GURU BESAR UIN SUNAN KALIJAGA : TAFSIR AL-QUR’AN AHMADIYAH BRILIAN

0
1177

Yogyakarta, Suarakristen.com

Guru besara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr Iskandar Zulkarnain mengatakan bahwa tafsir Al-Qur’an Ahmadiyah sangat brilian. Hal ini dia sampaikan dalam peluncuran buku “Ahmadiyah, Konflik, Kebangsaaan, Kemanusiaan.Senin 12 Nopember 2018 di Gedung Saefudin Zuhri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lebih lanjut Prof Iskandar mengatakan bahwa atas karya Tafsir brilian Ahmadiyah ini maka tidaklah heran tokoh tokoh Islam dan Nasional seperti Cokroaminoto, Agus Salim, Soekarno sejak dahulu mengagumi tafsir Al-Qur’an Ahmadiyah, salah satunya adalah tafsir Al-Qur’an karya Khalifah Ahmadiyah ke II Hadhrat Mirza Bashirudin Mahmud Ahmad yang berjudul The Holy Qur’an Tafsir Kabir.

Bahkan karya Khalifah Ahmadiyah ke II yang lainnya yaitu Pengantar Mempelajari Al-Qur’an telah dimasukan oleh Departemen Agama Republik Indonesia menjadi bagian dari Muqaddimah ber-sub-judul Perlunya Al-Qur’an diturunkan .

Buku yang diterbitkan oleh Institut Islam Asia Tenggara Universitas Islam Sunan Kalijaga merupakan hasil riset para peneliti non Ahmadiyah dengan tinggal langsung di komunitas Muslim Ahmadiyah, mengamati dan mewawancarai baik pengurus dan anggota biasa Ahmadiyah maupun masyarakat dimana komunitas Muslim Ahmadiyah berada.

Buku ini ditulis oleh Muhamad said dkk, berisikan hasil penelitian belasan peneliti yang tergabung dalam The Institute of Southeast Asian Islam (ISAIs) UIN Sunan Kalijajaga dengan mengambil 10 (sepuluh ) tema yang berbeda yaitu

“Peranan media dalam proliferasi ajaran Ahmadiyah di Indonesia, Persepsi dan Reaksi Jemaat Ahmadiyah Indonesia terhadap Fatwa MUI, Pemuda Ahmadiyah sebagai agen sosial transformative, Preferensi Politik Jemaat Ahmadiyah, Relasi harmoni antar kelompok sosio ekonomi Ahmadiyah, Meneropong gerakan sosial Ahmadiyah, Anak Waqaf E-Nou dalam tradisi Jemaat Ahmadiyah, Gerakan sosial perempuan Ahmadiyah zaman now, Perempuan Ahmadiyah dalam perkawinan dan Koeksistensi damai Jemaat Ahmadiyah Indonesia.

Baca juga  Seluruh Korban Kecelakaan di Km 58 Teridentifikasi, Jasa Raharja Serahkan Santunan kepada Ahli Waris

*Acara peluncuran buku dibuka oleh DR H. Waryono Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga dengan di awali menyanyikan lagu Indonesia raya karya WR Soepratman dan Hymne UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta karya Ir Haji Shadi ( Almarhum) yang keduanya dikenal sebagai pengikut Muslim Ahmadiyah*

Hadir dalam acara peluncuran buku tersebut ratusan sivitas akademika UIN Sunan kalijaga Yogyakarta , sementara bertindak sebagai narasumber : Prof Dr Iskandar Zulkarnain , Guru Besar sekaligus ketua Senat UIN Sunan Kalijaga, Dr Mochamad Sodik Dekan Fishum UIN Sunan Kalijaga dan Yendra Budiana sebagai Juru Bicara Jemaat Ahmadiyah Indonesia.

Kontak Nara Sumber :
Prof Dr Iskandar Zulkarnain : 081802718444

Dr Mochamad Sodik : 081328708893

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here