikan yang mengedepankan nilai holistis sudah menjadi fokus Universitas Pelita Harapan (UPH) sejak awal berdiri. Artinya para mahasiswa dididik untuk tidak hanya maju dari sisi akademis, tapi juga mampu menggali dan mengembangkan potensinya. Hal ini dilakukan melalui pengembangan minat mahasiswa lewat beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UPH yang beragam.

Untuk menunjukkan keragaman potensi tersebut, UPH menggelar ‘UPH Talent Show’, 28 November 2018 di Grand Chapel UPH Kampus Lippo Village. Perhelatan ini menjadi ajang showcase talenta dari para mahasiswa, secara khusus para mahasiswa tahun pertama. Melihat hal ini, Dr. Curtis Taylor – Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, menyambut antusias acara tersebut.

“UPH Talent Show adalah contoh nyata dari bagaimana kita di UPH yang mengedepankan pendidikan holistis. Sebagai ciptaan Tuhan, kreativitas manusia adalah salah satu cara kita dapat menunjukkan diri kita sebagai gambar dan rupa Allah. Kita mengapresiasi seni sebagaimana Pencipta kita juga mengapresiasi seni.”

Dr. Taylor juga memuji mahasiswa yang ikut serta dalam mempertunjukkan bakat mereka. Semua penampil menunjukkan bakat mereka dengan tingkat kemahiran yang tinggi berkat pelatihan yang sangat baik di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang mereka ikuti. Beberapa bahkan diakunya sudah mencapai standar internasional.

“Saya dan istri saya sungguh menikmati pertunjukan tersebut!” pujinya.

Kesempatan seperti ini diakuinya memang penting untuk mendukung pembelajaran mahasiswa. Bagi sebagian besar mahasiswa, masa-masa berkuliah mungkin menjadi satu-satunya waktu bagi mereka menunjukkan kemampuan di bidang seni dan sebagainya, dengan didukung sumber daya dan fasilitas yang lengkap disediakan di UPH. Nantinya, jika mereka memutuskan untuk melanjutkan karir di bidang seni, maka apa yang didapat saat di berkuliah di UPH dapat menjadi modal untuk dikembangkan. Selain itu, kegiatan apresiasi seni seperti ini menunjukkan tindakan nyata mahasiswa dalam menggunakan talenta mereka untuk menghibur khalayak dan memuji Tuhan.

Baca juga  Said Iqbal, Pengurus Pusat Badan Peburuhan Internasional di Perserikatan Bangsa-Bangsa Tanggapi Tragedi Kematian Anggota KPPS Hingga Pemberian THR

Bagi Dr. Curtis, salah satu hal yang paling menarik dari acara ini adalah bahwa hampir semua aspek dan persiapan dilakukan oleh mahasiswa, mulai dari penampil, pengaturan multimedia, fotografi, videografi, event production, make-up, dan lain-lain.

“Saya selalu terkagum-kagum melihat kualitas dari acara-acara produksi UPH. Di acara ini, semua aspek dikelola oleh mahasiswa, yang berarti mereka dapat mengembangkan bakat dan minat mereka – semua untuk kemuliaan Tuhan!” tutupnya.

UPH Talent Show yang melibatkan 15 UKM ini menjadi acara yang menunjukkan praktek pengembangan potensi yang telah dilakukan melalui UKM UPH. Beragam potensi mahasiswa tersebut antara lain dalam bentuk persiapan, stage management, event organizer, dan tentunya para penampil. (ha/mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here