WONDERFUL INDONESIA CULINARY & SHOPPING FESTIVAL 2018 SEMAKIN MERIAH DENGAN RANGKAIAN KULINER DAN DISKON BELANJA FANTASTIS DI SEMUA PUSAT BELANJA DI TANAH AIR

0
372

Jakarta, Suarakristen.com

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) secara resmi menggelar ajang Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival untuk ke-tiga kalinya. Ajang ini diikuti oleh seluruh pusat belanja di seluruh Indonesia. Pada acara yang digelar selama satu bulan penuh, mulai dari tanggal 27 September 2018 hingga tanggal 27 Oktober 2018, masyarakat Indonesia dapat menikmati aneka ragam kuliner khas daerah sekaligus berbelanja barang keperluan gaya hidup dengan berbagai tawaran diskon spektakuler. WICSF 2018 akan secara resmi dibuka di Beachwalk Shopping Center, Bali pada tanggal 27 September 2018.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya menyambut baik kehadiran acara Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) di tahun 2018 ini, dan berharap bahwa sudah menjadi agenda tahunan yang telah masuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar RI 2018 dapat terus dilaksanakan guna menggairahkan sektor pariwisata yang sedang bertumbuh. “Acara tahunan WICSF 2018 merupakan sebuah ajang menarik yang dipetakan secara strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara dari negara tetangga terdekat. Banyak wisatawan mancanegara atau domestik yang menyusun agenda perjalanan yang fokus kepada wisata kuliner dan wisata belanja; oleh karena itu kehadiran acara WICSF sangat tepat dalam menjawab kebutuhan tersebut. Kedepannya khusus belanja perlu dimasukan program sinergi online dan offline sehingga dapat meningkatkan nilai transaksi secara signifikan.“

Sementara itu, menurut Ibu Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja, Kementerian Pariwisata, kunci utama dalam mempromosikan wisata kuliner dan belanja adalah melalui festival yang di dalamnya terdapat atraksi yang menyuguhkan nilai otentisitas kuliner Indonesia dan produk-produk Indonesia yang terkurasi. WISCF bukan saja menjadi sebuah destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, melainkan mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal dengan demikian dampaknya akan mendorong para pelaku UMKM untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk produk berkualitas; mulai dari kain atau pakaian batik, tenun, hingga produk kerajinan seperti fashion Indonesia. Festival ini akan memberikan pengalaman berwisata terutama bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.

“Acara tahunan ini merupakan bentuk nyata sinergi para pemangku kepentingan industri kuliner dan belanja yang tergabung dalam pentahelix ABCGM (Asosiasi, Bisnis, Community, Government, dan Media) dalam mendorong promosi kekayaan budaya Indonesia. Oleh karena itu, sungguh penting bagi semua pihak untuk membantu menyukseskan rangkaian acara akbar tersebut”, ujar Ibu Vita Datau.

Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival serentak digelar di 12 provinsi di Indonesia yaitu Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur.

Berikut daftar kegiatan menarik yang berlangsung di tiap provinsi:

DPD RIAU:

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Plaza Citra (Pembukaan WICSF 2018 Provinsi Riau pada tanggal 27 September 2018).

Plaza Sukaramai.

Mal Pekan Baru.

Plaza Senapela.

Mal Ciputra Seraya.

Mal SKA.

Plaza The Central.

Metropolitan City (MTC).

Sadira Plaza.

Mal Mandau City.

Rangkaian acara:

Pameran Kuliner Lokal di Riau.

Pameran Produk Lokal (menampilkan UMKN yang ada di Riau).

Pameran Fotografi (pameran obyek wisata yg ada di Riau).

Live Cooking (memasak ragam kuliner lokal Riau bekerjasama dengan chef hotel di Pekanbaru)

Penampilan kesenian dan kebudayaan Riau.

Ibu Megawati, ketua DPD APPBI Riau, mengatakan, “Melihat perkembangan provinsi Riau yang mulai fokus dalam memasarkan pariwisata serta produk-produk UMKM yang mengangkat kearifan lokal, maka pusat perbelanjaan di bawah keanggotaan dari APPBI DPD Riau mengadakan acara WICSF 2018 di 10 pusat perbelanjaan. Kami berharap para pelaku usaha pariwisata dan UMKM dapat benar- benar memanfaatkan ajang yang luar biasa ini untuk memajukan dan memperkenalkan pariwisata daerah, kebudayaan, makanan khas serta produk-produk yang membawa kearifan lokal.”

Baca juga  FH UPH BERI PENYULUHAN DAN KONSELING HUKUM DI STT GKS LEWA, SUMBA TIMUR

DPD SUMATERA UTARA

Diadakan di Mall Centre Point Medan pada tanggal 8-14 Oktober 2018 yang bertajuk Ricebowl Village Festival dan Mommy and Baby Festival.

