Rayakan HUT ke-19, The Habibie Center Gelar Seminar Nasional Membedah Visi Ekonomi Capres 2019.

0
271

Jakarta, Suarakristen.com

Senin 12 November 2018 The Habibie Center menyelenggarakan seminar Nasional bertema ”Membedah Visi Ekonomi Capres 2019″ di Hotel Le Meridien, Jakarta. Seminar ini sekaligus membuka serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun The Habibie Center yang ke-19. Seminar dibuka oleh Hadi Kuntjara (Direktur Eksekutif The Habibie Center) serta menghadirkan empat nara sumber, yakni : Juliari P. Batubara (Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’aruf Amin), Sudirman Said (Badan Pemenangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno), Febrio N. Kacaribu (Kepala Kajian Makroekonomi, LPEM Universitas Indonesia), dan Umar Juoro (Dewan Pakar The Habibie Center) serta dimoderatori oleh Beginda Pakpahan (Analis Politik dan Ekonomi Global, Universitas Indonesia).

Seminar ini bertujuan untuk (1) Memahami dan mengevaluasi kondisi ekonomi global dan nasional selama periode pemerintahan 2014-2019, terutama isu perang dagang yang berdampak pada depresiasi nilai rupiah; dan (2) Mendiskusikan proyeksi kebijakan ekonomi dari kedua tim sukses kandidat Presiden – Wakil Presiden pada Pemilu 2019.

Tujuan tersebut berangkat dari kondisi rupiah yang sepanjang tahun ini telah melemah di atas 10 persen. Selain itu, sejak tahun 2010 pertumbuhan ekonomi Indonesia turun dari 6,81 persen menjadi 5,07 persen di tahun 2017. Bahkan di tahun 2014 tumbuh 4,79 persen saja. Meskipun pertumbuhan ekonomi ini masih relatif lebih tinggi dibandingkan negara di kawasan Asia Tenggara lain, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dikatakan stagnan. Ancaman eksternal, terutama perang dagang antara proteksionisme AS di bawah Trump dan Tiongkok yang menjadi dua pemain besar dapat berimbas secara langsung dan tidak langsung kepada kepentingan nasional. Depresiasi rupiah juga dapat menjadi penanda turbulensi ekonomi pada periode depan, meskipun sejauh ini Indonesia belum menjadi target utama kebijakan proteksionisme Trump.

Baca juga  Adv. Kamaruddin Simanjuntak, S.H., dkk. Mendeklarasikan Partai Berbasis Kristen: Partai Demokrasi Rakyat Indonesia Sejahtera 

Berbagai masalah tersebut tentunya akan menjadi pekerjaan rumah besar di bidang ekonomi bagi dua pasangan calon Presiden – Wakil Presiden di Pemilihan Presiden tahun depan, yaitu Joko Widodo -Ma’aruf Amin dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Untuk membahas lebih lanjut hal tersebut, The Habibie Center membahasnya dalam seminar nasional bertajuk “Membedah Visi Ekonomi Capres 2019”

(Johan Sopaheluwakan / Lili J )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here