DPD SUMATERA SELATAN

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Palembang Square Mall.

Palembang Indah Mall.

PTC Mall Palembang.

Palembang Icon.

Lippo Plaza Jakabaring.

OPI Mall Palembang Square Extension.

Lippo Plaza Lubuk Linggau.

Citimall.

International Plaza.

Bapak Co Ing, ketua DPD APPBI Sumatera Selatan, menyambut hadirnya WICSF dengan gembira, “WICSF merupakan ajang mempromosikan keragaman budaya, kuliner khas Indonesia serta wisata belanja yang diharapkan dapat menjadi daya tarik pariwisata Indonesia pada umumnya dan daerah pada khususnya dimana saat ini baru saja menyelenggarakan Asian Games di Palembang beberapa pekan yang lalu.”

DPD BANTEN

Pusat Belanja yang berpartisipasi:

Summarecon Mal Serpong.

Supermall Karawaci.

AEON Mall BSD.

Rangkaian acara:  Oktoberfest (26 Oktober 2018).

DPD DKI JAKARTA

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Kota Kasablanka.

Gandaria City.

Baywalk Mall Pluit.

Emporium Pluit Mall.

Lippo Mall Puri.

Mall@Bassura.

Lippo Mal Kemang.

Plaza Festival.

Rangkaian acara:

Cultural Exibition (s/d 30 September 2018).

Gebyar Batik Muda Nusantara (27 – 30 September 2018).

Traditional Culinary Feast (mulai 16 Oktober 2018).

Bakmi Festival (3 – 7 Oktober 2018).

Go Food Festival at Garden Baywalk Mall (September – Oktober 2018).

Traditional Culinary Festival.

The Hunger Heroes yaitu Festival Kuliner Asia dan Kuliner “Jaman Now” (28 – 30 September 2018).

Culinary Vaganza (27 September – 27 Oktober 2018).

Pop Up Bazaar Culinary (27 September – 27 Oktober 2018).

Promo spesial makanan (27 September – 27 Oktober 2018).

Bazaar Kuliner UMKM (27-30 September 2018).

Food Bazaar Nusantara (5-8 Oktober 2018).

Ketua DPD APPBI DKI Jakarta, Ibu Ellen Hidayat menyampaikan, “Ajang tahunan WICSF ketiga kalinya ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke pusat belanja dan menjadi salah satu program menarik bagi masyarakat. Tentunya program ini akan menjadi wadah ditampilkannya kuliner usantara yang beraneka ragam dan saat ini semakin digemari masyarakat. Terutama untuk generasi muda di DKI Jakarta, ajang ini diharapkan dapat memperkenalkan kuliner dan budaya usantara serta berbagai produk kreatif. Kami berharap masyarakat lebih mencintai Indonesia”

DPD JAWA BARAT

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Festival Citylink.

Trans Studio Mall.

Paris Van Java.

Depok Town Square.

Rangkaian acara:

Bandung Great Sale (s/d 14 Oktober 2018).

Festival Citylink “It’s Time to Eat & Win“ (Oktober 2018).

Ur Flavour Market (27 September – 27 Oktober 2018).

Wika Food Festival (27 September – 27 Oktober 2018).

Go Food Photo Competition (27 September – 27 Oktober 2018).

Festival Durian 2018 (5-14 Oktober 2018).

Kopi dan Minuman Kreatif Expo (5-7 Oktober 2018).

Demo Aneka Masakan seperti bekal anak sekolah, kudapan kue basah dan berbagai kreasi mie dan ayam (6-27 Oktober 2018).

Bapak Arman Hermawan, ketua DPD APPBI Jawa Barat, mengutarakan bahwa, “Kami sungguh bersemangat dapat kembali berpartisipasi dalam ajang WICSF 2018. Kota Bandung dan sekitarnya kaya akan identitas seni, budaya, dan ragam kuliner. WICSF memberikan kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan keragaman tersebut kepada khalayak yang lebih luas lagi”.

DPD JAWA TENGAH

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Mall Ciputra Semarang.

Plaza Simpanglima.

Java Supermall.

Paragon Mall.

Sri Ratu.

Artos Mall Magelang.

Kudus Ext Mall.

Pacific Mall.

Solo Paragon.

Solo Grand Mall.

Solo Square.

Hartono Mall.

The Park Mall.

Baca juga  Forum Kerjasama Ormas Kristen (FK-OK)  Gelar FGD Tentang Dinamika dan Isu-isu di Tubuh KPK

Rangkaian acara:

Citra Kuliner Indonesia 3 (27 September – 1 Oktober 2018).

Food Festival (4-9 Oktober 2018).

Paragon Food Festival (27-30 September 2018).

Tegal Street Food Fest on the Rooftop (5-14 Oktober 2018).

Space World Culinary & Shopping Festival (2-7 Oktober 2018).

Batik, Craft, & Snack Festival (11-15 Oktober 2018).

Bapak Ladrijanto W, ketua DPD APPBI Jawa Tengah, mengatakan, “Sebagai agenda nasional tahunan, WICSF dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata merupakan upaya asosiasi menggali dan memberdayakan pengusaha kecil dan menengah daerah untuk mempromosikan potensi produk spesifik daerah sehingga mempunyai ruang bersaing. Karena itu kami sepakat setiap pusat belanja di Semarang, Solo, Magelang, Kudus, dan Tegal untuk mendukung WICSF dengan menghadirkan keunggulan daerahnya masing-masing”.

DPD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Hartono Mall.

Galeria Mall.

Lippo Plaza Jogja,

Jogjatronik Mall.

Jogja City Mall

Plaza Ambarukmo.

Malioboro Mall.

Rangkaian acara:

D’Taste of Indonesia #2 (27-30 September 2018).

Gale Nismara ‘Evocative’ (4-7 Oktober 2018).

Jogja Refoodlution( 11-14 Oktober 2018).

Jete Mak Joss #3 (11-14 Oktober 2018).

Wonderfood Indonesia (19-21 Oktober 2018).

Taste of Harmoni (19-21 Oktober 2018).

Cip Icip Mantul (26-27 Oktober 2018).

Bapak Djoko Tjatur, Ketua DPD APPBI D.I Yogyakarta, menyampaikan bahwa, “Respon masyarakat D.I Yogyakarta sangat baik terhadap event WICSF tahun lalu. Kami berharap WICSF akan menjadi salah satu ajang pariwisata yang semakin ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena pusat belanja di setiap daerah mempunyai ciri khas dan identitas masing masing. Acara ini juga sekaligus menegaskan peran APPBI dalam menggeliatkan roda perekonomian di daerah masing masing.”

DPD JAWA TIMUR

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Galaxy Mall.

Pakuwon Mall.

Rangkaian acara:

Bazaar Up Town Festival ZOONIVERSE.

Bazaar Wonderworks Magical Furest.

Bazaar Ovest Market.

Bazaar Kepo Halloween.

Pasar Tiban by Anne Avantie (2-7 Oktober 2018).

Pakuwon Grand Sale 1010 (10-14 Oktober 2018).

Mr Po Market Bazaar (19-21 Oktober 2018).

Bapak Sutandi Purnomosidi, ketua DPD APPBI Jawa Timur, mengatakan bahwa, “Kami sungguh antusias akan hadirnya kembali ajang tahunan WICSF, karena ajang ini merupakan kesempatan untuk pamer kekayaan kuliner nusantara yang lezat dan penuh cita rasa. Diharapkan acara ini dapat menjadi agenda tahunan dan semakin banyak pusat belanja yang berpartisipasi sehingga mampu lebih menggairahkan perekonomian nasional.”

DPD BALI

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Beachwalk Shopping Center (Pembukaan WICSF 2018 secara Nasional dan Provinsi Bali pada tanggal 27 September 2018)

Level 21 Mall

Bali Collection

Rangkaian acara:

Festival Kuliner Bali.

Tourist Special Privilege.

Bazaar Handicraft.

Bali Culinary Professtional Cooking Competition.

Ibu Gita Sunarwulan, ketua DPD APPBI Bali, mengatakan, “Sebagai salah satu destinasi wisata mancanegara paling populer di Indonesia, potensi pemberdayaan kuliner khas Bali sangatlah tinggi. Melalui WICSF, pusat belanja di Bali ikut serta mempromosikan keunikan daerahnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan omestic dan mancanegara dengan menonjolkan makanan, produk, serta budaya Bali.”

DPD SULAWESI SELATAN & BARAT

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Maleo Shopping Center (Pembukaan WICSF 2018 Provinsi Sulawesi Barat pada tanggal 27 September 2018)

Nipah Mall (Closing Ceremony WICSF 2018 Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 27 Oktober 2018)

Mall Ratu Indah.

Phinisi Point.

Mall GTC Makassar.

Rangkaian acara:

Gaya Ta’ yaitu festival kuliner, fashion, dan musik.

Mari’s Market.

Festival Coffee.

Umrah Travel Fair.

Extraordinary Makassar (1 September – 27 Oktober 2018).

Karnaval IGTKI sekota Makassar.

Lomba Polisi Cilik se-Sulawesi Selatan.

Kejuaraan Daerah Barongsai se-Sulawesi Selatan.

Pop Culture Indie Creative Celebes 2018  yaitu ajang acara kuliner, komunitas anak muda kreatif, musik, dan tarian modern).

Bapak Fadli R. Kasim, Ketua DPD APPBI Sulawesi Selatan dan Barat menyampaikan bahwa, “Pusat belanja di kota Makassar akan memeriahkan WICSF 2018 kali ini dengan menyajikan penawaran-penawaran menarik antara lain berupa diskon belanja, pameran kebudayaan dan festival kuliner untuk memanjakan pengunjung khususnya wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berbelanja dan berwisata kuliner khas kota Makassar.”

Baca juga  Optimalkan Perkembangan Wirausaha Sosial dan UKM, Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

DPD KALIMANTAN TIMUR

Pusat belanja yang berpartisipasi:

Plaza Balikpapan.

E-Walk.

Balcony City.

Mall Mulia.

Plaza Kebon Sayur.

Mal Balikpapan Baru.

Mal Lembuswana.

Big Mall Samarinda.

Central Plaza.

Rapak Plaza Balikpapan.

Pentacity Shopping Venue.

Rangkaian acara WICSF 2018 di Kawasan Lain:

Epicentrum Epic Food Festival di Lombok

Manado Town Square

Megamall Manado

Lippo Plaza Manado.

Mall Tatura Palu.

Ambon City Center.

Ditemui saat acara Jumpa Pers WICSF 2018 di Jakarta, Bapak A. Stefanus Ridwan S., Ketua Umum DPP APPBI, mengatakan, “Kehadiran kembali WICSF di tahun 2018 menunjukkan bahwa animo masyarakat Indonesia terhadap ajang ini sangatlah tinggi. Tujuan utama diselenggarakannya WICSF 2018 adalah guna mendorong reputasi negara Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia terpadu yang menarik, dengan fokus wisata belanja gaya hidup serta kuliner. Dengan menghadirkan WICSF 2018, ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan negara ini sebagai destinasi belanja kelas dunia yang kaya budaya”.

“Indonesia kaya akan ajang promosi dan festival belanja gaya hidup nasional yang diharapkan dapat mendorong angka transaksi, kunjungan, serta popularitas Indonesia sebagai destinasi pariwisata domestik dan mancanegara. WICSF 2018 menjadi wadah dan roda dalam memperkenalkan ragam pusat belanja Indonesia dan memposisikan mereka sebagai destinasi wisata belanja. WICSF 2018 juga menyajikan kuliner pilihan khas Indonesia sehingga wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara, dan pengunjung pusat belanja dapat merasakan nikmatnya cita rasa Indonesia yang unik dan beragam,” lanjut Bapak Stefanus.

“Harapan kami sebagai penyelenggara adalah agar WICSF dapat menjadi salah satu langkah strategis bagi sektor pariwisata Indonesia dalam meningkatkan angka transaksi dan kunjungan. Dengan menjalin kerjasama yang lebih erat dengan Kementerian Pariwisata serta berbagai pemangku kepentingan industri pariwisata, WICSF dapat menjual pengalaman belanja dan kuliner menarik sambal mendukung perkembangan UMKM serta memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas lagi,” tutup Bapak Stefanus.

Profil Dewan Pengurus Pusat APPBI

Penyelenggara Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) merupakan organisasi non-profit yang beranggotakan pengelola/pemilik pusat belanja di seluruh Indonesia. Sebagai sarana belanja dan rekreasi, pusat perbelanjaan berperan dan menjadi sarana bagi wisatawan untuk menemukan apresiasi budaya setempat dan wisata belanja.

Berdiri sejak 1998, APPBI mempunyai jumlah anggota lebih dari 319 pusat belanja (mall & trade center) yang terdapat di 19 provinsi di Indonesia. Terdapat 12 Dewan Perwakilan Daerah APPBI yaitu Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan & Barat.

APPBI mempunyai visi menjadikan industri pusat perbelanjaan di Indonesia sebagai salah satu kekuatan utama pertumbuhan ekonomi nasional.Untuk mewujudkan visi tersebut, APPBI bersatu dan bersinergi mengatur dan memprioritaskan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam industri pusat perbelanjaan guna menghasilkan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa dalam membangun pertumbuhan ekonomi regional yang kuat. APPBI percaya bahwa pusat perbelanjaan mempunyai peran penting dalam gaya hidup modern sebagai sarana untuk menghubungkan masyarakat melalui momen kehidupan dan aktivitas yang menyenangkan, inspiratif, dan interaktif.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Kantor Sekretariat Indonesia Shopping Center Association

Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia

Gandaria8 Office Tower Lantai 33

Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan 12240

Telepon: (021) 2930-3557 | email: dpp-appbi@indonesiashoppingcenter.com

www.indonesiashoppingcenter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here